Marvel Cinematic Universe sudah memperkenalkan berbagai karakter pahlawan baru, namun siapa dari mereka yang kemudian akan jadi anggota Avengers di Phase selanjutnya? Jagat sinematik Marvel saat ini sudah memulai Phase baru. Alur cerita besar yang dihadirkan pun memiliki perbedaan yang luar biasa dari sebelumnya. Meskipun begitu, satu hal yang selalu dinantikan para fans adalah kemunculan para Avengers.

Dalam empat Phase sebelumnya, kita melihat bagaimana para karakter “orisinal” MCU membentuk tim Avengers. Contohnya adalah Iron Man, Hawkeye, Hulk, Thor, dan Black Widow. Namun, tim Avengers ini kemudian terpecah akibat berbagai peristiwa yang terjadi. Para fans pun penasaran bagaimana nasib Avengers sebelumnya. Marvel Studios sendiri memiliki beberapa kandidat karakter untuk jadi anggota Avengers di Phase selanjutnya. Siapa saja?

Captain Marvel

Sebagai salah satu Avengers terkuat di MCU, Carol Danvers memang rasanya pas untuk bisa menjadi bagian dari tim Avengers yang baru di Phase selanjutnya. Bahkan, bukan hal mustahil jika kemudian Carol juga jadi pemimpin tim ini. Dengan kekuatan dan pengalamannya, Carol bisa jadi sosok pemimpin Avengers dalam pertempuran menghadapi Kang the Conqueror dalam film Avengers selanjutnya.

Carol sendiri pertama kali muncul di Phase 4, di mana dia kemudian jadi salah satu karakter penting di film Avengers: Endgame. Dia memiliki peran penting dalam kematian Thanos. Carol sendiri diketahui tidak hanya beraksi di bumi, namun juga di luar angkasa. Berdasarkan pengalaman inilah Carol bisa memberikan momen atau “pelajaran” kepada karakter lainnya.

Doctor Strange

Bagi para penggemar komik Marvel, mungkin akan jauh lebih menyenangkan untuk melihat Doctor Strange menjadi pemimpin tim pahlawan yang berhadapan dengan makhluk dari dimensi lain yaitu the Defenders. Namun, di MCU, sang Penyihir Agung sudah lebih dari sekali membantu tim Avengers dalam melindungi bumi. Bahkan, dia sudah paham betul dengan ancaman multiverse yang akan datang.

Di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness bahkan diperlihatkan jika sosok Strange tahu tentang ancaman inkursi yang bisa terjadi. Serta, ada juga kekuatan dahsyat lain yang akan sulit dihadapi sendirian. Lagi-lagi, dengan pengalaman dan pengetahuan yang dia miliki sosok Strange tentunya bisa jadi sosok pemimpin lainnya selain Carol Danvers. Kerja sama keduanya jelas akan membuat Avengers sangat kuat.

Thor

Salah satu dari enam anggota Avengers awal di MCU yang masih bertahan. Thor jelas memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan sering jadi andalan para pahlawan lainnya. Thor Odinson juga diyakini sudah jauh lebih kuat dari sebelumnya, apalagi dia sudah mengalami banyak peristiwa penting dalam hidupnya. Contoh yang paling baru adalah bagaimana dia bertarung menghadapi Gorr the Butcher.

Baik sebagai Avengers atau bukan, Thor juga sudah sejak lama menjadi pelindung bumi mengingat hal tersebut sudah jadi tugasnya. Banyak yang mempertanyakan bagaimana nasib dari Thor selanjutnya di MCU. Yang menarik adalah sebagian menduga jika Thor mungkin akan tewas atau setidaknya berhenti muncul di MCU. Namun, sebelumnya, Thor akan menjadi sosok penting di tim Avengers dalam Phase selanjutnya.

She-Hulk

Selain Thor, Avengers awal di MCU juga mengenal sosok Hulk. Namun, Bruce Banner yang sekarang tidak lagi sama seperti yang dahulu. Dia sudah berubah menjadi sosok yang jauh lebih tenang dan tidak lagi mengandalkan amarah atau emosi. Bruce sudah dikenal dengan nama Smart Hulk. Bruce juga kemungkinan tidak lagi akan terlibat dalam berbagai misi Avengers pada masa depan.

Meskipun begitu, Bruce memiliki keponakannya, Jennifer Walters, yang sekarang sudah berubah menjadi sosok She-Hulk. Di komiknya sendiri, Jennifer bukan nama yang asing bagi tim Avengers. Bahkan, dia jauh lebih memiliki sejarah panjang dengan tim Avengers dibandingkan Hulk. Sejauh ini, She-Hulk baru bertemu Daredevil dan Hulk. Tentunya menarik jika kemudian dia bertemu dengan pahlawan lainnya.

Ant-Man

Sejak bergabung dengan tim Steve Rogers dalam film Captain America: Civil War, Scott pun mulai berubah menjadi karaktery ang cukup penting. Ant-Man sendiri merupakan karakter yang sering muncul dan menjadi bagian dari Avengers. Banyak fans yang juga meyakini jika Scott Lang akan memiliki peranan penting kedepannya, apalagi setelah dia bertarung menghadapi Kang.

Scott rasanya pantas menjadi bagian dari Avengers di Phase selanjutnya, mengingat dia memiliki pengalaman dan pengetahuan. Apalagi, setelah Scott terlibat pertarungan dengan Kang dalam film Quantumania. Scott rasanya akan jadi salah satu incaran dari Kang kedepannya, yang mana kemudian rasanya wajar jika dia menjadi bagian dari tim Avengers. Bahkan, bisa jadi dia jadi sosok penting lainnya seperti di film Endgame.

Captain America

Rasanya akan sangat kurang menarik jika Captain America tidak jadi salah satu anggota Avengers. Sosok Steve Rogers sendiri memang sudah tidak lagi ada, namun seperti yang kita ketahui ada sosok lainnya yang mengisi titel sebagai Captain America yaitu Sam Wilson. Seperti yang diketahui, Steve mempercayakan titel tersebut kepada Sam di akhir Endgame ketika dia kembali ke berbagai timeline untuk mengembalikan Infinity Stone.

Di Phase 4 kemarin, Sam sebenarnya masih ragu dan belum yakin apakah dia mampu menjawab tantangan yang diberikan oleh Steve. Tetapi, sepertinya, di Phase terbaru ini Sam mulai berani membayar apa yang sudah dipercayakan oleh Steve kepadanya dirinya. Bahkan, Sam juga akan menjadi Captain America terbaru di film Captain America: New World Order sebelum kemudian muncul di film Avengers: The Kang Dynasty.

Shang Chi

Salah satu karakter pahlawan baru yang diperkenalkan di MCU, Shang Chi. Shang merupakan salah satu karakter yang memiliki kekuatan dahsyat. Hal ini berkat Ten Rings milik ayahnya, Wenwu. Tapi, tanpa Ten Rings sendiri Shang sudah diketahui memiliki kemampuan dahsyat terutama dalam hal bertarung. Kemampuan ini juga yang bisa jadi tambahan luar biasa bagi Avengers yang baru. Apalagi, untuk menghadapi Kang the Conqueror dibutuhkan banyak kekuatan. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran Shang Chi selanjutnya di MCU terutama perannya sebagai bagian dari tim Avengers.

Karakter Lainnya

Selain para karakter di atas, sebenarnya masih ada beberapa nama lainnya yang memiliki peluang untuk bisa bergabung dan jadi anggota Avengers yang baru. Contohnya adalah Bruce Banner. Meskipun dia sudah jauh lebih tenang, kekuatan dan kecerdasannya bisa diandalkan oleh tim tersebut. Hulk masih mampu untuk beraksi, meskipun mungkin dia akan lebih sering membantu dari balik layar.

Namun, hal ini tidak berlaku dengan Hawkeye. Selain dia sudah bertambah tua, Clint juga diperlihatkan sudah memiliki kekurangan seperti pada bagian pendengarannya. Dan di series Hawkeye pun kita melihat bagaimana Clint sudah siap memberikan mantel Hawkeye kepada Kate Bishop. Di sisi lain, kondisi dari Jeremy Renner pasca kecelakaan parah yang dia alami membuatnya akan sangat lama untuk pulih.

Selain Hawkeye dan Jeremy Renner, karakter yang diragukan kemunculannya lagi adalah Black Panther. Meskipun kita tahu jika Shuri yang kemudian jadi sosok di balik topeng Black Panther yang baru, namun dia sendiri masih belum yakin dengan hal itu. Spider-Man juga bisa saja bergabung lagi seperti yang terjadi di film Infinity War dan Endgame. Serta, karakter baru seperti Moon Knight. Scarlet Witch bisa saja kembali bergabung demi membayar kesalahan yang sudah dia buat. Kita nantikan saja ya Geeks siapa saja Avengers baru yang akan bertarung menghadapi sosok Kang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.