Di jagat kosmik Marvel terdapat benda atau artefak dahsyat yang dikenal sebagai sebagai Black Vortex. Meskipun memiliki kekuatan dahsyat, Black Vortex nyatanya sering menghadirkan kekacauan dan kehancuran bagi banyak orang. Benda-benda atau artefak kosmik yang ada di Marvel Universe seringkali menjadi masalah besar atau penyebab berbagai hal mengerikan.

Hal inilah yang dirasakan oleh tim mutan X-Men dan juga Guardians of the Galaxy ketika mereka menemukan salah satu artefak tersebut, yaitu Black Vortex. Artefak ini menjadi rebutan banyak pihak karena kekuatannya yang sangat dahsyat. Namun, mungkin sebagian Geeks baru mendengar tentang artefak kosmik ini. Lalu, apa sebenarnya Black Vortex dan apa kekuatannya?

Artefak Ciptaan Celestials

Black Vortex merupakan salah satu benda atau artefak yang diciptakan oleh entitas kosmik Celestials sekitar 12 miliar tahun yang lalu. Sosok Celestial yang menciptakan benda ini bernama Godhead. Yang menarik adalah Godhead tidak serta merta membuat artefak tersebut, tetapi merupakan keinginan dari seorang bernama Gara. Gara sendiri adalah seorang alien dari bangsa Viscardi.

Alasan kemudian Gara ingin Godhead menciptakan Black Vortex adalah karena dia dan bangsa Viscardi ingin memiliki kemampuan yang dahsyat untuk bisa mengeksplor potensi yang ada dalam diri mereka. Black Vortex sendiri merupakan benda kosmik yang memiliki bentuk mirip seperti cermin. Namun, terdapat hal luar biasa yang kemudian muncul dari dalam cermin tersebut.

Black Vortex akan memperlihatkan sosok yang berkaca di cermin tersebut dalam versi kosmik. Selain itu, mereka juga akan mampu melihat berbagai kemungkinan yang akan terjadi jika kemudian mereka memiliki kekuatan kosmik. Tetapi, untuk bisa mendapatkan kekuatan dahsyat tersebut ada sebuah syarat yang harus dipenuhi. Seseorang perlu “menyerahkan diri” mereka terhadap cermin ajaib tersebut.

Gara adalah makhluk pertama yang kemudian menyerahkan diri kepada Vortex dan merasakan kekuatan dahsyat dari cermin tersebut. Melihat kehebatan dan kekuatan Gara, akhirnya para bangsa Viscardi lainnya pun coba mengikuti jejak Gara. Dan efeknya memang dahsyat, di mana mereka secara ajaib langsung mendapatkan peningkatan kekuatan kosmik

Jadi Penyebab Berbagai Kehancuran

Sayangnya, dengan kekuatan dan kedahsyatan yang dimiliki dan dihasilkan oleh Black Vortex justru hal tersebut jadi penyebab kehancuran yang ada di Marvel Universe. Misalnya, ketika semua bangsa Viscardi memiliki kekuatan kosmik berkat Black Vortex yang terjadi mereka justru saling serang satu sama lain. Mereka semua terpecah-belah yang akhirnya hanya tersisa Gara seorang.

Black Vortex sebenarnya sempat berhasil disembunyikan selama miliaran tahun, sebelum kemudian kembali muncul di planet Kymelia III. Hal ini karena Thane, anak dari Thanos, bekerja sama dengan Mister Knife alias J’Son, ayah dari Star-Lord, untuk menemukan artefak tersebut. Mereka sengaja mencari keberadaan Black Vortex untuk kepentingan mereka sendiri.

Setelah berhasil mendapatkan Black Vortex, J’Son langsung mengubah para anak buahnya yaitu Slaughter Squad. Dia sempat berencana untuk mengubah Thane menjadi sosok kuat demi kepentingan pribadinya. Namun, sebelum itu terjadi Star-Lord dan Kitty Pride sempat berhasil membawa kabur Black Vortex untuk disembunyikan. Sadar lawan yang mereka hadapi, akhirnya keduanya meminta bantuan tim pahlawan lain X-Men dan Guardians of the Galaxy.

Mereka pun akhirnya bertarung menghadapi Thane, J’Son, dan kru Slaughter Squad demi melindungi Black Vortex. Sayangnya, pertarungan tersebut justru jadi kehacuran bagi planet Haala yang jadi rumah bagi bangsa Kree. Namun, pada akhirnya, kedua villain tersebut berhasil dikalahkan. Gara pun kemudian membawa pergi Black Vortex ke tempat yang aman agar tidak ada lagi yang menggunakan kekuatannya.

Para Karakter Yang Gunakan Black Vortex

Selain Gara dan juga bangsa Viscardi, terdapat beberapa karakter yang memutuskan untuk menyerahkan diri mereka dan merasakan kekuatan dahsyat yang diberikan oleh Black Vortex. Misalnya, seperti yang disebutkan di atas yaitu Thane. Tim Guardians of the Galaxy seperti Gamora dan Groot juga pernah menggunakan kekuatan ini. Dan tidak ketinggal tim X-Men.

Beberapa anggota tim X-Men yang mendapatkan kekuatan dari Black Vortex adalah Kitty Pride, Iceman, Angel, dan Cyclops. Beberapa karakter lain pun pernah menggunakan kekuatan dahsyat ini, misalnya Ronan the Accuser. Meskipun begitu, terdapat fakta menarik di mana di akhir ceritanya beberapa dari mereka memutuskan untuk melepaskan kekuatan tersebut.

Mereka ingin kembali normal seperti sedia kala sebelum kemunculan artefak ini. Diketahui para karakter yang memutuskan untuk melepaskan kekuatan kosmik dari Black Vortex adalah Kitty Pride, Iceman, Cyclops, Groot, dan Beast. Sementara itu, sisa karakter lainnya memutuskan untuk tetap mempertahankan kekuatan kosmik yang mereka miliki. Gara kemudian menyembunyikan benda ini di sebuah bintang yang tersembunyi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.