Memasuki pertengahan Multiverse Saga, banyak sekali penggemar yang makin penasaran dengan asal-usul Kang the Conqueror sebagai big bad villain baru di MCU. Salah satu penyebab yang membuat karakternya lebih misterius daripada di komik adalah penampilan barunya yang telah disesuaikan di MCU, di mana Marvel menggambarkan karakternya sebagai people of color melalui keterlibatan aktor berbakat sekelas Jonathan Majors. Di sisi lain hal ini juga secara tidak langsung telah memicu spekulasi penggemar yang merasa bahwa kemungkinan leluhur Kang bukanlah Mister Fantastic, melainkan Black Panther.

Siapa Leluhur Kang di Marvel Comics?

Dalam sejarah panjangnya di Marvel Comics, Kang the Conqueror yang mempunyai nama asli Nathaniel Richards ini sering kali diceritakan mempunyai hubungan dengan pemimpin Fantastic Four Reed Richards alias Mister Fantastic atau Doctor Doom. Semuanya bermula dari klaim pribadi Kang yang merasa bahwa dia punya banyak kemiripan dengan Doom, mulai dari ambisinya sebagai seorang villain sampai kecerdasannya dalam memanfaatkan teknologi canggih. Pada cerita lain dia juga pernah diduga kuat sebagai sepupu jauh dari Reed yang ayah kandungnya pergi ke masa depan dan menikah dengan nenek buyut Kang.

Setelah sempat menjadi persoalan yang ambigu selama bertahun-tahun, komik Fantastic Four #35 (2021) akhirnya menegaskan bahwa Kang dan semua variannya memang merupakan keturunan ayah Reed Richards yang pernah pergi ke masa depan, bukan Doom apalagi Black Panther. Pengungkapan ini bermula saat Kang mengadakan pertemuan rahasia dengan Rama-Tut, Immortus, dan Scarlet Centurion untuk membahas perseteruan panjang mereka dengan para superhero. Pada salah satu obrolannya, semua varian Kang tersebut sepakat mengakui bahwa mereka adalah sepupu jauh dari Reed Richards.

Berdasarkan kisah tersebut cukup aman untuk kita simpulkan bahwa Reed adalah leluhur jauh Kang, di mana Kang berasal dari nenek buyut berbeda. Meskipun fakta tersebut masih berlaku sampai hari ini di Marvel Comics, tetapi di MCU permasalahan serupa belum pernah dijelaskan secara gamblang, sehingga masih ada kemungkinan hal yang berbeda justru bisa terjadi di versi live actionnya. Apalagi Reed sendiri sudah pernah diperlihatkan di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, tetapi khusus di MCU tidak ada satu pun kemiripan yang mengindikasikan bahwa dia dan Kang punya hubungan kekerabatan.

Hubungan Dengan Black Panther Lebih Logis

Terlepas dari fakta komiknya, untuk di versi live action MCU sebenarnya akan terasa lebih logis dan natural jika Kang diceritakan sebagai keturunan jauh Black Panther. Selain karena sama-sama diperankan oleh aktor people of color, hubungan Kang dengan Wakanda juga dapat menjelaskan mengapa dia mempunyai banyak terknologi canggih di MCU. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Wakanda sendiri adalah negara paling canggih di muka Bumi. Mungkin pada suatu titik di masa depan para ilmuwan Wakanda berhasil menemukan time machine yang kemudian jatuh ke tangan Kang the Conqueror.

Pengertian Black Panther yang dimaksud sebagai leluhur Kang juga sebenarnya bisa lebih luas dari hanya sekadar mendiang T’Challa, yang memang sudah terbukti mempunyai keturunan di Black Panther: Wakanda Forever. Selain T’Challa, Kang juga bisa saja diceritakan sebagai keturunan avatar Bast lain seperti Shuri atau Killmonger yang mungkin sudah punya anak di semesta alternatif. Karena jika dihubungkan dengan Shuri atau Killmonger, hal tersebut dapat menjawab pertanyaan mengapa emosi Kang sangat pendendam dan punya emosi yang meledak-ledak, seperti kedua karakter yang dimaksud.

Dampak Garis Keturunannya Bagi MCU

Jika benar Kang adalah keturunan Black Panther, bukan Mister Fantastic seperti di komik, kemungkinan besar hal ini dapat sangat berdampak bagi masa depan MCU. Karena cepat atau lambat Shuri dan pejuang Wakanda lain pasti akan berhadapan dengan Kang, misalnya di Avengers: The Kang Dynasty (2025). Sebagai Black Panther baru, jika Shuri mengetahui bahwa Kang punya hubungan kekerabatan dengannya, mungkin hal tersebut akan membuatnya menjadi duri di kubu superhero, yang mau tidak mau harus segera mereka selesaikan agar bisa mengalahkan siapa pun varian Kang yang akan muncul nanti.

Sekian teori tentang Kang yang mungkin punya hubungan darah dengan Black Panther. Entah itu berasal dari garis keturunan T’Challa atau Shuri, menghubungkan sang Conqueror dengan Black Panther dapat menjadi dilema yang cukup besar di MCU. Karena di balik kekejaman dan ambisi Kang yang sangat mengancam, ternyata leluhurnya adalah seorang superhero yang sangat berpengaruh dan mempunyai sejarah yang sangat panjang dengan Avengers. Bagaimana menurut kalian tentang teori ini, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.