Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania kemungkinan ubah timeline hidup dari sosok Scott Lang di Marvel Cinematic Universe. Hal ini berdasarkan berbagai petunjuk yang ada di akhir filmnya. Cerita akhir dari film Quantumania membuat banyak para fans garuk-garuk kepala yang mana membuat spekulasi pun santer dihadirkan. Dalam spekulasi tersebut diduga timeline hidup dari Scott Lang sudah berubah.

Scott Lang harus berpetualang di Dunia Quantum dalam film ketiga Ant-Man ini bersama dengan para karakter lain, seperti Hope, Cassie, Hank Pym, dan Janet. Mereka diperlihatkan harus bertarung menghadapi Kang the Conqueror dan juga MODOK. Namun, yang menarik adalah di akhir cerita filmnya muncul dugaan jika ada perubahan timeline dalam hidup dari Scott Lang. Perlu diperhatikan bahwa artikel ini akan menghadirkan cerita film Quantumania. Buat Geeks yang belum menyaksikan filmnya bisa pindah ke artikel yang lain.

Akhir yang Aneh

Akhir cerita dari film Quantumania berhasil memunculkan berbagai pertanyaan besar di benak para fans. Apalagi, setelah diketahui jika Scott dan Hope begitu mudah berhasil kembali ke dunia nyata setelah bertarung melawan Kang di Dunia Quantum. Seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, Scott dan yang lain harus berjuang menghadapi Kang dan pasukannya yang sangat banyak.

Dalam pertempuran tersebut, Kang dan pasukannya sempat berhasil menahan Scott dan aliansinya. Kang bahkan hampir berhasil untuk pergi dan keluar dari Dunia Quantum. Namun, beruntung Janet berhasil menghentikannya. Janet pun sempat membuka portal untuk mereka pulang. Semuanya berhasil untuk kembali ke dunia nyata, kecuali Scott Lang. Akhirnya, Scott pun harus bertarung melawan Kang sendirian.

Kemudian Scott berhasil menghancurkan mesin penjelajah waktu milik Kang. Scott sendiri hampir saja kalah karena Kang yang mengamuk saat mesin miliknya rusak. Beruntung, Hope kemudian kembali untuk membantu Scott mengalahkan Kang. Mereka berdua pun kemudian bisa kembali dengan selamat melalui portal yang sama ke dunia nyata memanfaatkan alat yang diciptakan oleh Cassie Lang.

Sekilas mungkin tidak ada yang aneh dengan akhir cerita ini. Namun, jika Geeks perhatikan lagi rasanya sangat kecil kemungkinan jika Scott dan Hope mampu berhasil ke dunia nyata tanpa tantangan sama sekali. Hal inilah yang memunculkan spekulasi jika ada seseorang atau sesuatu yang membiarkan mereka keluar dari Dunia Quantum tanpa hambatan. Dalam spekulasinya juga disebutkan jika kemungkinan ada campur tangan Kang dalam hal tersebut.

Dalam filmnya sendiri dijelaskan jika Kang the Conqueror adalah seorang penjelajah waktu yanng mampu memanipulasi ruang dan waktu. Baginya, waktu adalah sesuatu yang bisa dia dapatkan dengan mudah atau bahkan dia kendalikan. Bahkan, Kang bisa memberikan waktu yang hilang selama lima tahun kepada kepada Scott saat terjebak di Dunia Quantum. Inilah yang kemudian memunculkan teori atau spekulasi jika Kang yang mungkin mengatur semuanya.

Perubahan Timeline

Selain bagaimana Scott Lang dan juga Hope yang bisa lolos dari Dunia Quantum tanpa hambatan, teorinya juga menyebutkan bahwa ada beberapa petunjuk lain yang memperlihatkan bahwa kemungkinan timeline dalam hidup Scott Lang berubah. Contohnya adalah cerita dari apa yang dihadirkan oleh Scott Lang dalam bukunya. Atau monolog yang Scott hadirkan di mana dia seolah ragu dengan apa yang terjadi.

Dalam monolog tersebut Scott sempat merefleksikan kemenangannya terhadap sosok Kang. Namun, kemudian, dia juga memperlihatkan ketakutannya atas apa yang kemudian akan terjadi akibat dari hal tersebut. Scott seolah tidak yakin atas kemenangannya dari sosok Kang. Justru, dia malah merasa bahwa apa yang dia lakukan berakibat fatal bagi semua orang.

Yang juga menarik adalah ada perubahan yang sangat signifikan di dunia yang Scott tinggali pasca dia berhasil keluar dari Dunia Quantum. Misalnya, sosok Ruben sang pemilik cafe tempat biasa Scott memesan kopi dan kue justru menagih uang dari apa yang dibeli oleh Scott. Padahal, di awal filmnya, Ruben selalu memberikan gratis makanan dan minuman tersebut. Bahkan, dia juga menganggap Scott Lang adalah sosok di balik topeng Spider-Man.

Selain menagih uang atas makanan dan minuman Scott, yang juga dianggap menjadi petunjuk mengenai adanya perubahan dunia di sekitar Scott adalah bagaimana Ruben tahu jika Scott adalah seorang pahlawan. Dia tahu Scott adalah pahlawan yang memiliki kekuatan untuk bisa mengecil dan membesar. Pertanyaan besarnya kemudian adalah bagaimana Reuben bisa tahu Scott adalah Ant-man? Dari mana dia tahu hal tersebut? Mengapa kemudian orang-orang seolah tahu apa yang terjadi di Dunia Quantum?

Padahal, logikanya, seperti yang diucapkan oleh Krylar terhadap Janet, Hank, dan Hope bahwa apa yang terjadi di Dunia Quantum seharusnya tetap berada di Dunia Quantum. Momen ulang tahun Cassie Lang juga dianggap sebagai petunjuk besar dari timeline Scott Lang yang diduga berubah. Apa yang dihadirkan dari sosok Hope di akhir ceritanya dianggap berbeda dari sebelumnya. Hal itu bahkan memunculkan spekulasi lainnya jika Hope yang muncul bukanlah Hope Van Dyne yang asli.

Dunia Yang Berubah

Cerita akhir film Quantumania yang bisa dianggap ambigu tersebut membuat para fans bertanya-tanya mengenai kebenaran realita yang ada di akhir ceritanya. Berbagai petunjuk dan hal-hal yang berubah sudah menciptakan sesuatu hal yang tidak pasti dan rasa takut. Dan yang seperti disebutkan di atas bahwa ada kemungkinan jika filmnya mengubah timeline dalam hidup Scott Lang.

Meskipun begitu, terdapat juga sebuah kemungkinan yang lain. Bisa jadi, kehidupan Scott memang benar-benar berubah apalagi setelah dia terjebak di Dunia Quantum yang mana aturan waktunya berbeda dengan dunia nyata. Dalam hal ini, Marvel Studios mungkin ingin memberikan gambaran jelas dari sudut pandang Scott Lang mengenai skenario Scott Lang yang terjebak di Dunia Quantum selama lima tahun sebelum kemudian dia secara tidak sengaja berhasil kembali.

Seperti yang diketahui sebelumnya dalam film Ant-Man kedua diperlihatkan jika Scott Lang terjebak di Dunia Quantum setelah Janet, Hank Pym, dan Hope jadi korban Decimation. Dia kemudian berhasil keluar dari dimensi tersebut secara tidak sengaja dalam film Avengers: Endgame. Pasca berhasil keluar dari Dunia Quantum nampak Scott bingung dengan apa yang terjadi pasca Decimation.

Hal ini juga yang mungkin ingin diperlihatkan oleh Marvel Studios di akhir cerita Quantumania. Kita tidak tahu berapa lama Scott dan yang lain terjebak di Dunia Quantum dalam film Quantumania. Mungkin, akibat waktu yang dihabiskan sangat lama di Dunia Quantum membuat dunia nyata juga mengalami perubahan. Bisa jadi, Scott dan yang lain sebenarnya sudah menghabiskan waktu selama puluhan tahun di dunia nyata. Dan di sisi lain, bisa jadi juga apa yang terjadi di akhir cerita Quantumania merupakan awal dari cerita yang lebih besar di Multiverse Saga ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.