Siapa yang tidak kenal dengan akun Marvel Studios Spoilers di Reddit. Sebagian bocoran tentang MCU yang viral di kalangan penggemar sebelum film atau serialnya dirilis biasanya datang dari forum Reddit populer ini. Saking populernya, MSS sudah menjadi forum subreddit besar yang mempunyai banyak sekali pengikut setia. Namun menurut laporan terakhir karena sering membagikan bocoran MCU sebelum waktunya, akhirnya Marvel Studios mulai mempermasalahkannya dan sekarang subreddit ini telah tutup forum.

Bagi yang belum tahu, titik awal permasalahan ini sebenarnya terjadi setelah Redditor anonim membagikan dialog lengkap Ant-Man and the Wasp Quantumania sebelum filmnya dirilis ke subreddit Spoiler Marvel Studios. Hal ini lantas mendorong Marvel Studios untuk memulai langkah tegas dengan mencoba menghubungi Reddit agar mau mengungkap siapa identitas asli orang atau kelompok yang membagikan bocorannya pertama kali, khususnya akun MSSMods yang dianggap berhubungan dengan Spoiler Marvel Studios. Disney dan Marvel bahkan sampai membawa Reddit dan masalah ini ke meja hijau.

Sekarang, dilansir dari ComicBook.com, subreddit Marvel Studios Spoilers telah resmi menutup forum sepenuhnya. “Saya mencoba menghadirkan judul yang cerdas, tetapi saya benar-benar tidak dapat memikirkannya. Saya hanya ingin meluangkan waktu untuk mampir dan menceritakan sedikit cerita [sebelum forum ditutup],” tulis MSSmods di subreddit Marvel Studios Spoilers sesaat sebelum ditutup.

“Subreddit ini dibuat oleh ‘seseorang’ karena mereka benci datang ke subreddit Marvel Studios [dengan akun pribadi]. Mereka ingin tahu tentang hal-hal yang akan muncul, bocoran, spoiler, dll… tetapi mereka memiliki kebijakan yang sangat kuat sehingga kalian tidak bisa melakukannya tanpa dihapus, dilarang, atau dikirimi pesan. (Itu dulu, saya tidak tahu apakah seperti itu sekarang.),” lanjut MSSmods. Postingan ini seakan-akan mengatakan bahwa MSSMods tidak ada hubungannya dengan subreddit Marvel Studios Spoilers dan akunnya sendiri dijalankan oleh banyak orang.

Sebelum penjelasan terakhir MSSMods dan ditutupnya subreddit Marvel Studios Spoilers, hal tersebut sebenarnya sudah menjadi fokus dari analis anti pembajakan dari Disney. Di mana mereka akan tetap berusaha meminta informasi dari Reddit terkait nama, alamat, telepon, email, dan alamat IP dari sejumlah akun yang diincar. Terlepas dari kasusnya yang saat ini masih bergulir, permasalahan ini membuktikan bahwa Marvel Studios dan Disney cukup serius dengan bocoran yang melanggar aturan mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.