Marvel Cinematic Universe tengah bersiap untuk memasuki Phase selanjutnya, yang mana hal ini mungkin berakibat buruk dengan adanya karakter yang tewas. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Marvel Studios terkait hal tersebut, namun terdapat beberapa hal yang dianggap sebagai petunjuk mengenai kematian itu. Siapa sosok yang akan tewas di Phase 5 nanti?

Setelah selesai dengan Phase 4, MCU kini siap untuk menghadirkan Phase 5 yang dimulai pada 2023 mendatang dengan film Ant-Man and The Wasp: Quantumania. Selama empat Phase tersebut Marvel Studios sudah menghadirkan berbagai kematian dari berbagai karakter pahlawan. Misalnya, kematian dari Tony Stark, Vision, dan Mighty Thor. Namun, di Phase 5 ini pun kemungkinan ada beberapa karakter lainnya yang akan tewas. Siapa saja?

Rocket Raccoon

Rocket Raccoon adalah salah satu karakter yang paling santer diprediksi tewas di Phase 5/ Hal ini berdasarkan berbagai petunjuk yang muncul di trailer perdana film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Film terakhir dari trilogi Guardians of the Galaxy karya James Gunn ini akan menghadirkan asal-usul dari Rocket untuk pertama kalinya. Meskipun hal ini menarik, namun sebagian fans justru melihat hal sebaliknya.

Momen itu justru menjadi pertanda dari kematian sosok Rocket di MCU, di mana film ini akan jadi film terakhirnya. Gunn sendiri sempat menjelaskan kepada Deadline, bahwa alasannya “mengakhiri” nyawa Rocket justru karena dia sangat mencintai karakternya. Dia merasa perlu untuk mengakhiri cerita Rocket, dan inilah inti dari GOTG Vol. 3 nanti. Tetapi, sebagaian fans sendiri meyakini jika Rocket tidak akan tewas. Namun, lebih kepada “selesai” untuk tidak lagi ikut berpetulang bersama Peter Quill dan yang lain.

Drax The Destroyer

Selain Rocket, karakter GOTG yang juga dispekulasikan akan tewas di Phase selanjutnya adalah Drax the Destroyer. Di tahun 2021 kemarin, Dave Bautista sempat mengatakan jika dia akan berhenti untuk memerankan Drax pasca Vol. 3. Dan kemudian, hal ini “terbukti” dengan Bautista yang menyampaikan salam perpisahannya dengan karakter yang dia perankan tersebut setelah proses pengambilan gambar selesai dilaksanakan.

Kabar yang berhembus menyebutkan jika akan ada proses recasting atau pemilihan cast ulang untuk karakternya. Dan dengan Bautista yang memutuskan untuk mundur dari peran Drax, artinya ada peluang jika dia akan tewas di ceritanya nanti. Kematian Drax jelas akan jadi kehilangan tersendiri bagi para fans MCU dan GOTG, di mana dia adalah salah satu karakter favorit.

Hank Pym

Seperti disebutkan di atas, Ant-Man and The Wasp: Quantumania akan jadi pembuka Phase 5 yang mungkin sekaligus juga menjadi film terakhir bagi sosok Hank Pym. Karakter Hank sendiri sudah menjadi bagian yang sangat krusial sejak franchise Ant-Man pertama kali diperkenalkan. Namun, di film Quantumania nanti bisa jadi akan jadi puncak perjalanan cerita sosok Hank di franchise.

Marvel Studios sendiri sudah sering “membunuh” berbagai karakter pendukung penting di sepanjang empat Phase terakhir. Beberapa contohnya adalah Odin dan Bibi May. Kematian Hank di Quantumania mungkin bisa jadi jembatan untuk alur cerita kedepannya, apalagi sang sutradara Peyton Reed, menyebutkan film ketiga ini akan lebih serius dari dua film sebelumnya.

Janet Van Dyne

Sosok Janet sebenarnya baru saja muncul di franchise Ant-Man, di mana dia pertama kali diperkenalkan di film keduanya. Janet Van Dyne, istri dari Hank dan ibu dari Hope, berhasil diselamatkan dari Dunia Quantum setelah terjebak selama lebih dari 30 tahun. Janet juga memiliki peran penting, khususnya dalam alur cerita di keluarga Hank dan sang anak, Hope Van Dyne.

Dalam trailer perdana film Quantumania memberikan isyarat bahwa alur cerita di film ketiga ini sedikit banyaknya akan mengeksplor masa lalu dari Janet. Namun, di sisi lain, ini juga bisa jadi akhir bagi sosok The Wasp tersebut. Kematian Janet bisa jadi terhubung dengan sosok Kang, di mana mungkin dia akan mengorbankan diri untuk menghentikan atau menahan Kang.

Ghost

Sejak pertama kali diperkenalkan di film kedua Ant-Man, dan jadi villain utamanya, sosok Ghost tidak lagi diketahui nasibnya. Bersama Bill Foster, dia kemudian kabur di akhir film kedua. Rencana diperkenalkannya tim Thunderbolts di MCU memberikan sebuah angin segar bagi para fans, setelah apa yang terjadi dengan para Avengers. Ghost sendiri menjadi bagian dari tim ini, selain Red Guardian, Bucky Barnes, Yelena Belova, Taskmaster, US Agent, dan Valentina.

Ghost sendiri merupakan salah satu “senjata” yang diciptakan oleh S.H.I.E.L.D. di mana mereka memanfaatkan apa yang Ghost miliki untuk misi penyusupan. Meskipun dia berusaha untuk menjadi lebih baik di akhir Ant-Man 2, namun dosa masa lalunya dianggap jadi petunjuk jika dia mungkin akan tewas di Phase 5 nanti. Hal ini juga yang bisa jadi dirasakan oleh Ghost.

Red Guardian

Karakter Thunderbolt lain yang mungkin akan tewas di Phase selanjutnya Alexei Soshtakov alias Red Guardian. Karakter yang menjadi jawaban dari pihak Uni Soviet terkait kemunculan Captain America ini kembali beraksi, setelah Natasha dan juga Yelena menyelamatkannya dari penjara di Rusia. Alexei sebenarnya cinta dengan negaranya, yang terbukti dia rela untuk melakukan berbagai hal berbahaya.

Namun, dia juga sadar bahwa pihak pemerintah sudah melakukan kesalah besar terhadapnya. Dengan Red Guardian yang kini satu tim dengan Yelena, mungkin akan ada cerita keluarga lain yang terungkap. Dan kompleksitas cerita keluarga mereka mungkin jadi jembatan untuk kematian sang karakter, yang dipastikan akan sangat emosional.

Talos

Karakter terakhir yang diprediksi akan tewas adalah Talos, sang pemimpin Skrull di bumi. Talos akan muncul dan jadi salah satu karakter utama bersama Nick Fury dalam seri Secret Invasion yang akan datang. Talos sendiri pertama kali muncul di film Captain Marvel, di mana kemudian dia mendapatkan simpati baik dari para fans atau pun dari Carol Danvers dan Nick Fury.

Sejauh ini, masih belum diketahui banyak tentang plot yang akan muncul di seri Secret Invasion. Namun, kematian dari Talos bisa jadi pemicu berbagai efek domino yang muncul di Phase 5 secara keseluruhan. Misalnya, pihak Skrull yang mungkin justru akan berbalik menyerang bumi. Berdasarkan hal ini, rasanya memang cukup masuk akal jika Talos jadi salah satu kandidat yang tewas.

Phase 5 Marvel Cinematic Universe akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dari Phase sebelumnya. Mulai dari menghadirkan kelompok baru seperti Thunderbolts, sampai memperkenalkan tema dan pahlawan baru. Namun, yang kemungkinan akan terjadi di Phase yang akan datang adalah kematian dari beberapa karakter. Dan nama-nama di atas bisa jadi adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.