Meskipun Marvel Cinematic Universe (MCU) banyak menghadirkan pertarungan epik dari para karakternya, namun ada beberapa pertarungan tersebut terjadi secara off-screen alias tidak dihadirkan dalam ceritanya. Pertarungan yang tidak diperlihatkan tersebut biasanya merupakan pertarungan yang terjadi pada masa lalu salah satu karakter atau terjadi dalam sebuah peristiwa. Bisa jadi ada alasan tersendiri mengapa kemudian pertarungan tersebut tidak diperlihatkan.

Sebagai sebuah jagat sinematik yang menghadirkan para pahlawan dari Marvel Comics, MCU merupakan tempat yang banyak menyuguhkan pertarungan menarik dalam ceritanya. Kita bisa melihat bagaimana pertarungan Tony Stark dan juga Captain America dan Bucky Barnes dalam film Captain America: Civil War, yang jadi salah satu pertarungan ikonik. Namun, ada juga beberapa pertarungan yang terjadi secara off-screen. Apa saja?

Thanos vs Nova Corps

Salah satu pertarungan epik yang terjadi secara off-screen di MCU adalah ketika Thanos bertarung menghadapi seluruh Nova Corps di planet Xandar. Saat itu, Thanos ke planet tersebut untuk menghancurkan planet tersebut dan mencuri salah satu Infinity Stones, yaitu Power Stones. Bagaimana kemudian Thanos bisa melakukannya masih jadi pertanyaan para fans.

Sebagian fans meyakini jika kekuatan dahsyat dari Thanos dan juga para anak buahnya tidak mampu dibendung atau ditandingi oleh para Nova Corps. Meskipun begitu, para fans tetap penasaran dengan pertarungannya. Mereka ingin tahu bagiamana kemudian  Thanos mampu untuk bisa menang menghadapi pasukan penjaga alam semesta tersebut. Mereka juga penasaran dengan kemunculan para Nova Corps di MCU.

Isaiah Bradley vs Bucky Barnes

Karakter Isaiah Bradley pertama kali diperkenalkan dalam TV series Falcon and the Winter Soldier. Saat itu, Sam mencoba untuk mencari dukungan dan informasi mengenai Captain America berkulit hitam pertama yang faktanya ditutupi oleh pihak pemerintah. Dan sosok tersebut adalah Isaiah Bradley. Dalam percakapannya dengan Sam Wilson, Isaiah sempat bercerita tentang pertarungannya dengan Bucky Barnes.

Isaiah menjelaskan bahwa pada perang dunia kedua Winter Soldier menjadi sosok yang menakutkan bagi para tentara Amerika. Semua agen yang dikirim untuk menghadapinya tidak pernah kembali. Sampai kemudian mereka mengirim Isaiah Bradley. Dia mengaku sempat berhasil mencabut lengan besi milik Winter Soldier, namun Bucky berhasil kembali menggunakannya. Hal ini seolah memberikan sinyal jika Isaiah Bradley jauh lebih kuat dari sang Winter Soldier.

Captain Marvel vs Supreme Intelligence

Supreme Intelligence merupakan pemimpin tertinggi dari bangsa Kree, seperti yang diperlihatkan dalam film Captain Marvel. Yang menarik adalah Supreme Intelligence sendiri bukanlah manusia, melainkan sebuah komputer super cerdas yang kemudian menggunakan tubuh orang lain sebagai wadahnya. Dia yang mengatur semua hal yang ada di planet Hala, rumah bagi bangsa Kree.

Bahkan, dia juga yang kemudian mencuci otak Carol Danvers sampai kemudian Carol sadar bahwa Supreme Intelligence yang mengatur semuanya. Pasca pertarungan Carol dengan Yon-Rogg, yang dimenangkan oleh Carol setelah dia memiliki kekuatan kosmik, dia mengatakan akan menghancurkan Supreme Intelligence. Namun, sampai sekarang Marvel tidak memperlihatkan seperti apa pertarungannya.

Natasha Romanoff vs Bucky Barnes

Pertarungan epik yang terjadi secara off-screen di MCU selanjutnya adalah Black Widow vs Winter Soldier. Natasha Romanoff merupakan mantan agen Black Widow yang kemudian menjadi bagian dari Avengers. Sebelumnya, dia bekerja untuk pihak USSR sebagai agen rahasia. Dalam film Captain America: The Winter Soldier, Natasha sempat berbincang dengan Steve Roger di rumah sakit. Dia bercerita tentang pengalamannya bertarung menghadapi Bucky Barnes alias Winter Soldier.

Menurut penjelasan Natasha, sekitar lima tahun sebelumnya, dia sedang menjalankan misi untuk melindungi seorang insinyur nuklir dari Iran. Namun, seseorang kemudian menembak ban mobilnya dan kemudian terjatuh ke jurang. Ketika Natasha berhasil menyelamatkan diri, dia kemudian melihat sosok Winter Soldier. Dia langsung melindungi sang insinyur dan bertarung dengan Winter Soldier. Natasha kemudian memperlihatkan bekas tembakan dari Bucky.

Thanos vs Thor

Di akhir film Thor: Ragnarok kita melihat bagaimana kapal milik Thanos, Sanctuary II, bertemu dengan kapal yang berisi para pengungsi Asgard. Ceritanya sendiri kemudian dilanjutkan di awal film Avengers: Infinity War. Namun, dalam momen tersebut kita tidak diperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi sebelumnya. Karena, adegannya sendiri memperlihatkan keadaan di kapal tersebut sudah hancur.

Nampak banyak bagian kapal yang rusak, pasukan Asgard yang kalah, dan Thanos begitu memegang kendali. Yang paling menyita perhatian adalah bagaimana Thor diperlihatkan kalah dan babak belur, Heimdall terluka parah, dan banyak penduduk Asgard yang tewas. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi masih jadi misteri. Namun, bisa jadi Thanos menggunakan Infinity Stones untuk menambah kekuatannya.

Hulk vs Peserta Turnamen di Sakaar

Pasca pertempuran besar di Sokovia dan kekalahan Ultron, Hulk memutuskan untuk melupakan Black Widow dan seluruh dunia. Dia tidak ingin melukai orang-orang atau menjadi senjata bagi prang lain. Bruce Banner pun kemudian mengasingkan diri dengan pergi ke luar angkasa dan masuk ke berbagai wormholes yang membuat dia kemudian tiba di planet Sakaar.

Selama dua tahun, Bruce Banner berada di bawah kekuasaan dari Grandmaster dan Bruce menjadi jawara bagi Grandmaster. Namun, yang menjadi pertanyaan banyak fans adalah bagaimana Hulk bisa jadi jawara atau jagoan dari Grandmaster? Bagaimana kemudian dia mengalahkan para peserta turnamen yang ada di Sakaar? Apakah Bruce terus merasa emosi selama berada di planet tersebut?

Red Guardian vs Captain America

Red Guardian merupakan karakter pahlawan ciptaan USSR yang menjadi jawaban bagi pihak Uni Soviet atas kemunculan Captain America. Karakternya sendiri diperkenalkan dalam film Black Widow yang rilis 2021 kemarin. Dalam film tersebut kita melihat reuni dari “keluarga” antara Natasha Romanoff, Yelena, Melina, dan juga Alexei. Namun, dalam film tersebut terdapat juga fakta menarik.

Alexei menjelaskan jika dia pernah bertarung menghadapi Captain America dan bahkan menjadi rivalnya. Namun, Steve Rogers sendiri diketahui dalam kondisi membeku saat Alexei menjadi Red Guardian dan aktif sebagai tentara. Hal ini kemudian memunculkan teori jika mungkin ucapan Alexei ada benarnya, di mana di era 80an dia pernah bertarung menghadapi Captain America. Namun, apakah sosok Captain America tersebut adalah Steve Rogers atau Isaiah Bradley masih belum diketahui.

Loki vs Thor

Loki dan Thor merupakan kakak beradik yang diperkenalkan di film Thor. Loki sendiri merupakan anak angkat dari Odinson, di mana saat masih bayi Odin memutuskan untuk mengangkatnya menjadi anak. Loki sendiri merupakan keturunan dari Frost Giant, yang notabene adalah musuh dari para penduduk Asgard. Meskipun begitu, Loki tetap dianggap seperti anaknya sendiri.

Namun, sayangnya, hal itu berubah sejak kemunculan Thor. Loki menganggap jika Odin tidak pernah peduli atau memperhatikannya. Kecemburuan terhadap Thor membuat mereka sering bertarung satu sama lain. Bahkan, Thor mengaku jika Loki pernah menusuknya. Banyak pertarungan antara Loki dan Thor yang tidak dihadirkan oleh MCU yang mana disayangkan oleh para fans.

Clint Barton vs Natasha Romanoff

Pertarungan epik yang terjadi secara off-screen di MCU yang terakhir adalah Clint Barton vs Natasha Romanoff. Rasanya Geeks sudah tidak asing dengan persaingan atau pertarungan antara Clint dan Natasha. Seperti yang kita tahu, Clint sempat bekerja untuk S.H.I.E.L.D. sebelum kemudian dia bergabung menjadi anggota Avengers.

Namun, dia kemudian bertemu dengan Natasha yang mana saat itu Natasha masih jadi agen bagi pihak Rusia. Clint sendiri kemudian berhasil menyadarkan Natasha jika apa yang dia lakukan salah. Banyak pertarungan yang tentunya terjadi diantara mereka dan tidak pernah diperlihatkan oleh MCU, baik dalam sebuah adegan kilas balik sekali pun. Misalnya mengenai apa yang terjadi di Budapest.

Mungkin, ada alasan tersendiri mengapa pihak Marvel memutuskan untuk tidak menghadirkan berbagai pertarungan di atas. Misalnya karena durasi, konteks cerita, dan sebagainya. Meskipun begitu, para fans sendiri tetap menyayangkan hal tersebut. Karena, beberapa pertarungan yang tidak dihadirkan tersebut nyatanya memberikan dampak besar terhadap keseluruhan cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.