Beberapa aktor yang sempat berperan di MCU diketahui resmi pindah ke DC Universe untuk menghadirkan peran baru dalam berbagai proyek yang ada. Dunia perfilman Hollywood saat ini memang dikuasai oleh dua jagat sinematik besar, yaitu Marvel Cinematic Universe dan DC Universe. Kedua jagat sinematik ini menyuguhkan cerita superhero yang diadaptasi dari masing-masing penerbit, DC Comics dan Marvel Comics.

Kedua jagat sinematik ini memang sudah saling bersaing sejak lama, meskipun MCU terlebih dahulu eksis dibandingkan DC Universe. Meskipun begitu, yang menarik adalah sekarang DC Universe hendak melakukan reboot dan menata ulang jagat sinematiknya. Yang menarik adalah terdapat beberapa aktor dari MCU yang sudah resmi pindah ke MCU. Siapa saja mereka?

Sean Gunn

Sean Gunn merupakan aktor sekaligus juga saudara dari James Gunn. Di MCU sendiri sosok Sean Gunn sudah dikenal sejak lama. Dia diketahui merupakan aktor yang memerankan karakter Kraglin Obfonteri, yang pertama kali muncul dalam film Guardians of the Galaxy. Obfonteri kemudian muncul juga dalam berbagai film MCU lain, misalnya GOTG Vol. 2 dan 3 yang akan datang, kemudian Avengers: Endgame, dan Thor: Love and Thunder.

Dia juga dikenal sebagai aktor motion capture yang memerankan beberapa peran, seperti Rocket Racoon dan Groot. Sean Gunn akhirnya resmi bergabung dengan DC Universe dan dikabarkan akan memerankan karakter Weasel. Sebenarnya, Weasel sendiri merupakan karakter yang diperkenalkan di film The Suicide Squad. Namun, memang perannya sendiri hanya sedikit. Dan diketahui dia akan kembali di film Creature Commandos. Dia juga akan memerankan salah satu G.I. Robot di film tersebut.

Maria Bakalova

Nama Maria Bakalova mungkin kurang begitu terdengar di telinga Geeks semua, namun karirnya di dunia akting bisa dibilang cukup luar biasa. Dia sempat berperan di beberapa film misalnya The Honeymoon dan juga yang paling fenomenal adalah aktingnya di film Borat: Subsequent Movie Film di mana dia berperan jadi putri dari Borat. Di MCU sendiri Bakalova sebenarnya terhitung baru.

Dia diketahui bergabung dalam film Guardians of the Galaxy Holiday Special di mana Bakalova mengisi suara dan menjadi aktor motion capture untuk karakter Cosmo. Dan karakter Cosmo juga akan kembali muncul di film GOTG Vol. 3 mendatang. Bakalova juga akan berperan di film Creature Commandos karya James Gunn di mana dia akan memerankan karakter Ilana Rostovic. Sayangnya, tidak diketahui banyak tentang karakter ini.

David Harbour

Sebenarnya di MCU sendiri nama dari David Harbour baru muncul satu kali, yaitu di film Black Widow. Harbour memerankan karakter Alexei Soshtakov yang merupakan sosok di balik topeng Red Guardian. Dalam filmnya, sosok Red Guardian adalah sosok pahlawan dan tentara super yang diciptakan oleh Uni Soviet untuk bersaing dengan Captain America. Dan dia pun menjalin sebuah hubungan “keluarga” dengan Natasha dan yang lain.

Sayangnya, nasib dari Red Guardian sendiri tidak menentu setelah kemunculannya di film Black Widow. Apalagi di akhir filmnya, Soshtakov memutuskan untuk berpisah dan menghilang. Kabar kemudian menyebutkan jika Harbour resmi pindah dari MCU ke DC Universe dan akan muncul di film Creature Commandos sebagai Eric Frankenstein di mana sosok Frankenstein ini adalah pemimpin dari tim tersebut.

Frank Grillo

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan sosok Frank Grillo. Dia adalah aktor yang memerankan salah satu musuh bebuyutan dari Steve Rogers yaitu Brock Rumlow alias Crossbones. Dia sudah muncul dalam beberapa film seperti Captain America: The Winter Soldier, The Avengers, dan Avengers: Endgame. Namun, Crossbones sendiri diperlihatkan tewas di film Avengers: Civil War.

Laporan terbaru dari The Wrap kemudian menyebutkan jika Frank Grillo kini resmi pindah ke DC Universe mengikuti jejak beberapa aktor MCU di atas. Diketahui jika Frank akan berperan sebagai Rick Flag Sr. yang merupakan ayah dari salah satu anggota Suicide Squad yaitu Rick Flag Jr. yang di DC Universe sendiri diperankan oleh Joel Kinnaman. Dia adalah pemimpin dari Suicide Squadron dalam era Perang Dunia Kedua sampai kemudian dia mengorbankan dirinya dan kemudian diteruskan oleh sang anak.

Zachary Levi

Nama Zachary Levi sendiri memang tidak asing bagi Geeks semua apalagi yang mengikuti alur cerita Shazam! dan Shazam! Fury of the Gods. Zachary Levi adalah aktor yang memerankan karakter Shazam, yang merupakan alter ego dari Billy Batson. Penampilannya di film tersebut banyak mengundang pujian dari para fans. Namun, sebelum bergabung dengan DC Universe dia sempat menjadi bagian dari MCU.

Zachary Levi merupakan aktor yang memerankan karakter Fandral dalam film Thor: The Dark World dan Thor: Ragnarok. Sebenarnya, Levi merupakan aktor pengganti dari pemeran Fandral sebelumnya yaitu Josh Dallas. Fandral sendiri merupakan salah satu dari dari Warriors Three yang merupakan kelompok penting di Asgard. Fandral sendiri kemudian mengalami nasib buruk dalam film Thor: Ragnarok.

Perpindahan para aktor dari MCU ke DC Universe memang bukan sesuatu aneh. Pada dasarnya, mereka adalah aktor yang tentunya akan memilih sesuatu yang tepat bagi mereka. Meskipun tentunya bagi sebagian orang akan terasa aneh melihat aktor yang awalnya di MCU kemudian pindah ke DC Universe, tetapi hal ini akan memberikan sesuatu yang baru dan berbeda.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.