Dengan eksistensi Kang dan semua variannya yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors, banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada masa depan Multiverse Saga di Marvel Cinematic Universe. Salah satunya adalah potensi kemunculannya dengan identitas villain lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh para penggemar. Misalnya dengan menjadi musuh bebuyutan bagi keluarga superhero Fantastic Four, yaitu Doctor Doom versi Kang the Conqueror. Bagaimana bisa? Kali ini kita akan membahas berbagai petunjuk yang memperkuat teori tersebut. So, check this out, Geeks!

Pengaruh Kang di Reboot Fantastic Four

Beberapa hari yang lalu, eksekutif Marvel Studios Stephen Broussard sempat mengisyaratkan bahwa ke depannya Kang dari Jonathan Majors akan ambil andil dalam setiap kisah MCU, tanpa terkecuali di film reboot Fantastic Four mendatang. “Saya tidak ingin berbicara terlalu spesifik tentang apa yang mungkin terjadi di film [Fantastic Four]. Mereka jelas memiliki galeri villain yang banyak dan luar biasa. Namun dengan adanya ancaman Kang yang sangat beragam, saya pikir ke depannya tidak ada satu pun sudut MCU yang tidak terpengaruh oleh Kang,” ungkap Broussard kepada Den of Geek.

Dalam pernyataan terbaru Marvel Studios ini tersirat bahwa Kang berpotensi menjadi salah satu ancaman bagi Fantastic Four di filmnya nanti. Mengingat Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing mempunyai hubungan yang sangat erat dengan big bad villan seperti Doctor Doom, bukan tidak mungkin Marvel Studios justru akan menghadirkan karakternya sebagai salah satu varian Nathaniel Richards alias Kang yang eksis di multiverse. Faktanya di Marvel Comics sendiri memang ada satu kisah yang pernah menceritakan saat dia muncul sebagai versi alternatif Doctor Doom.

Kang Jadi Doom di Marvel Comics

Kemunculan Kang versi Doctor Doom ini pernah diceritakan sekilas di komik garapan Mark Waid dan Michael Del Mundo yang berjudul Avengers Vol. 7 #6 (2017), tepatnya saat peristiwa ‘Kang War’ berlangsung. Bagi yang belum tahu, Kang War bercerita tentang pertempuran besar antara para varian Avengers melawan para varian Kang yang ingin menguasa selueruh timeline di Marvel Universe. Pada pertempuran finalnya, pendiri Avengers, Avengers dari masa lalu, dan Avengers masa sekarang, diceritakan melakukan perjalanan waktu bersama Future-Vision untuk menyerang markas Kang.

Setibanya di markas Kang, para Avengers langsung disambut oleh banyak varian Kang yang mengklaim diri mereka tengah berada pada kondisi puncaknya, termasuk Scarlet Centurion dan Immortus. Di antara para varian Kang tersebut ada satu sosok yang cukup menarik perhatian karena penampilannya mirip Doctor Doom, lengkap dengan topeng dan jubah ikonisnya yang berwarna putih. Secara kekuatan, Kang versi Doom ini mampu mengombinasikan sihir dengan teknologi canggih, termasuk menembakan ledakan sihir, memanipulasi elemen, telekinesis, teleportasi, dan tentu saja time-travel.

Meskipun awalnya para Kang berhasil menghapus Avengers dari timestream, tetapi Giant-Man berhasil menggunakan Chronal Energy Container untuk mengurung mereka. Di ending kisahnya, Future-Vision kemudian menggunakan Chronal Energy Container untuk mengirim para Avengers ke timelinenya masing-masing, sementara dia memilih tetap tinggal untuk menjaga para varian Kang termasuk Kang versi Doctor Doom yang dipenjara di ujung Timeline. Meskipun perannya minor, tetapi kemunculannya membuktikan bahwa teori tentang varian Kang yang menjadi Doom bukanlah hal yang mustahil untuk direalisasikan.

Eksistensi Kang Sebagai Doom di MCU

Jika teori ini benar, artinya nanti kita mungkin akan melihat aktor Jonathan Majors tampil kembali sebagai varian Kang, tetapi sambil mengenakan kostum Doctor Doom. Walaupun seandainya dia hanya tampil sebagai villain rahasia di Fantastic Four, bukan berarti ancaman Kang sebagai Doom tidak berarti apa-apa. Karena seperti yang kita tahu, Doom sendiri sebenarnya punya peran yang cukup vital di komik Secret Wars, di mana dia menjadi juru selamat ‘palsu’ pada peristiwa kehancuran multiverse dengan menciptakan Battleworld. Hal yang sama bisa saja terjadi di film Avengers Secret Wars mendatang.

Itulah pembahasan tentang teori varian Kang yang berpotensi muncul sebagai versi alternatif Doctor Doom di MCU. Sejauh ini memang belum ada pernyataan resmi dari Marvel Studios terkait kemunculan Doom di MCU. Namun dengan berbekal pernyataan salah satu eksekutif studio dan juga fakta komiknya, sepertinya akan sangat menarik jika Doom benar-benar muncul sebagai salah satu varian Kang yang memang sejak awal dimaksudkan untuk jadi big bad villain di Multiverse Saga. Film Fantastic Four dan Secret Wars sendiri akan tayang pada 14 Februari 2025 dan 1 Mei 2026 secara berurutan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.