Namor the Sub-Mariner memiliki tim Avengers bawah laut miliknya sendiri untuk membantunya berperang menghadapi para manusia di daratan yaitu The Defenders of the Deep. Tim ini sengaja dibentuk oleh Namor karena kebenciannya terhadap para manusia di daratan yang sudah sangat merusak laut. Sejak kemunculannya di Marvel Comics, Namor sudah banyak bergabung dengan banyak kelompok.

Avengers sendiri adalah salah satu kelompok pahlawan yang pernah merekrut Namor dan cukup banyak cerita yang menghadirkan sang karakter bawah laut itu bersama tim Avengers. Padahal, Namor sendiri sebenarnya bukanlah pahlawan. Namun, yang menarik adalah ternyata dia juga pernah membuat tim miliknya sendiri yang membantunya untuk mewujudkan tujuannya yaitu The Defenders of the Deep. Namun, apa sebenarnya kelompok tersebut?

“Avengers” Bentukan Namor

Dalam cerita di komik Avengers #9 yang ditulis oleh Jason Aaron dan David Marquez, Namor memutuskan untuk menyatakan perang terhadap para manusia di daratan. Hal ini bukan tanpa sebab. Sebelumnya, perusahaan multi-nasional, Roxxon, diketahui sudah menghabisi nyawa penduduk Atlantis dan membuang jenazahnya. Hal itu membuat Namor tidak tinggal diam.

Dia pun kemudian menculik tiga pegawai Roxxon dan mengancam akan menghabisi mereka. Mengetahui situasi ini, Avengers akhirnya turun tangan. Namor sendiri masih tetap dengan pendiriannya, namun Captain America berusaha untuk meyakinkan Namor untuk membebaskan para sandera. Sayangnya, perundingan tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Namor pun kemudian memperkenalkan tim “Avengers” miliknya sendiri yang berisi para karakter bawah laut yaitu The Defenders of the Deep. Mereka pun menyatakan perang terhadap seluruh manusia dan penghuni daratan. Bukan hanya itu, Namor juga menyatakan jika laut tidak boleh didatangi oleh manusia daratan. Jika hal itu terjadi, maka mereka akan berhadapan dengan The Defenders of the Deep.

The Defenders of the Deep diperlihatkan berhasil menghancurkan sebuah kapal selam milik Russia di Laut Hitam. Mereka juga menyerang stasiun penelitian bawah laut Hydropolis. Dan puncaknya adalah ketika kelompok ini akhirnya harus bentrok dengan tim Avengers. Seperti disebutkan di atas, Namor adalah karakter yang sudah sejak lama muncul di Marvel Comics dan sudah banyak bergabung dengan tim pahlawan. Namun The Defenders of the Deep adalah kelompok pahlawan yang benar-benar dia bentuk sendiri dan pimpin.

Para Karakter Terkuat Lautan

Seperti halnya para Avengers, yang merupakan kumpulan dari para pahlawan terkuat bumi, The Defenders of the Deep juga berisi para karakter yang memang dikenal memiliki kekuatan dahyat apalagi ketika berada di lautan. Lalu, siapa saja mereka?

Andromeda

Andromeda merupakan teman seperjuangan dari Namor, di mana dia juga sama-sama membenci para manusia daratan. Sebagai salah satu ksatria di Atlantis, Andromeda berusaha untuk melindungi orang-orangnya dari berbagai ancaman terutama manusia. Andromeda diketahui memiliki kemampuan untuk bisa hidup di darat atau di laut, berkat bantuan serum khusus.

Andromeda diketahui memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, di atas kemampuan fisik penduduk Atlantis pada umumnya. Dia juga mampu untuk melihat secara jelas di kegelapan bawah laut, meskipun tidak ada lampu sama sekali. Sebagai putri dari Attuma, Andromeda mendapatkan pelatihan luar biasa untuk menjadi seorang petarung handal.

Manowar

Manowar adalah hewan laut berbentuk ubur-ubur. Namun, dia merupakan ubur-ubur yang terkena mutasi sehingga mengalami berbagai bentuk perubahan fisik. Misalnya ukuran tubuhnya yang membesar. Manowar sebenarnya merupakan bagian dari kelompok teroris bawah laut yaitu Fathom Five. Kelompok tersebut sengaja berbuat onar dan menyebarkan teror di daratan.

Manowar sendiri pertama kali muncul pada 2004 silam dalam komik New Thunderbolts #1. Sebagai ubur-ubur yang bermutasi, Manowar memiliki kemampuan untuk memperkuat atau mengatur membran kulitnya. Hal itu membuat Manowar bisa menangkap dan kemudian menerkam musuhnya. Dia juga bisa mengeluarkan listrik dengan daya 2.000 volt yang bisa membuat siapa pun tidak sadar secara seketika.

Echidna

Seperti halnya sosok dalam cerita mitologi, Echidna merupakan karakter yang memiliki julukan “Ibu dari segala monster.” Hal ini bukan tanpa sebab memang, karena baik di Marvel Comics atau pun dalam cerita mitologinya dia melahirkan banyak monster. Bahkan, berdasarkan informasinya, Echidna merupakan karakter yang bertanggung jawab atas lahirnya sosok iblis jahat tertua di bumi Chthon. Meskipun begitu, Echidna sendiri diketahui tidak memiliki kekuatan fisik atau apa pun selain keabadian. Namun, Echidna sendiri memiliki penampilan yang mengerikan dan tidak ragu untuk menghabisi manusia.

Bloodtide

Bloodtide merupakan salah satu penduduk Atlantis yang kemudian bermutasi akibat polusi yang terjadi di laut. Mutasi tersebut membuat Bloodtide mendapatkan kemampuan untuk bisa mengendalikan arus laut dan kemudian menembakan serangan air. Seperti halnya Manowar, Bloodtide juga tergabung dalam kelompok teroris bawah laut Fatom Five.

Kemampuan Bloodtide sendiri sangat luar biasa, di mana dia bisa tahan terhadap tekanan arus laut yang sangat keras. Dia juga bisa berenang dengan cepat dan melihat di bawah air. Tetapi, yang luar biasa adalah bagaimana Bloodtide mampu untuk membangkitkan hewan laut yang sudah tewas. Hal ini berkat mutasi dalam dirinya.

Orka

Orka pada awalnya merupakanpasukan dari kerajaan Atlantis dan pengikut setia dari Krang. Orka terus menjadi pengikut Krang meskipun dia sudah diasingkan dari Atlantis oleh Namor. Krang sendiri kemudian bertemu dengan sebuah tempat tersembunyi milik Doctor Dorcas, ketika Krang sedang mencari harta karun. Keduanya kemudian bekerja sama di mana Krang akan membantu Doctor Dorcas menyediakan subyek penelitiannya.

Dan subyek penelitian yang diberikan kepada Doctor Dorcas sendiri adalah Orka. Dorcas kemudian mulai memindahkan kekuatan dan kemampuan dari seekor paus pembunuh ke otak Orka, di mana dia kemudian mulai tumbuh menjadi sosok yang mengerikan. Seperti halnya Namor, Orka merupakan salah satu karakter yang cukup sering muncul di komiknya.

Tiger Shark

Todd Arliss awalnya adalah seorang perenang handal, sampai kemudian dia terluka di bagian punggungnya saat menolong seseorang yang jatuh ke laut. Todd kemudian diberitahu jika dia tidak bisa lagi berenang. Namun, Dr. Lemuel Dorcas kemudian menjanjikan Todd jika dia bisa membantunya untuk kembali berenang. Dorcas kemudian menjadikan Todd sebagai subyek percobaannya dengan menggunakan “morphotron.”

Pada intinya, Doctor Dorcas melakukan rekayasa genetik terhadap Todd dengan memadukan DNA dari hiu macan dan juga milik Namor. Efeknya, Todd kemudian berevolusi menjadi manusia ikan. Dia juga memiliki kekuatan super lainnya, seperti kekuatan fisik yang dahsyat.

Karakter lain

Selain para karakter di atas ada juga beberapa nama lain yang jadi bagian dari The Defenders of the Deep, seperti King Crab yang sengaja diciptakan khusus untuk tim tersebut oleh pihak Marvel. Ada juga The Piranhas, yang merupakan kelompok ikan piranha besar yang bermutasi jadi sosok mengerikan.

Bisa Muncul di MCU?

Secara garis besar The Defenders of the Deep adalah Avengers dari bawah laut. Sejauh ini, Marvel Studios sudah memiliki rencana untuk menghadirkan kelompok lain dari tim pahlawan seperti Thunderbolts. Namun, sudah diperkenalkannya Namor di film Black Panther: Wakanda Forever kemarin, dan bagaimana Namor memiliki dendam terhadap manusia, ini bisa jadi jalan untuk kemunculan tim tersebut.

Tentunya akan sangat menarik dan menghadirkan warna yang berbeda jika kemudian MCU berani untuk menghadirkan timnya, meskipun untuk peran yang sangat kecil dan singkat. Di sisi lain, ini juga bisa jadi jalan untuk memperkenalkan karakter bawah laut lainnya di MCU yang akan semakin memperluas dan memperkaya karakter di MCU. Dengan menggunakan CGI yang baik, Marvel Studios rasanya bisa menghadirkan mereka dalam versi live-action.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.