Sosok Janet Van Dyne di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania kemungkinan sudah mengenal sosok Kang the Conqueror dan bahkan bekerja untuk sang villain. Hal ini mungkin adalah jawaban mengapa kemudian Janet bisa sangat paham dan mengenal Dunia Quantum, dan mampu memberikan informasi lebih mengenai dunia tersebut. Dan ini juga menjadi bukti jika Janet bisa jadi kunci untuk mengalahkan Kang.

Kang the Conqueror akan jadi sosok villain utama dalam film ketiga Ant-Man yaitu Quantumania. Kemunculan Kang sendiri sebenarnya bukan yang pertama, karena sebelumnya kita sudah melihat salah satu variant dari Kang. Yang menarik adalah Janet sepertinya sudah sangat paham tentang berbagai hal di Dunia Quantum. Terdapat teori jika hal tersebut dikarenakan Janet mengenal Kang dan bahkan bekerja untuk sang villain.

Janet Kenal dan Pernah Bertemu Kang

Di trailer perdana film Quantumania, Janet memperingatkan Cassie dan Scott tentang berbagai bahaya dari satelite Quantum. Dia bahkan meminta mereka untuk memantikannya dengan segera. Janet seolah tahu jika sosok Kang akan menjawab panggilan sinyal yang Cassie kirimkan. Berdasarkan trailernya, Kang sepertinya berhasil membawa seluruh keluarga untuk masuk ke Dunia Quantum setelah sinyal tersebut dikirimkan.

Rasanya memang masuk akal jika Janet khawatir dan juga ketakutan dengan semua hal itu, karena Janet diketahui sudah tinggal di Dunia Quantum selama lebih dari 30 tahun. Janet tahu bahaya terbesar yang ada di Dunia Quantum, yang tidak lain adalah Kang. Apakah Kang dan Janet pernah bertemu? Kemungkinan besar mereka pernah bertemu dan bahkan saling mengenal satu sama lain.

Dunia Quantum memang digambarkan sebagai sebuah alam antah berantah yang kacau. Namun, dalam trailernya juga diperlihatkan jika ada kehidupan bahkan berbagai kehidupan modern dan canggih yang ada di Dunia Quantum. Kerajaan atau wilayah kekuasaan milik Kang kemungkinan adalah yang paling besar di sana dengan berbagai teknologi dan hal modern lainnya.

Dengan Janet yang sudah terjebak selama 30 tahun lebih, rasanya tidak masuk akal jika kemudian dia tidak mengetahui atau mengenal sosok Kang. Apalagi, Kang dianggap memiliki kerajaan atau wilayah terbesar di Dunia Quantum dan Janet berasal dari luar dunia tersebut. Hal ini jelas akan memancing perhatian dari Kang, yang membuat mereka berdua kemudian bertemu.

Jadi Jawaban Pertanyaan Besar

Dengan teori jika Janet Van Dyne mengenal sosok Kang, maka hal tersebut akan menjawab pertanyaan besar yang muncul di film sebelumnya. Salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans MCU ketika Hank Pym berhasil menyelamatkan Janet setelah terjebak selama 30 tahun adalah bagaimana dia bisa bertahan atau selamat. Dan berdasarkan spekulasi di atas, Kang bisa jadi adalah jawabannya.

Dunia Quantum adalah sebuah alam atau dunia yang luas dan asing, di mana Janet mungkin butuh bantuan untuk bisa bertahan di sana. Apalagi, dia sama sekali tidak mengenal dan mengetahui medannya. Belum lagi, Janet sama sekali tidak memiliki perbekalan dasar seperti air atau makanan. Kang, sebagai sosok penguasa di alam tersebut, bisa jadi menjadi sosok yang membantu Janet untuk bisa bertahan di sana.

Bahkan, yang juga mungkin terjadi adalah sebagai bentuk terima kasih Janet karena sudah membantunya untuk bertahan di Dunia Quantum, Janet memutuskan bekerja untuk Kang. He Who Remains sempat memperlihatkan bahwa dia bisa melakukan apa pun yang dia inginkan, contohnya seperti memanipulasi waktu atau realita. Artinya, bukan hal mustahil jika dia membantu Janet dengan semua hal yang dia butuhkan untuk bisa bertahan di Dunia Quantum.

Bisa jadi juga, ini menjadi jawaban mengapa kemudian setelah Janet keluar dari Dunia Quantum dia memiliki “kekuatan super” seperti yang dia lakukan untuk menyembuhkan Ghost. Hal itu bisa jadi ada kaitannya dengan Kang yang memberikan kekuatan kepada Janet, di mana selain kekuatan tersebut menjadi kunci untuk dia bertahan di Dunia Quantum hal itu juga berguna untuk menjadi sumber kekuatannya.

Misteri kedua yang terjawab dari teori ini adalah mengapa kemudian Janet merahasiakan apa yang terjadi selama dia berada di Dunia Quantum. Dalam trailer Quantumania, diketahui jika Kang memberikan tugas bagi Scott Lang untuk mencuri sesuatu baginya. Hal ini juga yang mungkin Kang lakukan terhadap Janet saat dia terjebak di sana. Janet tahu seberapa mengerikannya hal tersebut, karena itulah dia tidak ingin menjelaskannya kepada semua orang.

Jadi Kunci Kalahkan Kang

Dengan semua informasi yang Janet ketahui tentang sosok Kang the Conqueror, juga tentang Dunia Quantum, hal tersebut bisa memberikan implikasi besar terhadap alur cerita di filmnya nanti. Misalnya, dengan informasi tersebut jelas membuat Janet menjadi salah satu karakter kunci. Dia bisa memberikan informasi terkait sosok Kang, seperti bagaimana cara untuk bisa mengalahkannya.

Janet bisa menjelaskan tentang bagaimana cara kerja waktu berjalan di Dunia Quantum, seberapa dahsyat kekuatan sang villain, dan hal lainnya yang bisa memberikan Scott serta yang lain keuntungan. Kang adalah sosok yang sangat ahli dalam memanipulasi seseorang, dan Janet tahu itu. Dia bisa saja memberi tahu Cassie, Hank, dan Scott tentang taktik dari Kang ini dan meminta mereka untuk tidak terjebak dengan hal tersebut.

Teori jika Janet bekerja untuk Kang pun bisa menjadi sebuah jawaban mengapa Janet dan Hank nampak berpisah dengan Scott, Hope, dan Cassie. Mungkin, Janet merasa bertanggung jawab atas hal tersebut di mana dia hanya membicarakannya dengan Hank. Karena itulah, Janet berusaha untuk menyelamatkan putrinya dan yang lain dari sosok Kang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.