Terdapat beberapa fakta menarik mengenai kekuatan dari buah iblis Jewelry Bonney yang sangat misterius sampai saat ini dalam cerita One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Jewelry Bonney memiliki kekuatan buah iblis yang sangat luar biasa. Namun, sampai sekarang, Oda Sensei masih belum mengungkapkan apa sebenarnya nama buah iblis tersebut. Satu hal yang pasti, buah iblisnya berjenis Paramecia.

Kekuatan buah iblis Bonney sendiri pertama kali diperlihatkan dalam arc Sabaody, ketika bajak laut Worst Generation diperkenalkan kepada para fans. Bonney sendiri memang jarang muncul dalam cerita, sampai kemudian dia kembali di arc Egghead dan jadi salah satu karakter utama dalam arc ini. Dan kita pun kembali melihat berbagai kekuatan dahsyat dari buah iblisnya. Berikut adalah berbagai fakta menarik yang sudah terungkap dari buah iblis Bonney.

Mampu Memanipulasi Usia

Ini adalah kekuatan utama dari buah iblis Bonney. Buah iblis ini bertipe Paramecia ini bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lainm bahkan penggunanya. Hal ini bisa kita lihat ketika Bonney mampu berubah wujud menjadi anak kecil atau orang tua dalam waktu yang sekejap. Saat berada di kepulauan Sabaody dia menunjukan kekuatannya dengan mengubah para angkatan laut menjadi bayi atau orang tua.

Dalam arc tersebut, kita melihat bagaimana Bonney berubah menjadi anak kecil demi melindungi Zoro. Kemudian dalam arc Reverie dia sempat berubah menjadi sosok nenek tua bernama Connie. Hal ini pun memunculkan pertanyaan di kalangan fans apakah Bonney memang benar-benar masih muda atau dia sebenarnya memanipulasi usianya sendiri untuk terlihat muda.

Tidak Terpengaruh Haki

Kekuatan buah iblis Bonney ini ternyata tidak terpengaruh oleh Haki atau dalam hal ini kekuatan buah iblisnya mampu melampaui Haki. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Luffy dan Jinbe mampu terkena efek buah iblisnya. Mereka tiba-tiba berubah menjadi sosok anak kecil dan juga sosok orang tua. Artinya, kekuatan buah iblis ini jauh melebihi kemampuan Haki.

Bahkan, bisa dikatakan level tertinggi Armament Haki pun nampak tidak mampu menghalangi efek dari buah iblis tersebut. Masih belum diketahui apa yang kemudian menjadi rahasia dari buah iblisnya sehingga kekuatannya bisa melebihi kekuatan Haki. Mudah-mudahan saja Vegapunk akan mulai mengungkapkan misteri kekuatan Bonney ini.

Emosi Sangat Berpengaruh

Sebenarnya, masih belum ada konfirmasi apa yang kemudian membuat Bonney memutuskan untuk merubah seseorang menjadi tua atau anak kecil. Namun, dari apa yang diperlihatkan di chapter 1064 bisa kita simpulkan jika emosi dari Bonney sangat berpengaruh terhadap kekuatan buah iblisnya. Dalam chapter tersebut, diperlihatkan bagaimana Bonney sangat sedih melihat Pacifista Kuma.

Bonney juga sangat sedih ketika kemudian Luffy berusaha menghancurkan Pacifista tersebut. Dia kemudian menangis sambil meminta Luffy untuk tidak menyakiti ayahnya. Namun, hal itu membuatnya justru terjebak di tengah-tengah serangan sampai kemudian Luffy menyelamatkannya. Setelah semuanya selesai, kita melihat Luffy, Chopper, Bonney, dan Jinbe berubah penampilannya.

Bukan Hanya Usia

Fakta terbaru tentang kekuatan buah iblis Bonney muncul di chapter 1072 kemarin, ketika Bonney berusaha untuk menghabisi nyawa Vegapunk. Ketika Bonney menemukan ruangan yang menyimpan kenangan dari Kuma, dia pun berusaha untuk membukanya. Karena tertutup rapat, Bonney kemudian merubah tubuhnya menjadi sosok yang kekar dan sangat kuat sehingga menghancurkan alatnya.

Hal ini seolah membuktikan jika Bonney ternyata bukan hanya mampu mengubah usia dari seseorang atau dirinya sendiri, dia juga bisa mengubah ukuran tubuh sesuai yang dia inginkan. Misalnya, merubah tubuhnya menjadi sosok yang berotot. Masih belum diketahui apakah dia juga bisa melakukan hal yang sama terhadap tubuh orang lain.

Mengubah Usia Jadi Benda

Fakta baru lainnya dari kekuatan buah iblis Bonney adalah ternyata dia mampu mengubah usia seseorang menjadi benda. Apa maksudnya? Dalam chapter 1072, Bonney berusaha mengejar Vegapunk untuk dihabisi nyawanya. Dan upayanya kemudian berhasil. Dengan menggunakan tongkat laser yang dia temukan sebelumnya, Bonney kemudian menghajar Vegapunk.

Yang menarik dari momen itu adalah ketika kemudian Bonney menghajar Vegapunk, dia kemudian berubah menjadi sosok anak kecil. Selain itu, dari tubuhnya keluar benda dengan berbagai macam bentuk yang sangat mirip dengan perhiasan. Menurut penjelasan Bonney itu adalah usia dari Vegapunk. Artinya, sama halnya seperti Kuma, Bonney memiliki kemampuan untuk mengubah sesuatu yang tidak berwujud – yang dalam hal ini adalah usia – menjadi sesuatu yang nyata.

Sampai saat ini Eiichiro Oda masih belum mengungkapkan informasi mengenai buah iblis milik Bonney, termasuk namanya. Baru sedikit informasi yang diketahui tentang buah iblisnya. Meskipun begitu, terdapat berbagai fakta-fakta menarik dari buah iblisnya yang sudah muncul di sepanjang ceritanya. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera memberikan informasi terkait buah iblis Bonney ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.