Kang the Conqueror saat ini kemungkinan sedang siapkan Battleworld di timeline MCU untuk kemudian muncul di film selanjutnya. Phase 5 dari Marvel Cinematic Universe akan segera dimulai pada bulan ini melalui penayangan perdana film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Film ini merupakan film sekuel dari dua film Ant-Man sebelumnya, yang akan kembali memperlihatkan petualangan Scott dan Hope di Dunia Quantum.

Yang menarik dari film tersebut adalah bagaimana kita akan diperkenalkan dengan beberapa villain baru, yaitu M.O.D.O.K. dan Kang the Conqueror. Kemunculan Kang di film ini akan menjadi awal untuk peran besar kedepannya di mana dia akan jadi villain utama di Multiverse Saga ini. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Kang saat ini sedang siapkan Battleworld.

Apa Itu Battleworld

Dalam cerita komiknya, setelah kehancuran Multiverse akibat peristiw Inkursi, Doctor Doom kemudian mencuri kekuatan dari the Beyonder melalui sosok Molecule Man. Dia kemudian mengambil beberapa potongan wilayah dari berbagai universe yang hancur untuk kemudian disatukan menjadi sebuah dunia yang baru. Dan dunia yang baru inilah yang kemudian dikenal dengan nama Battleworld.

Battleworld, sesuai namanya, pada awalnya merupakan sebuah tempat yang sangat kacau akibat pertempuran dan peperangan yang tiada akhir. Namun, pada akhirnya, Doom berhasil untuk menghadirkan ketertiban di dunia tersebut. Dia bahkan menganggap dirinya sebagai “God Emperor” di dunia tersebut, sampai kemudian Molecule Man memberikan kekuatan dari The Beyonder tersebut kepada Reed Richard. Dia pun kemudian mengembalikan semuanya seperti semula.

Mengapa Kang Ciptakan Battleworld

Dalam teorinya dijelaskan jika Doctor Strange bertanggung jawab dalam terciptakan sebuah Absolute Poin di timeline MCU pasca apa yang terjadi dengan Decimation Thanos di Avengers: Infinity War. Strange mampu melakukan hal tersebut berkat mantra yang dia gunakan dengan memanfaatkan Time Stone dan juga Infinity Stones lainnya, yang mana tindakan tersebut membuat waktu di timeline MCU berhenti demi memastikan kemenangan para Avengers terhadap Thanos.

Tetapi, yang mungkin tidak Strange sadari adalah apa yang dia lakukan nyatanya berdampak juga ke timeline lain, termasuk timeline dari Kang. Karena, dalam cerita di series What If…? dijelaskan tidak peduli apa pun yang dilakukan oleh seseorang, orang tersebut tidak akan mampu untuk mengubah Absolute Point di timeline itu. Artinya, Kang akan terus gagal untuk menghentikan Thanos melakukan Decimation dan terjebak di timelinenya untuk melakukan hal yang sama terus menerus selamanya.

Lalu, apa alasan Kang ciptakan Battleworld? Kang kemungkinan ingin keluar dari timelinenya setelah terjebak akibat ulah Strange. Dan caranya adalah dengan membangun sebuah dunia baru dan juga realita baru. Dunia baru tersebut tidak lain adalah Battleworld. Alasan lainnya adalah kemungkinan Kang memang sengaja membangun Battleworld.

Mengapa? Melihat sosoknya yang sangat narsistik, Kang ingin membuktikan kepada semua orang bahwa dia memang bisa melakukan hal tersebut. Dia juga bisa jadi ingin menjadi sosok penguasa di sebuah dunia yang dia ciptakan sendiri. Selama di Phase 5 dan 6 nanti kita mungkin akan melihat bagaimana Kang coba untuk mewujudkan rencananya tersebut dengan terlibat dalam berbagai peristiwa.

Bagaimana Kang Ciptakan Battleworld

Dengan Kang yang tidak bisa berbuat banyak untuk merubah apa pun yang ada di timeline miliknya, bagaimana kemudian dia bisa membangun atau ciptakan Battleworld? Tidak lain adalah memanfaatkan berbagai hal yang berasal dari timeline lainnya. Dan sejauh ini, sudah ada benda-benda epik yang diperkenalkan di sepanjang Phase 3 dan 4 kemarin.

Contohnya adalah gelang ajaib dan misterius Ten Rings milik Shang-Chi. Dalam mid-credit di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Ring, Wong menyebutkan jika gelang tersebut merupakan benda yang sangat kuat. Bruce Banner sendiri menyebutkan jika gelang-gelang tersebut jauh lebih tua dari Wenwu. Wong melihat bahwa ada tanda yang mengirimkan sinyal di dalam gelang tersebut.

Bisa jadi, tanda tersebut bukan mengirimkan sinya ke sebuah tempat melainkan ke sebuah masa atau waktu. Tepatnya, sinyal tersebut dikirimkan ke sosok Kang di masa depan atau yang saat ini berada di Dunia Quantum. Mengingat Kang adalah penjelajah waktu, tidak mustahil jika kemudian Ten Rings sebenarnya adalah benda ciptaannya yang kemudian jatuh ke tangan Wenwu. Dengan Shaun menggunakan kekuatannya melalui gelang ini, dia tidak sadar sudah jadi bagian dari rencana Kang.

Selain gelang milik Shang-Chi, gelang milik nenek Kamala Khan juga bisa jadi terhubung dengan rencana besar dari Kang. Seperti yang diperlihatkan di series Ms. Marvel, gelang tersebut bisa membuat penggunanya melakukan perjalanan waktu. Artinya, gelang tersebut memiliki teknologi dan juga kekuatan yang tidak biasa yang bisa jadi itu adalah buatan dari Kang. Yang terakhir adalah Kang bisa memanfaatkan energi yang ada di dalam Dunia Quantum.

Energi Dunia Quantum memang dikenal sangat dahsyat. Dalam film Ant-Man and The Wasp sendiri diketahui jika energi dari dunia tersebut jadi satu-satunya cara untuk menyembuhkan “penyakit” di tubuh Ghost. Dan Janet Van Dyne, yang sudah terjebak di Dunia Quantum selama 30 tahun, ternyata sudah mengumpulkan energi tersebut di tubuhnya yang kemudian dia salurkan kepada Ghost. Dan akhirnya, dia pun sembuh dari kondisinya yang mengerikan itu.

Kang akan memanfaatkan energi dari Dunia Quantum tersebut untuk menstabilkan seluruh potongan realita yang dia ambil untuk kemudian dijadikan Battleworld. Mungkin, inilah alasannya mengapa dia terjebak (atau sengaja terjebak) di dunia Quantum. Dia melakukan hal tersebut untuk menyerap energi yang ada di sana demi menjalankan rencana besarnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Kang akan mampu untuk kemudian menciptakan sebuah dunia sesuai yang dia inginkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.