Pengemar setia Marvel pasti tahu siapa Galactus dan herald andalannya Silver Surfer. Mereka berdua adalah dua entitas kosmik, di mana Galactus bertindak sebagai majikan dan Silver Surfer sebagai pelayannya, yang sering membawa kehancuran bagi banyak planet di Marvel Universe. Hal tersebut bisa terjadi karena sejatinya Galactus sendiri adalah pemakan planet yang sering digambarkan sebagai musuh besar bagi para superhero seperti Avengers. Ironisnya, dalam sejarah Marvel sendiri ternyata ada setidaknya tujuh anggota Avengers yang pernah menjadi antek alias herald bagi sang Devourer of Worlds!

Thor

Anggota Avengers pertama yang pernah diceritakan menjadi antek Galactus adalah Thor. Semuanya bermula ketika Galactus mencoba memanipulasi sang God of Thunder agar dia mau membantunya dalam mengalahkan entitas multiverse sekaligus mantan majikannya yang bernama Black Winter. Dalam prosesnya Galactus sengaja memberikan sebagian kekuatan kosmiknya kepada Thor dan menunjuknya sebagai herald baru. Singkat cerita Thor yang sadar telah ditipu lantas menyerap semua kekuatan Galactus dan memakainya untuk menciptakan Cosmic Bomb yang pada akhirnya berhasil memusnahkan Galactus dan Black Winter sekaligus.

She-Hulk

Di tayangan animasi Hulk and the Agents of S.M.A.S.H, Galactus pernah diceritakan berniat untuk memakan Planet Bumi, di mana dia terlebih dahulu mengirim heraldnya Terrax the Tamer untuk memberi kabar kepada umat manusia sekaligus mengacau di Kota las Vegas. Jennifer Walter alias She-Hulk yang sangat marah dengan kondisi tersebut lantas menghabisi Terrax. Hal inilah yang pada akhirnya membuat Galactus tertarik dan menunjuk kuasa hukum Avengers ini sebagai heraldnya yang baru. Alih-alih menggunakan kekuatan kosmik barunya untuk membawa pesan kehancuran bagi alam semesta, She-Hulk justru meminta Galactus untuk menjauh dari Bumi dan anehnya sang Devourer of Worlds setuju.

Iron Man

Satu lagi anggota Avengers yang pernah diceritakan menjadi antek bagi Galactus di tayangan animasi Marvel adalah Tony Stark alias Iron Man. Di Avengers Assemble, Iron Man yang ingin melindungi Bumi dari sang Devourer of Worlds terpaksa mengorbankan dirinya dengan menjadi herald. Di bawah perintah Galactus, dia lantas menggunakan kekuatan kosmik barunya untuk mencari planet tidak berpenghuni untuk dimakan majikannya. Namun dalam prosesnya Iron Man justru datang ke planet yang dilindungi oleh Guardians of the Galaxy. Setelah menyelesaikan kesalahpahaman mereka, Iron Man dan Guardians akhirnya sepakat untuk bekerja sama demi mengalahkan Galactus.

Johnny Storm

Pada salah satu kisah alternatif Marvel, semua bangsa alien di alam semesta pernah diceritakan menemukan cara untuk menyembunyikan keberadaan planet mereka dari Galactus. Hal ini lantas membuat sang Devourer of Worlds menunjuk Johnny Storm, yang pada saat itu bertukar kekuatan dengan saudarinya Sue Storm dan menjadi Invisible Boy, sebagai herald baru yang dapat mengungkap keberadaan sebuah planet. Namun karena tidak ingin melihat kehancuran planet lain, anggota Fantastic Four sekaligus Avengers ini lantas menggunakan kekuatan kosmik pemberian Galactus untuk mengembalikan masjikanya kepada jati diri baiknya yang dikenal sebagai Galan.

Deadpool

Ketika superhero manusia dan para mutant Bumi diceritakan membentuk tim super Avengers Unity Division, Deadpool adalah salah satu anggota yang tergabung di dalamnya. Hal inilah yang membuat karakter bernama asli Wade Wilson ini tercatat sebagai bagian dari Avengers juga. Walaupun begitu, saking tidak pedulinya Deadpool dengan status Avengers, dia pernah sengaja mencari Galactus untuk melamar sebagai herald barunya hanya karena bosan menganggur. Dalam prosesnya, Galactus justru marah kepada Deadpool karena dia sering membawanya ke planet aneh. Setelah bertarung dengan Silver Surfer, Deadpool akhirnya terpaksa mundur dari pekerjaannya dan kembali menganggur.

Frank Castle

Salah satu varian Frank Castle alias Punisher, yang menjadi Ghost Rider di semestanya, pernah diceritakan mendapatkan kekuatan kosmik dari Galactus karena bersedia menjadi anteknya. Sebagai Cosmic Ghost Rider, pada titik inilah mau tidak mau dia harus membuang harga dirinya sebagai seorang Avengers dan memulai karier baru sebagai herald of Galactus. Semuanya disebabkan arena seluruh kehidupan di alam semesta telah musnah oleh Thanos. Dalam petualangannya, dia bahkan benar-benar pergi dari satu planet ke planet lain selama berabad-abad untuk memberi makan majikannya, di mana tujuan akhirnya adalah menemukan Thanos agar bisa membalaskan dendamnya.

Doctor Strange

Siapa sangka penyihir Avengers sekelas Doctor Strange pernah menjadi antek alias herald bagi Galactus. Semuanya bisa terjadi setelah Strange sengaja mengirim Galactus ke mystic realm demi menyelamatkan Bumi. Sayangnya dia justru terlambat menyadari bahwa hal tersebut malah akan membuat sang Devourer of Worlds makin berbahaya. Karena merasa bertanggung jawab, mau tidak mau Strange bersedia menjadi herald baru bagi Galactus di mystic realm dengan menggiringnya ke tempat-tempat yang ‘aman’ untuk dia makan. Cara ini setidaknya terbukti mampu menahan Galactus untuk sementara waktu, sampai akhirnya Starnge sendiri menemukan cara untuk memusnahkan keberadaannya.

Itulah tujuh anggota Avengers yang sempat bertugas sebagai herald of Galactus di Marvel Universe. Meskipun sebagian besar dari para superhero ini melakukannya untuk sementara waktu, tetapi hal tersebut tidak bisa menghapus sejarah bahwa mereka pernah menjadi antek bagi big bad villain kosmik seperti Galactus. Untungnya mereka semua masih bisa mempertahankan kesadarannya, bahwa yang perlu lakukan hanyalah menjauhkan Galactus dari Bumi dan planet lain yang terdapat kehidupan di dalamnya. Dengan kata lain mereka masih bisa memanfaatkan kekuatan kosmik pemberian Galactus untuk tujuan baik juga.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.