Avengers: Secret Wars merupakan film mendatang MCU yang tengah dipersiapkan untuk menjadi penutup epik Multiverse Saga, layaknya Endgame (2019) yang telah menandai akhir dari Infinity Saga. Meskipun jadwal perilisannya masih lama, tetapi banyak sekali rumor tentang film crossover Avengers keenam ini yang sudah menyebar di kalangan penggemar. Salah satu rumor terbarunya bahkan mengklaim bahwa Avengers Secret Wars akan menghadirkan banyak universe dengan konsep yang mirip time travel di Endgame.

Seperti yang kita tahu bersama, film Avengers Endgame sendiri dimulai dengan cerita tentang perjuangan sisa superhero pasca Infinity Wars, yang ingin membalik Thanos Snap. Singkat cerita, dengan pengetahuan Ant-Man tentang Quantum Realm yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah mesin waktu, akhirnya para Avengers bisa melakukan time travel ke berbagai titik masa lalu untuk meminjam Infinity Stones. Cara inilah yang dirumorkan akan kembali dihadirkan di Secret Wars. Bedanya yang akan diperlihatkan nanti bukanlah titik timeline, melainkan universe alternatif di multiverse Marvel.

Rumor yang cukup menarik ini baru saja datang scooper kredibel, Heavy Spoilers. Dalam twit terbarunya, Heavy Spoiler menyatakan, “dari apa yang saya dengar tentang Avengers Secret Wars, mereka pada dasarnya ingin melakukan cara yang sama dengan Endgame, tetapi dengan [perjalanan] multiverse bukan time travel. Alih-alih pergi ke titik penting di MCU, mereka justru akan melakukan perjalanan ke universe Marvel yang lebih luas.”

Yang lebih menariknya lagi, rumor ini ternyata secara tidak langsung telah menguatkan berbagai rumor sebelumnya yang mengatakan bahwa filmnya nanti akan menghadirkan para superhero Marvel non-MCU. Misalnya karakter Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire di Raimi-Verse, di mana sebelumnya dia sudah pernah menampakan dirinya di film Spider-Man No Way Home. Karakter lainnya yang sempat dirumorkan adalah Wolverine dan para X-Men dari Fox-Verse. Wolverine sendiri sebenarnya sudah dipastikan untuk muncul lebih awal di film Deadpool 3 mendatang.

Jika rumor ini benar, artinya film Avengers Secret Wars akan jauh lebih besar dari kisah Endgame yang faktanya sudah cukup epik. Meskipun sejauh ini Marvel Studios masih belum mengeluarkan pernyataan resminya, tetapi cukup masuk akal juga jika skala atau tingkatan film Avengers keenam nanti akan jauh lebih besar dari tayangan sebelumnya. Kita lihat saja nanti pada tangal 1 Mei 2026, apakah benar Avengers Secret Wars akan semeriah rumornya. Semoga saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.