Sebagai penggemar setia Transformers, kita mungkin sudah tahu bahwa Decepticon adalah kelompok antagonis yang paling sering diceritakan di berbagai kisah yang berhubungan dengan Bumi dan Autobots. Faktanya Decepticon bukanlah satu-satunya villain yang eksis di semestanya, ada entitas mengerikan yang dikenal dengan sebutan Deceptigod alias Decepticon God. Mirisnya meskipun menggunakan kata ‘God’ pada namanya, sejatinya Deceptigod adalah robot iblis Mahakuasa yang ingin melahap semua Transformers tanpa terkecuali. Seperti apa sepak terjang dan kehebatannya? Mari langsung saja kita bahas.

Muncul sebagai D-Void dari Dead Universe

Pertama kali muncul di komik Transformers dari penerbit IDW Comics, Deceptigod awalnya adalah entitas abstrak dari luar alam semesta yang dikenal dengan sebutan D-Void. Sebagai sumber dari segala sumber kegelapan yang tinggal di Dead Universe, D-Void hanya mempunyai satu tujuan, yaitu melahap seluruh kehidupan untuk memuaskan rasa laparnya. Namun karena tidak dapat meninggalkan Dead Universe, untuk mewujudkan tujuannya dia harus mendapatkan bantuan dari luar. Dalam hal ini jawabannya adalah Megatron dan para Decepticon yang sejak awal punya kecenderungan terhadap kegelapan.

Rencana besarnya dimulai dengan menciptakan portal antar dimensi dari Dead Universe ke semesta utama, yang bermanifestasi sebagai sebuah danau di planet robot Gorlam Prime. Pada titik inilah dia mulai menghimpun kekuatan dengan memanipulasi pikiran semua spesies robot yang mendekat pada portal sehingga dia bisa memanfaatkan bahwa memakan para korbannya. Salah satunya yang terpancing adalah Galvatron, saingan Megatron di Decepticon yang kemudian mendapatkan kekuatan Heart of Darkness dari D-Void agar bisa menghimpun pasukan kegelapan di semesta utama.

Deceptigod, Wujud D-Void di Semesta Utama

Setelah melalui petualangan yang cukup panjang, termasuk berselisih dengan Megatron dan pasukan Decepticon-nya, Galvatron akhirnya diceritakan tiba di Cybertron untuk membuat Transformers lain termasuk para Autobot mengabdi kepada D-Void atau menjadi makanannya. Melihat banyak Transformers tangguh yang berkumpul di satu tempat secara bersamaan, D-Void langsung memanfaatkan kesempatan langka tersebut untuk melancarkan upaya pamungkasnya. Di mana dia meraih Heart of Darkness di tubuh Galvatron dan mengambil alih pasukan kegelapannya untuk melawan Autobot.

Dengan kekuatannya, D-Void kemudian menggabungkan semua tubuh Transformers yang ada dalam kendalinya menjadi robot iblis raksasa dan mengklaim dirinya sebagai Deceptigod alias Decepticon God. Tidak berhenti sampai di situ saja, sebagai Deceptigod akhirnya dia bisa menyerap Megatron dan Decepticon lain yang mempunyai kegelapan hati seperti dirinya. Karena pada dasarnya tubuh Deceptigod terdiri dari ratusan ribu bahkan jutaan Decepticon yang ada di Cybertron, kini ukurannya tidak jauh berbeda dari gunung besar yang setiap pergerakannya dapat menyebabkan gempa Bumi di Cybertron.

Selain ukurannya yang sangat masif dan bisa berubah bentuk, lemampuan luar biasa lain dari Deceptigod meliputi manipulasi berbagai elemen yang ada di Cybertron, termasuk kegelapan, emosi, dan bahkan waktu. Saat menjadi Deceptigod, dia juga terbukti mampu membangkitkan Transformers dari kematian dan kemudian menjadikannya antek kegelapan. Semua ini membuat Deceptigod nyaris bisa melakukan segalanya dan tampak tidak bisa dikalahkan dengan cara apa pun.

Hanya Bisa Dikalahkan Oleh Optimus Prime

Awalnya tidak ada satu pun Autobot yang berani bermimpi bisa mengalahkan robot iblis di hadapan mereka, sampai Optimus Prime menyadari keberadaan Heart of Darkness. Megatron yang menolak dikendalikan Deceptigod kemudian berhasil melepaskan diri darinya dan membantu Optimus Prime untuk merebut Heart of Darkness. Singkat cerita, Optimus yang berhasil mendapatkan Heart of Darkness, kemudian membawanya ke Vector Sigma di inti planet Cybertron dan menghancurkannya dengan Matrix of Leadership. Hancurnya Heart of Darkness ini akhirnya berhasil menghancurkan tubuh Deceptigod.

Meksipun pada akhirnya berhasil dikalahkan, tetapi sampai hari ini bisa dibilang D-Void alias Deceptigod masih eksis di semesta Transformers melalui Dead Universe. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya Dead Universe sendiri adalah tempat akhir bagi para Transformers dan robot lain yang mati. Sehingga meskipun tidak berada di semesta utama, D-Void atau Deceptigod, atau apa pun namanya, dia masih bisa terus bertahan hidup dan menghimpun kekuatan baru. Dengan begitu, saat waktunya tepat, bukan tidak mungkin dia akan kembali sebagai ancaman baru.

Itulah pembahasan tentang Deceptigod, Transformers iblis yang ingin melahap semua kehidupan di alam semesta. Meskipun tidak seterkenal Unicron the Chaos-Bringer, tetapi kisah komik Transformers bisa dibilang telah berhasil memperkenalkan Deceptigod sebagai villain raksasa yang berada di kelas Unicron. Sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti robot iblis kegelapan ini bisa muncul dalam bentuk live action di film-film Transformers mendatang. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.