Situasi besar yang terjadi di pulau Egghead kemungkinan terjadi karena pihak Gorosei yang akhirnya berhasil untuk menyusup ke pulau tersebut. Seperti yang diketahui, kondisi pulau Egghead saat ini benar-benar kacau. Pertama, pulau Egghead berhasil dikepung oleh pasukan dari CP0. Mereka berhasil menutup seluruh pintu keluar pulau tersebut demi mencegah Vegapunk kabur.

Kedua, ada beberapa pengkhianat yang muncul. Misalnya, kita lihat Stussy yang mengkhianati CP0 mengingat dia adalah kloning pertama Vegapunk dan MADS. Kemudian kita melihat ada sosok yang menyabotase sistem di sana. Ketiga, Seraphim bergerak di luar kendali. Seraphim bukan hanya menyerang kru Topi Jerami, namun juga CP0. Hal ini memunculkan teori bahwa Gorosei mungkin sudah berhasil menyusup ke pulau Egghead.

Kemunculan Gorosei

Setelah puluhan tahun diperkenalkan dalam cerita One Piece, Gorosei akhirnya muncul lagi dan terlibat dalam sebuah arc. Terakhir kalu Gorosei muncul adalah ketika mereka mengungkap fakta sebenarnya dari buah iblis Luffy. Meskipun hanya singkat kemunculannnya, namun mereka mengungkapkan hal mengejutkan mengenai buah iblis tersebut.

Dan kali ini, Oda benar-benar mulai memperlihatkan bagaimana Gorosei ikut terlibat dalam sebuah peristiwa di sebuah arc setelah sebelumnya mereka lebih sering memberikan perintah kepada angkatan laut atau agen Cipher Pol. Dalam chapter sebelumnya, diperlihatkan bagaimana salah satu Gorosei akhirnya turun tangan untuk menangani masalah di pulau Egghead.

Sosok tersebut kemudian dikenal sebagai Saint Jaygarcia Saturn. Ini adalah pertama kalinya Eiichiro Oda mengungkapkan nama dari Gorosei setelah puluhan tahun. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri masih belum memberikan informasi lainnya terkait Gorosei tersebut. Banyak spekulasi di kalangan fans menyebutkan jika Jaygarcia Saturn mungkin akan menghadapi Luffy di Egghead.

Berhasil Menyusup ke Egghead

Selain spekulasi bahwa Jaygarcia Saturn akan jadi lawan epik selanjutnya bagi Luffy, yang juga tidak kalah menarik adalah muncul teori jika Gorosei tersebut sudah berhasil menyusup ke pulau Egghead. Dalam chapter sebelumnya, ketika Jaygarcia Saturn diperkenalkan, dia juga diketahui menemui angkatan laut yang hendak pergi ke pulau Egghead untuk memburu Luffy dan Vegapunk.

Pasukan angkatan laut tersebut dipimpin oleh Kizaru. Sang admiral sempat berbincang dengan Gorosei tersebut tentang bagaimana dia bisa mengenal Vegapunk. Lalu, apa kaitannya dengan penyusupan Jaygarcia Saturn ke pulau Egghead? Seperti yang kita ketahui, Kizaru memiliki kekuatan buah iblis pika Pika yang membuatnya bisa bergerak secepat kilat.

Meskipun kemudian mereka menaiki kapal untuk pergi menuju Egghead, mungkin keduanya tidak mau membuang waktu buat pergi ke pulau tersebut. Karena itulah, ada kemungkinan kizaru memanfaatkan kekuatan buah iblisnya untuk melakukan “teleportasi” ke pulau Egghead. Dengan begitu, Gorosei dan juga Kizaru mampu menyusup ke pulau tersebut tanpa disadari banyak orang.

Perintahkan Seraphim

Karena gorosei mungkin berhasil menyusup ke pulau Egghead hal ini pun memunculkan spekulasi lainnya. Dalam hal ini, selain berhasil menyusup ke pulau Egghead kemungkinan Saint Jaygarcia Saturn juga yang memberikan perintah kepada Seraphim untuk menyerang semuanya. Apa yang kemudian jadi petunjuk mengenai hal ini? Tidak lain adalah hierarki dari Seraphim dan juga Pacifista.

Menurut penjelasan Stussy di chapter lalu, terdapat hierarki atau struktur tentang siapa saja yang “berkuasa” atau mampu memberikan perintah terhadap Seraphim dan Pacifista. Di level paling bawah ada orang-orang yang mampu menguasai benda yang disebut ‘authority chip.’ Tidak peduli siapa pun orangnya, mereka yang memiliki benda tersebut bisa menguasai para Pacifista itu.

Kemudian, di satu tingkat di atasnya adalah Sentomaru yang merupakan tangan kanan Vegapunk. Dia juga yang bertanggung jawab untuk menjaga seluruh Pacifista dan Seraphim sebagai wakil dari divisi pengembangan angkatan laut. Ketiga adalah Vegapunk atau para satelitnya. Sebagai pencipta dari para Pacifista, wajar jika Vegapunk berada di posisi hierarki yang tinggi.

Dan yang terakhir adalah Gorosei sebagai hierarki yang paling tinggi dari semuanya. Hal ini karena Gorosei adalah bagian dari World Government yang sangat berkuasa di dunia One Piece. Karena itulah, Vegapunk membuat Gorosei berada di hierarki paling tinggi. Karena Gorosei yang paling tinggi di hierarki Seraphim, artinya masuk akal jika kemudian dia yang memberikan perintah terhadap Seraphim tersebut.

Petunjuknya ada di chapter 1075 kemarin. Ketika Shaka tidak mampu untuk memberikan perintah kepada Seraphim agar berhenti menyerang, dia kemudian mengatakan bahwa kemungkinan Vegapunk yang asli yang memberikan perintahnya. Tetapi, melihat bagaimana para satelit tersebut tidak berkutik untuk memberikan perintah maka besar kemungkinan yang memberikan perintah adalah Gorosei yang sudah berhasil menyusup ke pulau Egghead.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.