Kabar buruk bagi Geeks yang mengharapkan kemunculan tim X-Men di film Avengers 5 alias Avengers: The Kang Dynasty, pasalnya sang penulis sendiri menyebutkan bahwa tim mutan tersebut tidak akan muncul di filmnya. Sudah sejak beberapa tahun yang lalu para fans MCU menantikan kemunculan tim X-Men di jagat sinematik ini semenjak rumah produksi 20th Century Fox berhasil diakuisisi oleh Disney. Hal tersebut memberikan jawaban atas hak cipta para karakter mutan yang sempat jadi masalah.

Sejauh ini, kabar baik mengenai kemunculan mutan di MCU hanya sebatas proyek Deadpool 3 yang akan kembali menghadirkan sosok Wade Wilson dengan satu karakter kejutan yaitu Wolverine. MCU sendiri sekarang sudah mulai perlahan memperkenalkan konsep mutan dengan menghadirkan beberapa karakter seperti Ms. Marvel dan juga Namor. Meskipun begitu, sayangnya, Marvel Studios masih belum mau menghadirkan tim X-Men dalam waktu dekat.

Para fans sendiri sebelumnya berharap jika X-Men akan muncul di film Avengers: The Kang Dynasty. Tetapi, sepertinya harapan tersebut harus pupus karena penulis filmnya, Jeff Loveness, menegaskan bahwa hal itu tidak akan terjadi. Informasi ini muncul ketika Jeff Loveness diwawancara dalam Phase Zero Podcast. Menurutnya, kemunculan tim X-Men di film Avengers 5 merupakan sesuatu yang kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Tidak, aku pikir hal tersebut sangat jauh. Maksudku, aku tahu mereka sedang membuat Fantastic Four, tapi itu merupakan hal tersendiri… Tapi, kau tahu, para Avengers ini berada dalam kesulitan. Mereka harus berhadapan dengan sosok Kong. Mereka jauh lebih dari cukup untuk bisa menghadapi Kang.

Selain sang penulis, produser eksekutif filmnya, Nate Moore, juga sempat memberikan penjelasan terkait hal ini. Dalam wawancara dengan Screen Rant tentang Avengers 5, Moore menjelaskan bahwa kemunculan dari tim X-Men mungkin akan terjadi dalam beberapa tahun kedepan. “Tentunya, kami mungkin memiliki beberapa tahun kedepan untuk X-Men, jadi aku masih belum yakin kita akan segera menghadirkannya.

Lalu, kapan Marvel Studios akan menghadirkan X-Men? Melihat dari apa yang sudah dipersiapkan dan dihadirkan sejauh ini, kemungkinan besar tim X-Men baru akan muncul setelah mereka menyelesaikan Multiverse Saga. Bahkan, mungkin Saga selanjutnya akan berkaitan langsung dengan tim X-Men. Dengan Phase 5 dan 6 akan berjalan hingga tahun 2025, mungkin tim X-Men baru akan muncul di tahun 2026 atau setelahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.