Setelah sekian lama menantikan kehadiran Kang the Conqueror di MCU, akhirnya sang big bad villain ini muncul juga di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Tidak hanya itu saja, selain memperkenalkan salah satu varian Kang dari Jonathan Majors, credit scene filmnya juga telah memboyong Council of Kangs ke MCU. Di mana organisasi rahasia yang eksis di multiverse ini terdiri dari para varian Kang yang semuanya diperankan oleh Majors. Menariknya, dalam adegannya terungkap juga bahwa pemimpin Council of Kangs sendiri tidak lain adalah Triumvirate Kang. Siapa sebenarnya mereka? Begini penjelasannya.

Debut ‘Triumvirate’ Kang di Quantumania

Bagi yang belum tahu, di komiknya Council of Kangs adalah organisasi rahasia bagi para varian Nathaniel Richards alias Kang yang bermarkas di Transtemporal Hub-World. Nah, menariknya organisasi ini baru saja dihadirkan juga di MCU melalui credit scene pertama Quantumania. Dalam penampilan debutnya, organisasi khusus varian Kang ini diceritakan berkumpul karena Kang di Quantum Realm alias ‘Kang the Exile’ telah mati di tangan Ant-Man dan Wasp. Hal ini disampaikan langsung oleh trio Kang yang jadi pemimpin Council of Kangs layaknya triarki dominasi politik alias Triumvirate dari zaman Roma kuno.

Sebelum mengenal lebih jauh siapa saja yang menjadi pemimpin Council of Kangs tersebut, mari kita dalami sedikit apa itu Triumvirate yang sepertinya berhubungan langsung dengan dinasti Kang di MCU. Pertama kali diperkenalkan oleh kekaisaran Roma, Triumvirate sendiri adalah sebutan untuk tiga institusi politik yang memegang kekuasaan. Meskipun di atas kertas ketiganya mempunyai kedudukan yang sama, tetapi dalam prakteknya selalu ada satu penguasa yang lebih unggul. Menariknya, konsep ini juga tampaknya diadaptasi untuk menggambarkan kepemimpin trio Kang di Council of Kangs.

Varian Kang Paling Ikonis dari Komik

Baru-baru ini sutradara Quantumania Peyton Reed buka suara terkait identitas trio Kang yang jadi pemimpin Council of Kangs di MCU, mereka tidak lain adalah varian ikonis Kang yang dikenal sebagai Rama-Tut, Scarlet Centurion, dan Immortus. Rama-Tut dapat dengan mudah kita kenali dari kostumnya yang mirip firaun pada zaman Mesir kuno. Kemudian ada juga Immortus yang terlihat lebih punya pengaruh dari ketiganya, dialah yang memanggil semua anggota Council of Kangs untuk berkumpul. Terakhir, Scarlet Centurion yang tampak berbeda dari versi komiknya, di MCU tampilannya lebih mirip seperti RoboCop tanpa armor.

Meskipun baru melakukan debutnya di MCU, trio Kang ini sebenarnya sudah cukup terkenal di Marvel Comics. Berikut ini penjelasan masing-masing variannya:

Rama-Tut

Debut di komik Fantastic Four #19 (1963), Rama-Tut adalah nama pertama yang digunakan oleh Nathaniel Richards jauh sebelum dia dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dengan identitas ini, dia diceritakan melakukan perjalanan waktu pertamanya ke zaman Mesir kuno dengan mengubah tampilan Time-Ship miliknya menjadi patung sphinx.

Singkat cerita dengan pengetahuan dan teknologi yang dibawanya dari masa depan, Rama-Tut dengan cepat langsung menjadi penguasa dan disembah oleh pengikutnya sebagai seorang firaun. Kekuasaannya berakhir setelah Fantastic Four datang dari masa depan untuk menghentikan tirani Rama-Tut dan berhasil membuatnya kabur ke masa depan.

Scarlet Centurion

Di tengah perjalanan waktunya saat ingin kembali dari masa depan, Rama-Tut tidak sengaja bertemu dengan Doctor Doom yang dia klaim sebagai leluhurnya. Pada titik inilah Rama-Tut mendapatkan inspirasi dari Doom dan kemudian mengganti nama dan kostum villainnya dengan menjadi Scarlet Centurion di komik Avengers Annual #2 (1968).

Dengan identitas barunya ini untuk pertama kalinya dia bertemu dengan Avengers dan terus-menerus diceritakan menjadi ancaman pada masa kini. Centurion awalnya tampak sangat sulit untuk dikalahkan, sampai akhirnya Avenger yang bernama Goliath berhasil menggunakan kekuatan pengubah ukurannya untuk memanipulasi kontrol mesin waktu, yang akhirnya memaksa Centurion untuk lagi-lagi kabur ke time stream.

Immortus

Berbeda dari dua varian sebelumnya, Immortus justru dikenal sebagai varian terakhir Kang yang memutuskan untuk pensiun dari jabatan dan ambisinya sebagai seorang Conqueror. Pertama kali diperkenalkan di komik Avengers #10 (1964), Immortus diceritakan mengabdi kepada entitas penjaga waktu Time-Keepers sekaligus mengklaim dirinya sebagai penguasa waktu yang sesungguhnya.

Meskipun sempa beberapa kali menjadi ancaman bagi Avengers dan superhero lainnya, musuh utama Immortus ternyata adalah variannya sendiri, yaitu Kang the Conqueror. Lebih dari satu kali Immortus justru bekerja sama dengan para superhero untuk mengalahkan Kang, sampai akhirnya dia diceritakan menghancurkan markas Kang yang disebut Chronopolis dan semua kehidupan di dalamnya menggunakan Forever Crystal.

Meskipun nama dan sepak terjangnya berbeda-beda, pada dasarnya trio Kang paling ikonis ini mempunyai kekuatan yang kurang lebih sama, yaitu pengetahuan dan kemampuan terkait time travel. Yang membedakan mereka hanyalah pengalamannya sebagai seorang varian Kang. Itulah mengapa di antara Triumvirate Kang yang menjadi pemimpin Council of Kangs di MCU, Immortus tampak lebih superior dari Rama-Tut dan Scarlet Centurion, karena dialah Kang yang paling berpengalaman sekaligus paling tua secara penampilan.

Tujuan Triumvirate dan Council Kangs di MCU

Kemunculan Triumvirate Kang sebagai pemimpin Council of Kangs di MCU secara tidak langsung telah mengisyaratkan ancaman besar bagi para superhero di seluruh multiverse. Alasannya karena Immortus baru saja mengatakan kepada Rama-Tut, Scarlet Centurion, dan semua varian Kang bahwa sekarang sudah saatnya bagi mereka melawan, karena sejumlah orang telah mengetahui keberadaan multiverse, seperti Ant-Man, Wasp, dan lain sebagainya. Dengan begitu, ke depannya kemungkinan besar tidak akan ada satu pun sudut MCU yang luput dari campur tangan Council of Kangs dan para pemimpinnya.

Itulah pembahasan tentang Triumvirate Kang yang bertindak sebagai pemimpin Council of Kangs di MCU. Selain karena popularitas Rama-Tut, Scarlet Centurion, dan Immortus di komik, sepertinya alasan lain mengapa MCU memperlihatkan mereka dengan konsep Triumvirate dari zaman Roma kuno adalah karena sejak awal Kang memang berambisi untuk menciptakan dinastinya sendiri di seluruh multiverse, mirip seperti ambisi dinasti Roma ketika memperluas kekuasaannya pada masa lampu.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.