Sebagai seorang raja sekaligus pahlawan Wakanda, sudah menjadi suatu keharusan bagi T’Challa alias Black Panther untuk menjamin kedamaian negara dan semua bangsanya. Jika dahulu dia sering dibantu oleh para Avengers untuk mencapai tujuan tersebut, sayangnya sekarang kondisinya sudah jauh berbeda. Karena di komik Black Panther #12, yang baru saja rilis pada tanggal 21 Desember kemarin, Avengers telah resmi mengeluarkan sang raja Wakanda karena kesalahannya sendiri. Hal inilah yang pada akhirnya memaksa Black Panther untuk mendirikan tim super baru yang setidaknya bisa mengimbangi Avengers.

Bermula dari Penolakan Avengers

Seperti yang sudah disinggung di atas, pembentukan tim super baru yang diprakarsai oleh Black Panther ini bermula karena dia sudah tidak dipercaya lagi oleh para koleganya di Avengers. Di edisi sebelumnya, komik Black Panther #11 karya John Ridley, German Peralta, Ceci De La Cruz, dan Joe Sabino, telah menceritakan bahwa para Avengers harus menghadapi seorang villain bertopeng yang muncul tiba-tiba. Parahnya villain tersebut ternyata mengetahui setiap kelemahan anggota Avengers, sehingga dia mampu mengalahkan para superhero sekelas Captain America, Captain Marvel, dan Thor.

Singkat cerita, akhirnya terungkap bahwa villain bertopeng tersebut adalah Jhai, seorang Wakandan yang pernah mempunyai hubungan dekat dengan T’Challa alias Black Panther. Sekarang, Jhai yang awalnya sempat dikira mati, ternyata telah menjadi pemimpin dari organisasi teroris yang ingin menguasai dunia. Yang lebih berbahayanya lagi, alasan mengapa Jhai bisa mengetahui kelemahan para supehero adalah karena dia berhasil mendapatkan semua informasi intel mengenai Avengers yang sebelumnya sengaja dikumpulkan oleh para mata-mata Wakanda atas perintah Black Panther.

Di komik baru Black Panther #12, karena merasa dikhianati, sebagian besar anggota Avengers ingin Black Panther dikeluarkan dari tim super terbaik Bumi tersebut. Padahal di sisi lain, Black Panther sendiri tengah membutuhkan banyak bantuan agar bisa memburu sekaligus mengalahkan Jhai beserta organisasi terorisnya. Karena sebelumnya saat dia bertarung dengan Jhai sendirian, yang dia dapatkan justru hanya kekalahan telak. Dari sinilah Black Panther mempunyai ide terakhir, yaitu membentuk tim super baru yang terdiri dari para pejuang Wakanda, demi memperbaiki semua kesalahannya.

Terdiri dari Para Pejuang Wakanda

Saat berhasil kembali ke Wakanda dalam keadaan penuh memar dan luka, Black Panther diceritakan langsung mengumpulkan para pejuang dari negerinya dengan bantuan adiknya, Shuri. Di mana mereka akhirnya berhasil merekrut sejumlah manusia super Wakanda, yang diharapkan bisa mengimbangi para Avengers sekaligus mengalahkan kekuatan Jhai. Selain Black Panther dan Shuri, tim super baru yang digadang-gadang sebagai Avengers versi Wakanda ini terdiri dari:

  • Gentle: Seorang mutant Wakanda bernama asli Nezhno Abidemi yang mempunyai kekuatan untuk memperbesar ukuran dan kekuatan otot di sekujur tubuhnya. Di antara semua pejuang yang direkrut oleh Black Panther dan Shuri, hanya Gentle yang sudah pernah muncul di komik Marvel sebelumnya, di mana dia debut di komik New X-Men Vol. 2 #23 (2006).
  • Buffalo Soldier: Mantan penjajah Wakanda yang selalu terlihat mengendarai Bison dan mempunyai sejumlah senjata anti vibranium.
  • Tosin: Pemuda buangan Wakanda yang menato tubuhnya dengan vibranium, seperti ayah dan para leluhurnya. Dengan tato tersebut dia bisa mengubah aliar energi di tubuhnya menjadi sebuah proyektil atau ledakan yang sangat mematikan.
  • Imani: Wakil Perdana Menteri Wakanda.
  • Omolola dan tiga mantan kekasih Bufallo Soldier yang bisa terbang.

Perlu kita catat, karena perkenalan tim super Black Panther ini masih baru, origin dan kekuatan super dari sebagian besar para anggotanya masih banyak yang belum terungkap. Walaupun begitu, Black Panther merasa cukup yakin bahwa dengan ‘Avengers Wakanda’ ini “tidak akan mengecewakan.”

Bisakah ‘Avengers’ Wakanda Kalahkan Jhai?

Dengan terbentuknya tim super baru Black Panther di akhir komik Black Panther #12, sekarang pertanyaannya apakah mereka bisa mengalahkan Jhai dan pasukan terorisnya yang brutal? Mengingat Jhai sebelumnya terbukti bisa mengalahkan para powerhouse Marvel, tentunya hal tersebut bukanlah misi yang mudah bagi Avengers versi Wakanda ini. Apalagi Jhai sendiri diketahui telah mengadopsi cara-cara dan idealisme Black Panther dalam melakukan setiap aksinya.

Walaupun begitu, terlepas dari hilangnya dukungan para Avengers, sekarang Black Panther telah menemukan tim super baru yang mungkin tidak kalah hebat. Alih-alih mengandalkan dewa dan super soldier, kini Black Panther memiliki para pejuang Wakanda yang sepakat untuk melindungi negaranya dengan sekuat tenaga. Jadi walaupun hasilnya masih belum terungkap, setidaknya kita tahu bahwa tim super baru Black Panther ini akan memberikan perlawanan yang sama besarnya dengan tekad mereka.

Itulah pembahasan tentang tim super baru Black Panther yang digadang-gadang sebagai Avengers Wakanda. Meskipun tidak lagi bersama Avengers Amerika, setidaknya sekarang kekhawatiran Black Panther sedikit mereda, karena ada sejumlah pejuang yang berdiri bersamanya. Kita lihat saja nanti seperti apa hasil akhirnya ketika mereka bertempur melawan Jhai. Komik Black Panther #13 sendiri dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 11 Januari 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.