Dari berbagai momen yang dihadirkan dalam film-film Fast and Furious ternyata ada juga adegan yang harus dihapus atau deleted scene dan tidak tayang di filmnya. Menjadi salah satu franchise terbesar di Hollywood, Fast and Furious menghadirkan sesuatu yang tidak biasa di layar lebar. Menjadi film blockbuster atau film dengan ongkos produksi besar, awalnya Fast and Furious hanya menghadirkan sebuah cerita balapan jalanan.

Namun, seiring dengan populernya film pertama membuat pihak Universal kemudian memberika lampu hijau untuk menghadirkan berbagai sekuelnya. Saat ini, franchise Fast and Furious sendiri sudah akan selesai dengan dua film terakhir dari Dominic Toretto. Selama dua dekade berjalan ada berbagai momen di filmnya yang dihapus atau tidak jadi tayang. Berikut adalah berbagai adegan yang dihapus di franchise Fast and Furious

Momen Emosional Dom

F9 atau Fast 9 memperlihatkan momen epik di mana para fans mengetahui jika Dom ternyata memiliki seorang adik, Jakob. Bahkan, di filmnya, kita melihat bagaimana seluruh kru Dom harus berkonflik dengan Jakob. Namun, terdapat satu momen penting yang kemudian tidak ditayangkan dalam filmnya. Momen tersebut memperlihatkan kilas balik dari Dom dan juga kru awalnya.

Mereka mengantar Jakob keluar kota. Momennya dimulai ketika Dom muncul tiba-tiba di sebuah balapan jalanan, di mana saat itu dia baru keluar dari penjara. Dia kemudian bertemu dengan Letty dan juga Mia. Dan juga diperlihatkan dalam momennya bagaimana Dom bertemu dengan para rekan-rekannya yang merupakan krunya sejak awal seperti Jesse dan Vince. Adegannya sendiri kurang dari satu menit, namun hal ini memperlihatkan loyalitas dari Dom.

Kemunculan Mia Toretto

Selain momen kilas balik Dom dan kru awalnya, deleted scene yang dihadirkan di Fast 9 juga menghadirkan sosok Mia Toretto. Dalam alur cerita di filmnya diperlihatkan setelah Dom menidurkan sang anak, Little Brian, dia pun kemudian pergi keesokan harinya bersama Letty, Ramsey, Roman, dan Tej. Sedangkan, kita tidak lagi melihat sosok Little Brian. Hal ini pun banyak menghadirkan tanda tanya.

Meskipun mungkin banyak yang beranggapan jika Dom membiarkan Little Brian sendirian, namun tidak begitu faktanya. Dalam deleted scene tersebut diperlihatkan bagaimana Dom sebelumnya menelpon Mia untuk meminta bantuannya menjaga Little Brian. Dia juga sempat menyinggung sedikit tentang Brian. Sayangnya, Justin Lin pada akhirnya harus memotong adegan tersebut.

Pertarungan Luke dan Hobbs

Salah satu highlight yang dihadirkan dalam film The Fate of the Furious atau F8 adalah hubungan yang terjalin antara Luke Hobbs dan juga Deckard Shaw. Bahkan, koneksi keduanya yang kemudian jadi awal bagi franchise ini untuk melahirkan spinoff. Namun, yang menarik adalah ternyata Vin Diesel memotong adegan yang jadi awal mula untuk melahirkan ide spinoff Luke dan Hobbs.

Dalam deleted scene tersebut diketahui jika Luke Hobbs dan Deckard Shaw akhirnya memenuhi janji mereka, yaitu bertarung. Namun, ketika mereka hendak saling melemparkan pukulan momen tersebut berhenti. Salah satu dari keduanya kemudian mempertanyakan mengapa mereka bertarung satu sama lain. Menurut mereka, seharusnya mereka bekerja sama untuk menghapi “si bodoh.” Sosok yang dimaksud tersebut diyakini adalah Dominic Toretto dan Vin Diesel memutuskan untuk memotongnya di momen terakhir sebelum penayangan.

Hubungan Letty Dan Giselle

Gal Gadot merupakan aktris yang memerankan karakter Gisele di franchise Fast and Furious. Sosoknya pertama kali muncul di film Fast Five, sebelum kemudian diperlihatkan tewas di Fast 6. Meskipun begitu, sebenarnya terdapat sebuah adegan yang rencananya akan muncul di Furious 7. Namun, pada akhirnya, hal tersbut tidak jadi muncul di filmnya. Lalu, apa isi dari deleted scene tersebut?

Dalam deleted scene yang pendek tersebut kita melihat apa yang terjadi kepada Letty pasca ledakan yang terjadi sebelumnya, yang membuat dia akhirnya amnesia. Adegannya juga memperlihatkan bagaimana kemudian dia bisa selamat dan bergabung dengan kelompok Braga. Ternyata, sosok Gisele jadi satu-satunya orang yang menyelamatkannya. Dan ini juga yang membuat hubungan keduanya sangat erat.

Hubungan Mia dan Brian

Di akhir film The Fast and The Furious, kita melihat bagaimana identitas asli dari Brian O’Connor sebagai polisi akhirnya terungkap. Brian membongkar identitasnya sebagai polisi untuk menolong Vince yang terluka. Hal itu pun jelas membuat Dom marah. Dan di akhir filmnya, mereka balapan di mana Brian kemudian memberikan kunci mobil dan membiarkan Dom pergi.

Namun, dalam sebuah deleted scene diperlihatkan apa yang terjadi pasca kejadian tersebut. Brian pergi ke rumah Dom di mana dia menemukan Mia sedang membersihkan garasi untuk bersiap pindah. Brian pun meminta maaf dan menjelaskan bahwa dia bukan lagi polisi. Dia ingin hubungannya dengan Mia bisa kembali seperti dahulu. Meskipun Mia mengatakan hal tersebut tidak mudah, namun Brian yakin semuanya akan baik-baik saja.

Tantangan Twinkie

Fast and Furious: Tokyo Drift merupakan satu-satunya film di franchise Fast and Furious yang tidak menghadirkan Dom sebagai karakter utamanya. Di film ini, kita melihat sosok Sean Boswell. Selain itu, balapan yang dihadirkan juga berbeda dari yang lain yaitu drift. Namun, yang luar biasa adalah film ini berhasil meraih popularitas yang sangat besar bahkan hingga sekarang.

Saat Sean tiba di Jepang, Twinkie adalah salah satu karakter yang berteman dengan Sean. Dia bahkan membantu Sean menjalani kehidupannya selama di Jepang, termasuk mempertemukannya dengan Han. Dalam deleted scene di filmnya, kita melihat bagaimana Twinkie menantang Sean untuk makan wasabi. Jika berhasil dia akan mendapatkan uang 40 ribu Yen yang mana dia berhasil menangkan.

Momen Hobbs curi Data

Fast Five memperlihatkan momen di mana Luke Hobbs berusaha untuk menangkap sosok gembong penjahat yang sekaligus juga politikus yaitu Hernan Reyes. Dia benar-benar berkuasa di wilayah Brazil, di mana Hobbs bahkan hampir tidak bisa berbuat banyak untuk menangkapnya. Meskipun begitu, dia tetap melakukan berbagai hal untuk bisa menyelesaikan misinya.

Salah satu hal yang dia lakukan adalah mencuri isi hard drive dari kamera pengawas di sebuah sudut jalan. Hal ini diperlihatkan dalam deleted scene ketika Hobbs berusaha mencari informasi tentang Reyes dan apa yang terjadi sebelumnya. Elena sendiri nampak tidak bisa mencegah Hobbs untuk melakukan hal tersebut.

Momen Kebersamaan Han dan Gisele

Han dan Gisele merupakan bagian dari kru Dominic Toretto yang baru. Mereka sempat bersama-sama menjalankan berbagai misi sebelum kemudian di film Furious 7 diperlihatkan bagaimana Gisele harus tewas dengan cara mengorbankan dirinya demi menolong Han. Namun, sebelum kematiannya, terdapat beberapa momen kebersamaan antara Han dan Gisele.

Salah satu momen kebersamaan mereka ada di adegan yang dihapus dari Fast & Furious 6. Dalam momen tersebut nampak mereka berdua saling bercengkrama meskipun tidak terlalu lama. Gisele bertanya tentang apa yang Han ucapkan sebelumnya. Dan Han sendiri menjelaskan bahwa maksud dari ucapan tersebut adalah caranyanya mengungkapkan keinginannya untuk hidup bersama Gisele.

Tentunya ada berbagai alasan mengapa kemudian pihak produser memutuskan untuk memotong berbagai adegan di atas dari alur cerita aslinya. Apakah itu karena durasi, cerita, atau karena alasan lain. Yang pasti, deleted scene atau adegan yang dipotong tersebut memang mayoritas hanya sekedar menambahkan detail cerita dan tidak terlalu memberikan pengaruh besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.