Berbagai artefak luar biasa yang sudah diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe seperti Ten Rings milik Wenwu dan juga gelang Kamala Khan kemungkinan adalah hasil ciptaan berbagai variant dari Kang. Sosok Kang the Conqueror akhirnya muncul dan diperkenalkan di jagat sinematik Marvel mulai Phase 5 ini. Karakternya diperlihatkan menjadi villain utama dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Kang digadang-gadang akan jadi villain besar baru di MCU menggantikan Thanos dalam saga yang baru yaitu Multiverse Saga. Petunjuk yang diberikan oleh Marvel Studios terakit hal tersebut sepertinya sudah mulai diberikan, melalui berbagai artefak yang muncul dalam beberapa film. Contohnya adalah Ten Rings milik Wenwu dan juga gelang milik Kamala Khan. Terdapat teori jika Ten Rings dan gelang Kamala tersebut merupakan ciptaan dari berbagai variant Kang.

Berbagai Artefak di MCU

Setiap Phase dari MCU selalu menghadirkan banyak sekali lokasi dan karakter baru. Meskipun begitu, satu hal yang menarik adalah Marvel Studios juga memperkenalkan berbagai artefak menarik dan kuat yang muncul di berbagai film. Jika sebelumnya kita sudah diperkenalkan Infinity Gauntlet, Stormbreaker, dan sebagainya, maka di Phase 4 dan 5 Marvel Studios kembali memperkenalkan beberapa artefak lainnya.

Berbagai artefak luar biasa tersebut juga menjadi salah satu elemen yang luar biasa dalam membangun cerita di Phase selanjutnya, terutama dalam Multiverse Saga. Lalu, apa saja artefak yang sudah diperkenalkan di Phase 4 dan 5? Yang pertama adalah Ten Rings. Sejauh ini, MCU masih belum banyak memberikan informasi tentang Ten Rings. Meskipun begitu, gelang ini memberikan penggunanya peningkatan kekuatan dan juga kemampuan mistis.

Artefak selanjutnya adalah Ebony Blade. Sama halnya seperti Ten Rings, Marvel Studios juga masih belum banyak memberikan informasi tentang Ebony Blade mengingat artefak ini baru muncul sekilas di film Eternals. Kemudian artfefak lainnya adalah gelang ajaib yang digunakan oleh Kamala Khan dan jadi sumber kekuatannya sebagai Ms. Marvel. Dalam cerita di seriesnya, gelang tersebut pernah digunakan oleh nenek moyangnya, Aisha.

Diketahui bahwa Marvel Studios memberikan perubahan besar terkait asal-usul dari gelang tersebut. Gelang tersebut diperlihatkan memiliki kekuatan dahsyat yang mirip seperti energi kosmik. Gelang ini juga ternyata mampu melakukan teleportasi ke dimensi lain. Marvel Studios juga memperkenalkan sebuah batu berwarna merah yang unik dan ajaib bernama Bloodstone dalam series spesial Werewolf by Night.

Secara penampilan, Bloodstone memiliki kemiripan dengan Reality Stone. Hanya saja, warna merah dari Bloodstone cenderung lebih gelap. Batu ini juga sudah diwariskan dari generasi ke generasi, meskipun tidak dijelaskan dari mana asalnya. Dari berbagai artefak yang sudah diperkenalkan, terdapat beberapa diantaranya yang memiliki peranan penting bagi alur cerita kedepannya. Dan artefak tersebut adalah gelang Kamala dan juga Ten Rings.

Ciptaan Variant Kang

Apa yang kemudian membuat dua artefak tersebut diduga memiliki peranan penting bagi Multiverse Saga? Terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika Ten Rings dan juga gelang milik Kamala kemungkinan adalah ciptaan variant Kang. Dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings diketahui jika Wenwu menemukan Ten Rings di sebuah kawah bekas jatuhnya meteor atau sebuah makam kuno.

Di akhir filmnya, setelah diperiksa oleh Wong, Carol Danvers, dan Bruce Banner diketahui jika gelang tersebut sudah berusia sangat lama dan diduga mengeluarkan atau memancarkan sinyal terhadap seseorang. Seperti halnya teknologi yang Cassie Lang ciptakan yang mengirimkan sinyal ke Dunia Quantum, gelang tersebut mungkin juga mengirimkan sinyal ke salah satu variant Kang yang merupakan pemilik atau penciptanya.

Di sisi lain, teorinya juga menyebutkan mengapa kemudian Ten Rings kemungkinan adalah ciptaan variant Kang. Salah satunya adalah dari cahaya biru yang muncul dari gelang tersebut. Dalam film Quantumania diperlihatkan juga bagaimana teknologi canggih yang dimiliki dan digunakan oleh Kang sangat berkilauan dan memiliki warna yang sama. Artinya bisa kita asumsikan jika sumber asal-usul dari Ten Rings sama dengan apa yang digunakan oleh Kang.

Pertanyaanya kemudian variant Kang yang mana yang jadi pemilik atau pencipta Ten Rings? Teorinya sendiri menyebutkan jika Rama-Tut, salah satu variant Kang yang jadi pemimpin Mesir Kuno, adalah penciptanya. Kang pernah kembali ke masa lalu, di mana dia berhasil menjadi penguasa. Dan dia pun dikenal sebagai Rama-Tut. Dan seperti yang dijelaskan oleh He Who Remains, Kang pernah bertempur dengan sesama variant lainya.

Rama-Tut dianggap sengaja menyembunyikan Ten Rings ciptaanya dari incaran Kang di sebuah makam atau lokasi yang sama yang kemudian jadi lokasi Wenwu menemukan gelang tersebut. Hal ini mungkin jadi setting cerita di mana Kang akan mengincar nyawa Shang-Chi demi merebut kembali salah satu teknologi atau artefak yang memiliki kekuatan dahsyat tersebut.

Bagaimana dengan gelang milik Kamala? Seperti halnya Ten Rings, gelang yang dimiliki Kamala juga memiliki ciri-ciri yang sama yaitu mengeluarkan cahaya berwarna biru terang. Dan cahaya biru yang muncul yang mirip dengan energi kosmik tersebut juga mirip dengan cahaya biru yang muncul di teknologi yang digunakan oleh Kang. Dalam series Ms. Marvel dijelaskan jika gelang Kamala Khan sudah digunakan sejak lama. Gelang tersebut pernah digunakan oleh nenek moyangnya, Aisha, sebelum digunakan oleh Kamala.

Kemungkinan, selain Ten Rings, Rama-Tut juga adalah pencipta atau pemilik dari gelang Kamala tersebut. Namun, bisa juga gelang itu diciptakan oleh variant Kang yang lain melihat asal-usul gelangnya yang berasal dari dimensi lain. Tujuannya? Jelas untuk jadi senjata untuk menghadapi Kang. Dan seperti halnya Rama-Tut, mungkin gelang tersebut sengaja disembunyikan oleh salah satu variat Kang sebelum kemudian ditemukan oleh Aisha.

Jadi Setting Kang Dynasty

Semua artefak baru yang sejauh ini sudah diperkenalkan di Phase 4 tersebut kemungkina saling terkoneksi satu sama lain, terutama gelang milik Kamala Khan dan juga Ten Ring. Dua artefak tersebut mungkin akan jadi jembatan untuk membangun setting cerita di film selanjutnya, yaitu Avengers: The Kang Dynasty. Bisa jadi kita akan melihat bagaimana dua artefak tersebut akan digunakan untuk menghadapi Kang.

Kang mungkin tidak akan hanya mengincar Shang-Chi karena dia menyimpan Ten Rings, namun juga dia akan mengincar keseluruhan pahlawan yang ada di MCU termasuk Kamala Khan dan juga gelang miliknya. Sebagai sosok karakter yang disebut-sebut jadi villain besar di Multiverse Saga, rasanya teori tersebut memang cukup masuk akal. Sejauh ini, memang petunjuk terkait hal ini masih sedikit.

Namun, dengan film Avengers: The Kang Dynasty baru tayang pada 2025 mendatang artinya Marvel Studios masih memiliki waktu untuk membangun cerita yang lebih kuat dan menghadirkan lebih banyak petunjuk lainnya. Menarik tentunya untuk melihat seberapa besar pengaruh dua artefak tersebut terhadap Multiverse Saga dan juga sosok Kang secara khusus.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.