Tahun kemarin, Will Smith melakukan aksi yang tidak diduga sebelumnya, di mana dia menampar Chris Rock saat acara Oscar berlangsung. Setelah kejadian itu, Will Smith memang meminta maaf. Tetapi bagaimanapun, itu adalah situasi yang buruk yang membahayakan karier Smith di tahun-tahun mendatang. Puncaknya dia kemudian mengundurkan diri dari Academy Award. Jauh sebelum peristiwa Will Smith itu, sebenarnya ada beberapa aktor yang karena ulahnya, kariernya harus hancur, karena mereka harus terblacklist dari Hollywood. Siapa saja aktornya?

Kevin Spacey

Dengan kesuksesan besar yang diraih oleh Kevin Spacey, tidak ada yang menyangka jika bintang House of Cards ini diklaim telah melakukan pelecehan terhadap Anthony Rapp ketika dia masih berada di bawah umur. Karena kasus itu, Spacey kemudian dipecat dari House of Cards dan musim terakhir seriesnya berlangsung tanpa kehadirannya. Dan kemudian beberapa aktor lain juga mengaku mengalami hal serupa seperti yang dialami Anthony Rapp. Dan untuk mencegah namanya semakin buruk, Kevin Spacey kemudian mengakui bahwa dia sebenarnya penyuka sesama jenis, seolah-olah itu adalah pembelaan dari kejahatan yang dia perbuat.

Bill Cosby

Mungkin Geeks asing dengan nama yang satu ini. Dia adalah Bill Cosby yang sudah membintangi banyak series dan film. Namun kariernya hancur seketika pada tahun 2014, ketika Bill Cosby mendapat tuduhan atas perilaku buruknya. Banyak wanita yang mengklaim bahwa Cosby telah membius dan melakukan pelecehan terhadap mereka selama beberapa dekade. Pada akhirnya, Cosby dipenjara pada tahun 2018 di kampung halamannya di Pennsylvania, dan pengadilan akhirnya memerintahkan dia dibebaskan dua tahun lalu. Meskipun sekarang tidak lagi berada di balik jeruji, dia sekarang tidak pernah kembali dalam proyek besar.

Roman Polanski

Selain terkenal sebagai sutradara film Rosemary’s Baby dan Chinatown, Roman Polanski juga terkenal sebagai aktor yang sudah membintangi banyak judul film. Memang kehidupan Roman Polanski di Hollywood menemui banyak cobaan, seperti setelah kedatangannya di Los Angeles, istri Polanski dibunuh oleh keluarga Manson, yang menyebabkan kehidupannya hancur. Dan di tahun 1977, Polanski dihukum karena membius dan melakukan pelecehan kepada seorang gadis berusia 13 tahun. Belum sempat ditangkap, Polanski lebih dulu melarikan diri dari Amerika Serikat dan menjadi buronan. Dan meski dia terus membuat film di Prancis setelah menjadi buronan, dia akan ditangkap jika kembali ke Amerika.

Mel Gibson

Mel Gibson sempat mengeluarkan $30 juta dari uang pribadinya untuk membuat film The Passion of the Christ di tahun 2004, yang dianggap sangat kontroversial karena dianggap antisemitic dan kejam. Tetapi film tersebut berujung dengan kesuksesan besar dengan menghasilkan $600 juta. Namun di tahun 2006, Mel Gibson sempat ditangkap oleh polisi Malibu karena mengemudi dalam keadaan mabuk. Selain itu ada banyak kasus besar yang dilakukan Gibson, mulai dari perkataannya tentang Yahudi yang bertanggung jawab atas semua perang dunia, hingga perilaku kasarnya. Karena hal itulah Mel Gibson sempat di blacklist pada tahun 2006 hingga 2010, sebelum akhirnya dia kembali.

Gina Carano

Mantan pemain MMA, Gina Carano, sempat membintangi series spinoff Star Wars berjudul The Mandalorian. Dalam series itu, Gina Carano memerankan karakter Cara Dune, dan karakternya sangat disukai para fans setelah membantu Mando dan Grogu. Tetapi setelah membintangi series itu, Carano turun di media sosial untuk membuat pernyataan yang kontroversial, dengan menyebut kata-kata yang kurang pantas. Lucasfilm pun akhirnya memecatnya dari series Mandalorian, dan karakter itu tidak pernah disebutkan lagi. Setelah itu, tidak ada tawaran bagi Gina Carano untuk bermain di proyek besar Hollywood.

Charlie Sheen

Charlie Sheen memang aktor yang terkenal dengan image “nakal”. Dia tidak asing dengan dunia obat-obatan terlarang, rehabilitas, dan perselisihan dengan polisi. Dia juga pernah berkencan dan menikah dengan banyak bintang terkenal seperti Denise Richards. Namun ada kata-kata kasar yang pernah terucap dari Sheen kepada lawan mainnya di Two and a Half Men, Jon Cryer, yang membuat Sheen dipecat dari sitkom yang sukses itu. Dan setelah dia dipecat, tidak banyak series atau film besar yang dia bintangi. Sejak tahun 2011, dia diumumkan mengidap HIV. Namun dia telah berusaha memperbaiki hidupnya, dan menjadi juru bicara untuk kampanye HIV/AIDS dan kecanduan narkoba.

Jim Caviezel

Setelah membintangi film The Passion of the Christ yang menuai banyak kontroversi, nasib Jim Caviezel berubah drastis. Dalam film itu, Caviezel memerankan karakter utama, yaitu Yesus. Dan tidak lama setelah filmnya keluar, Caviezel mengklaim tidak ada yang mau menerima teleponnya, dan dia sempat tidak bekerja di Hollywood selama beberapa tahun setelahnya. Tetapi beruntung karena bertahun-tahun setelahnya, Jim Caviezel mendapat kembali tawaran membintangi film Hollywood seperti dalam film Escape Plan. Menariknya, Jim Caviezel kembali memerankan Jesus, dalam film The Passion of the Christ: Ressurection yang rilis tahun depan.

Itulah dia Geeks para aktor yang pernah diblacklist di Hollywood akibat ulah yang mereka lakukan. Mayoritas dari aktor tersebut sekarang sudah berangsur kembali membintangi beberapa proyek di Hollywood. Tetapi ada beberapa aktor yang masih terpuruk karena blacklist ini.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/