Black Panther adalah salah satu waralaba MCU tersukses yang sejauh ini telah melahirkan dua film populer, termasuk Black Panther: Wakanda Forever yang pada akhir tahun lalu berhasil menutup bagian awal Multiverse Saga dengan sangat baik. Menariknya kisah dari Black Panther sendiri tampaknya jauh dari kata selesai, karena sejak tahun 2021 lalu perusahaan produksi Proximity Media milik sutradara Ryan Coogler sudah mengadakan kesepakatan eksklusif untuk menggarap sejumlah tayangan spinoff sampai tahun 2026.

Sejauh ini Marvel Studios dan Proximity Media sendiri dikabarkan tengah mengembangkan beberapa spinoff yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming Disney+. Salah satunya yang sudah mendapatkan kejelasan adalah Ironheart, serial solo dari karakter Riri Williams yang sempat melakukan debutnya di film Black Panther 2 kemarin. Sedangkan dua spinoff lainnya yang diharapkan untuk segera menyusul adalah tayangan yang akan berfokus pada origin karakter Okoye dan satu lagi yang akan mengekplorasi lebih jauh tentang kerajaan Wakanda.

Menurut laporan teranyar dari The Cosmic Circus, salah satu serial spinoff Black Panther dari Marvel Studios baru saja mendapatkan working title ‘Golden City’. Bagi yang belum tahu di semesta Marvel sendiri, baik di komik maupun MCU, Golden City adalah nama ibu kota Wakanda yang sering disebut juga oleh penduduk lokal sebagai Birnin Zana. Dalam laporannya disebutkan juga bahwa serial Golden City sudah mulai dikembangkan oleh perusahaan Maglev Train Productions.

Meskipun untuk saat ini masih belum diketahui akan seperti apa plot dari Golden City, tetapi kemungkinan besar serialnya akan berfokus tentang kejadian di ibu kota Wakanda. Misalnya kisah terkait perjuangan M’Baku yang diisyaratkan telah menjadi raja baru Wakanda pasca Black Panther 2, atau lebih jauh lagi tentang kisah flashback karakter Bashenga dan suku Golden yang diceritakan pertama kali menemukan Golden City pada masa lalu.

Terlepas dari plotnya yang masih dirahasiakan, yang jelas spinoff Black Panther ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena banyak penggemar yang masih penasaran dengan Wakanda sebagai salah satu negeri terkuat di MCU. Namun, walaupun sudah mulai dikembangkan bukan berarti kita akan bisa melihat tayangannya dalam waktu dekat ini, karena sampai berita ini dirilis serialnya masih belum mempunyai tanggal rilis resmi. Jadi kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.