Sudah menjadi rahasia umum bahwa Marvel Universe dipenuhi dengan banyak villain tangguh yang akhirnya dijuluki ‘big bad’ karena telah membawa dampak yang sangat merugikan bagi semestanya. Sebut saja karakter seperti Doctor Doom, Galactus, Mephisto, Chthon, Ego, dan sebagainya, di mana mereka semua sebenarnya sudah cukup mengerikan ketika beraksi sendirian. Menariknya, seakan masih belum cukup mengancam, para big bad villain Marvel ini pernah diceritakan bergabung menjadi satu entitas yang jauh lebih jahat, lebih berbahaya, dan lebih kuat, bernama Mephzoomko-Neg.

Big Bad Villain di Peristiwa Infinity Warps

Pada tahun 2018, ketika jagat sinema MCU sukses dengan film Avengers: Infinity Wars, Marvel Comics juga ikut mengangkat tema yang kurang lebih sama berjudul Infinity Warps. Bedanya di kisah yang melibatkan banyak tim kreatif Marvel Comics ini, sosok yang berhasil mengumpulkan Infinity Stones bukanlah Thanos, melainkan Gamora. Alih-alih menghapus setengah kehidupan seperti keinginan ayahnya, Gamora justru menggunakan kekuatan batu kosmik tersebut untuk melebur Marvel Universe menjadi Warp World. Di mana semua hero dan villain di semestanya melebur menjadi karakter baru.

Dalam kasus villain sendiri ada banyak karakter yang akhirnya bergabung dengan karakter jahat lain dan menjadi sosok baru yang lebih kuat. Misalnya Mephicthton (gabungan iblis Mephisto dan Chthon), Zarrko-Neg (Zarrko alias Tomorrow Man dan Sise-Neg), Doctor Doomactus (Doctor Doom dan Galactus), serta Ego the Stranger Planet (Ego dan Stranger). Karena pada dasarnya mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu membentuk ulang ruang dan waktu sesuai dengan keinginannya sendiri, akhirnya para villain ini memutuskan untuk kembali saling bergabung menjadi sosok yang jauh lebih kuat lagi.

Dimulai dengan Mephicthton dan Zarrko-Neg yang bergabung menjadi entitas kosmik bernama Mephicthzarrko-Neg. Setelah itu mereka juga kemudian memanggil villain gabungan lainnya yang bernama Doomactego (Doomactus dan Ego Stranger), untuk melawan para superhero yang juga menyatukan kekuatan demi menghentikan mereka. Pertemuan antara Mephicthzarrko-Neg dan Doomactego ini akhirnya melahirkan entitas kosmik berkekuatan dahsyat yang bernama Mephzoomko-Neg. Di mana kali ini mereka merasa sangat yakin bisa menguasai Bumi dan seluruh isinya.

Memiliki Kekuatan yang Nyaris Tanpa Celah

Karena pada dasarnya Mephzoomko-Neg adalah mega-villain Marvel yang terbentuk dari 8 villain sekaligus, yaitu Mephisto, Chthon, Tomorrow Man, Sise-Neg, Doctor Doom, Galactus, Ego, dan Stranger, kekuatan kosmik yang mereka miliki jadi nyaris tanpa celah. Adapun kekuatan super yang mereka tunjukan di kisah Infinity Warps terdiri dari kekuatan supernatural Mephisto, chaos magic Chthon, kejeniusan Tomorrow Man, sihir time travel Sise-Neg, kecerdasan teknologi Doom, ketahanan kosmik Galactus, manipulasi materi Ego, dan juga manipulasi energi psionik Stranger.

Dengan semua yang dimilikinya ini, bisa dibilang eksistensi Mephzoomko-Neg secara tidak langsung telah mewakili semua tipe atau jenis villain di Marvel Universe. Karena dia bisa disebut sebagai villain penyihir yang menguasai berbagai tingakat ilmu sihir. Atau dia juga bisa disebut villain super genius yang menguasai banyak ilmu pengetahuan dari berbagai bidang, yang mungkin tidak bisa dimiliki oleh manusia dengan kemampuan otaknya yang terbatas. Bahkan Mephzoomko-Neg bisa disebut sebagai villain kosmik Marvel yang nyaris mahakuasa dengan semua hal mustahil yang bisa dilakukannya.

Hanya Bisa Dikalahkan oleh ‘Fusion’ Avengers

Berdasarkan origin dan juga semua kekuatan dahsyatnya, kemunculan Mephzoomko-Neg ini sebenarnya sudah cukup kuat untuk mengguncang Marvel Universe dan hati semua superhero yang berhadapan dengannya. Sayangnya, saat berhadapan dengan Hammer Supreme (gabungan Black Panther, Ghost Rider, Iron Man, Thor, Spider-Man, Moon Knight, Captain America, dan Doctor Strange), Mephzoomko-Neg malah mengungkap kelemahan fatalnya. Di mana dia bingung dengan jati diri aslinya, karena pada dasarnya Mephzoomko-Neg terdiri dari para villain serakah yang ingin menonjol sendirian.

Hammer Supreme yang justru makin kuat setelah bergabung, karena sebelumnya mereka sering bekerja sama sebagai Avengers, lantas memutuskan untuk menggunakan Soul Stone dan senjata Mjolniron-nya untuk mengurai semua entitas yang ada dalam diri Mephzoomko-Neg. Pada titik inilah Mephzoomko-Neg yang malah bertengkar dengan batinnya sendiri tidak bisa memberikan perlawanan, meskipun mereka cukup kuat untuk itu. Berpisahnya para villain ini sekaligus menandai kembalinya Marvel Universe seperti sedia kala, di mana para karakternya kembali menjadi dirinya sendiri.

Itulah pembahasan tentang Mephzoomko-Neg, gabungan 8 supervillain sekaligus yang sempat mengguncang Marvel Universe dengan kekuatan dahsyatnya. Untungnya, eksistensi Mephzoomko-Neg ini tidak bertahan di Marvel Universe, karena bisa kita bayangkan jika mereka berhasil mengatasi kelemahannya, mungkin membutuhkan lebih dari sekadar Avengers untuk mengalahkannya. Karena sejatinya, Mephzoomko-Neg ini terbentuk dari para big bad villain bagi Avengers, Guardians of the Galaxy, Fantastic Four, dan kelompok superhero Marvel lainnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.