Pada tahun 2015 silam, para penggemar Marvel akhirnya bisa melihat versi live action Ultron di film crossover kedua Avengers yang berjudul Age of Ultron. AI Ultron yang di filmnya diciptakan oleh Tony Stark dan Bruce Banner ini muncul sebagai ancaman baru bagi Earth’s Mightiest Heroes yang ingin memusnahkan umat manusia. Pada akhirnya setelah melalui pertempuran yang penuh dengan pengorbanan, Avengers diceritakan berhasil mengalahkan Ultron dengan bantuan Vision. Menariknya meskipun dia diperlihatkan mati, tetapi tidak sedikit pengemar yang masih percaya bahwa cepat atau lambat Ultron akan bangkit kembali di MCU. Bagaimana bisa? Begini penjelasan teorinya!

Vision Tidak Tega Membunuh Ultron

Seperti yang kita ketahui bersama, ending dari film Avengers: Age of Ultron sendiri telah memperlihatkan bagaimana upaya terakhir yang dilakukan Avengers untuk mengalahkan Ultron. Di mana Vision dengan kemampuannya berhasil menyabotase AI Ultron agar dia tidak bisa mengunggah pikirannya ke internet. Pada saat yang bersamaan Captain America, Iron Man, Thor, dan Avengers lainnya juga memastikan agar semua pasukan Ultron Sentries hancur dalam pertempuran. Sehingga pada akhirnya tidak ada lagi kesempatan bagi Ultron untuk meloloskan diri dari kehancurannya.

Setelah Avengers menyelesaikan semua misinya, pada adegan terpisah Vision sempat berinteraksi dengan robot terakhir Ultron. Sejurus kemudian saat Ultron menyerang, kamera langsung mengambil gambar dari kejauhan, memperlihatkan sinar terang yang mengindikasikan bahwa Vision telah menggunakan Mind Stone untuk menghancurkannya. Meskipun MCU telah menggambarkan akhir hidup Ultron dengan cukup baik, tetapi karena kematiannya tidak diperlihatkan secara langsung, muncul sebuah teori bahwa dia mungkin saja masih hidup di tempat lain yang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya.

Saat Vision pertama kali muncul, dia sempat mengatakan “Saya tidak ingin membunuh Ultron. Namun karena kesakitannya dapat menghancurkan Bumi, jadi [mau tidak mau] saya harus menghancurkannya.” Berdasarkan perkataan tersebut bisa saja Vision memang telah menghancurkan Ultron, tetapi dia tidak membunuhnya. Dengan kata lain, alih-alih menghapus keberadaannya, dia mungkin memutuskan untuk menyerap dan memenjarakan AI Ultron di dalam Mind Stone-nya. Namun karena Mind Stone utama sudah dihancurkan oleh Thanos di Endgame, sekarang kesadaran Ultron berpotensi kembali eksis di MCU.

Sisa Tubuh Ultron Sentry di MCU

Dengan terbebasnya Ultron dari penjara Mind Stone, karena tidak bisa melarikan diri ke internet tentunya dia harus segera memindahkan kesadarannya pada tubuh lama atau salah satu Ultron Sentry. Pertanyaannya bukankah semua sentry telah dimusnahkan? Jawabannya bisa iya dan tidak, karena walaupun telah dihancurkan di Age of Ultron, tetapi sisa-sisa bagian tubuhnya masih ada yang disimpan oleh para manusia. Hal ini terbukti dari easter egg Spider-Man Homecoming, di mana saat Peter terjebak di Gudang Damage Control, dia tidak sengaja menemukan kepala dari salah satu Ultron Sentry.

Yang lebih mengerikannya lagi, mata dari Ultron Sentry tersebut bahkan terlihat masih memancarkan cahaya berwarna merah, yang secara tidak langsung mengindikasikan bahwa kepalanya masih berfungsi walaupun sudah terpisah dari tubuhnya. Jika easter egg ini dikaitkan dengan teori kesadaran Ultron yang kembali terbebas setelah Mind Stone dihancurkan, artinya bukan tidak mungkin dia bisa menemukan jalan untuk kembali ke kepala sentry yang ada digudang Damage Control. Dengan begitu dia bisa menunggu dengan sabar sampai ada orang bodoh yang membuatkannya tubuh baru di MCU.

Kembali Beraksi di Armor Wars?

Terlepas dari kebenaran teorinya, sebuah rumor terbaru menyebutkan bahwa pengisi suara karakter Ultron di Age of Ultron, yaitu James Spader, akan kembali mengulang perannya di film solo War Machine mendatang yang berjudul Armor Wars. Meskipun tidak ada informasi lain yang mengungkap detail plot filmnya, tetapi jika semuanya benar artinya Ultron bisa bangkit kembali sebagai villain besar MCU pada masa mendatang. Dengan catatan ada villain lain yang mungkin tidak sengaja atau bahkan sengaja mengaktifkan kembali Ultron menggunakan sisa-sisa tubuh sentry yang di dalamnya terdapat kesadaran lama Ultron.

Itulah pembahasan tentang teori kebangkitan Ultron di MCU. Bagaimanapun caranya nanti, kembalinya Ultron dapat menjadi ancaman yang sangat serius bagi para superhero yang tersisa, termasuk bagi Rhodey alias War Machine yang digadang-gadang akan meneruskan warisan mendiang Tony Stark. Butuh cara yang lebih kreatif untuk mengalahkan Ultron yang kedua kalinya, karena bukan tidak mungkin dia sudah belajar dari kesalahan lamanya dan muncul dengan lebih kuat dari sebelumnya. Untuk saat ini Armor Wars sendiri masih belum punya tanggal rilis resmi, jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.