Dunia kriminal atau Underworld menjadi salah satu hal yang muncul di dunia One Piece. Sesuai namanya, dunia kriminal penuh dengan berbagai hal mengerikan. Contohnya adalah perbudakan, penyelundupan, jual-beli senjata, dan sebagainya. Berbagai contoh tersebut bisa kita lihat di sepanjang ceritanya. Misalnya, dalam arc Sabaody kita melihat bagaimana terdapat pelelangan manusia.

Kemudian, di arc Dressrosa kita melihat bagaimana kelompok bajak laut Donquixote berkuasa dengan perdagangan senjata yang bekerja sama dengan kelompok bajak laut Beast dan bahkan pihak CP0. Atau kita juga melihat bagaimana Mother Carmel menyelundupkan anak-anak. Namun, tahukah Geeks jika terdapat beberapa pemimpin dari dunia kriminal di seri One Piece? Siapa saja mereka?

Stussy

Sebenarnya, seperti yang Geeks ketahui, Stussy merupakan seorang agen dari Cipher Pol. Dia adalah bagian dari CP0, kelompok Cipher Pol paling elit. Menjadi seorang penguasa dunia kriminal merupakan salah satu caranya untuk menyamar. Tujuannya jelas yaitu menggali sebanyak mungkin informasi dari berbagai pihak. Stussy memiliki julukan yaitu “Queen of the Pleasure District.”

Ketika dia menyamar, nampak Stussy memperlihatkan sikap dan perilaku yang menggoda sesuai dengan julukannya. Namun, dia kemudian memperlihatkan sifat aslinya, Stussy benar-benar berubah menjadi pribadi yang sadis dan mengerikan. Dia bahkan tidak ragu menembak penguasa dunia kriminal lainnya, Du Feld, dan membuat semua orang berpikir jika dialah yang membuatnya tertembak.

Du Feld

Du Feld, atau yang juga dikenal sebagai “God of Fortune” atau “Dewa Keberuntungan” merupakan “Raja Lintah Darat.” Dia juga diketahui merupakan bagian dari keluarga konglomerat Du Feld, serta pernah menjadi donatur bagi kelompok ilmuwan MADS. Dia dikenal sebagai sosok yang serakah dan sangat jahat. Contohnya adalah dia pernah berusaha untuk mencuri harta karun milik Big Mom.

Yang menarik adalah Du Feld diduga memiliki kekuatan tekad atau kemampuan Haki yang cukup dahsyat. Hal ini terbukti ketika Big Mom marah saat foto Mother Carmel rusak. Ketika semua orang di sekitarnya tidak sadarkan diri, Du Feld adalah salah satu yang bertahan selain juga Stussy. Du Feld sempat mendengar tentang rencana pengkhianatan keluarga Big Mom terhadap keluarga Vinsmoke. Hal itu justru membuat dia tertarik dan tertawa lepas, karena dia tahu hal itu akan jadi akhir untuk Germa 66.

Drug Peclo

Drug Peclo merupakan salah satu penguasa dunia kriminal yang diundang oleh Big Mom dalam pesta minum teh di Whole Cake Island. Drug Peclo memiliki julukan “Sang Pengurus Makam Raksasa.” Dia nampak selalu membawa sabit berukuran besar, yang dia simpan di bagian bahunya. Sebagai salah satu penguasa dunia kriminal, tidak mengherankan jika level kekuatannya sangat dahsyat. Sayangnya, nasib Drug Peclo sendiri saat ini misterius. Karena, dia nampak terjatuh bersama kotak Tamatebakko yang meledak dan menghancurkan tempat mereka berada.

Gibberson

Giberson “Sang Penyelundup” adalah seorang yang sudah ahli dalam hal menyelundupkan sesuatu, dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu penguasa dunia kriminal. Dia juga menjadi salah satu penguasa dunia kriminal yang hadir dalam pesta minum teh Big Mom dan diketahui mampu untuk menahan Conqueror Haki miliknya. Giberson juga merupakan seorang pemabuk berat di mana dia selalu terlihat membawa botol minuman, dan sering kali melakukan tingkah aneh akibat mabuk. Sama halnya seperti Du Feld, Giberson juga nampak terjatuh ketika kotak Tamatebako meledak.

Umit

Tidak banyak informasi yang diketahui dari salah satu penguasa dunia kriminal ini. Umit “Sang Arus Laut Dalam” merupakan pemimpin dunia kriminal yang bergerak dalam bidang pengiriman. Dibandingkan dengan para pemimpin kriminal lain, Umit selalu memperlihatkan wajah yang cenderung serius dan nampak seperti sedang emosi. Umit nampak terkejut ketika Luffy menghancurkan foto dari Mother Carmel, dan juga dia ikut terjatuh bersama pemimpin dunia kriminal lainnya saat kotak Tamatebako meledak dan menghancurkan tanah tempat mereka berada.

Morgans

Selain Stussy, Morgans adalah salah satu pemimpin dunia kriminal yang mungkin tidak banyak orang duga. Morgans, seperti yang Geeks ketahui, adalah pemilik dari surat kabar World Economic Journal. Dengan menjadi pemimpin surat kabar, Morgans memiliki kendali untuk menghadirkan informasi apa pun yang akan dia berikan kepada orang-orang. Hal ini pun memberikannya keuntungan.

Misalnya, Morgans mampu mengakses informasi di mana tidak semua orang mampu untuk mendapatkannya. Contohnya, dia tahu jika Big Mom memiliki harta karun milik kerajaan Ryugug yaitu Tamatebako. Morgans juga tahu tentang teknik mencuri jiwa orang lain, Soul Pocus. Yang menarik juga adalah dia memiliki koneksi mendalam dengan Germa, di mana dia menghadirkan cerita komik yang menghadirkan kelompok Germa dalam ceritanya.

Dunia kriminal memang sangat dekat dan erat dengan dunia bajak laut. Hal ini terbukti bagaimana beberapa bajak laut memang terbukti memiliki koneksi atau terlibat dalam berbagai kegiatan kriminal. Contohnya adalah Donquixote atau pun Big Mom. Apa yang akan terjadi kepada para pemimpin dunia kriminal ini setelah semuanya selesai masih jadi misteri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.