Tahun depan film live action Transformers mendatang yang berjudul Rise of the Beast akan memperkenalkan kelompok robot jahat baru selain Decepticon. Mereka adalah Terrorcon yang dipimpin oleh Scourge. Untuk mengalahkan Scourge dan para anteknya ini Autobot akan bekerja sama dengan robot hewan era Beast Wars yang disebut Maximal. Menariknya, meskipun tidak disertakan dalam promosi terbarunya, sutradara Steven Caple Jr. sempat menyinggung bahwa filmnya akan menghadirkan keturunan Decepticon, yaitu Predacon.

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa para anggota Predacon yang akan muncul di filmnya nanti. Mengingat Decepticon tidak termasuk kelompok robot yang kembali di Rise of the Beast, ada kemungkinan mereka justru akan dimunculkan sebagai Predacon. Karena dalam sejarah panjang Transformers sendiri ada sejumlah Decepticon yang diceritakan masih bertahan sampai era Beast Wars dan menjadi Predacon. Sebelum melihat seperti apa kebenarannya nanti, mari kita bahas siapa saja Decepticon yang pernah jadi Predacon.

Divebomb

Divebomb adalah salah satu Decepticon dari Generation 1 yang muncul kembali pada era Beast Wars sebagai Predacon. Sebelumnya dia adalah salah satu antek Megatron yang terkenal bisa berubah menjadi robot elang berwarna oranye sekaligus combiner yang bisa berubah menjadi Predaking dengan empat Decepticon lainnya. Fitur Divebomb pada era Generation 1 ini kembali dihadirkan di kisah Beast Wars, di mana Divebomb muncul kembali sebagai Predacon elang yang kali ini berwarna emas, di mana dia bisa bergabung dengan Headstrong, Razorblade, Rage, dan Tantrum untuk menjadi Savage Predaking.

Headstrong

Sama seperti Divebomb, Headstrong merupakan robot hewan sekaligus combiner Decepticon yang melakukan debutnya di Transformers Generation 1 dan kembali muncul di kisah Beast Wars sebagai Predacon. Headstrong sendiri terkenal sebagai robot badak yang bisa bergabung dengan robot lain untuk membentuk combiner Predaking dan Savage Predaking. Saat kembali di kisah Beast Wars, meskipun warna dan bentuk badaknya tetap dipertahankan, tetapi Headstrong mendapatkan sejumlah penyesuaian yang membuatnya lebih terlihat seperti hewan sungguhan layaknya Transformers Beast lain.

Flamewar

Decepticon selanjutnya yang diceritakan muncul kembali di kisah Beast Wars adalah robot wanita bernama Flamewar. Pada era Generation 1, Flamewar adalah Decepticon yang mempunyai bentuk perubahan seperti musuh bebuyutannya Autobot Arcee, yaitu motor sport berwarna hitam dengan aksen kuning. Sedangkan di Beast Wars sendiri dia muncul sebagai Predacon yang bisa berubah menjadi hiu paus. Kebiasaannya yang sering menculik robot hewan, tanpa terkecuali para Predacon, membuat Flamewar sering digambarkan sebagai musuh bersama dari kelompok inti Maximal dan Predacon.

Dirge

Di era Generation 1, Dirge adalah Decepticon yang terkenal sangat mahir dalam menggunakan senjata tempur jarang jauh. Faktanya dia memang sering menebar ketakutan di antara Autobot ketika dalam pertempuran melawan Decepticon. Apalagi bentuk perubahan Dirge sendiri adalah pesawat tempur F-15 yang terkenal cepat dan mematikan. Versinya di Beast Wars II juga tidak kalah mematikan, karena Decepticon udara ini mendapatkan kesempatan untuk kembali sebagai Predacon bernama Dirgegun yang bisa berubah menjadi robot tawon yang sama-sama sering menebar ketakutan.

Laserbeak

Terkenal sebagai mata-mata andalan Soundwave, Laserbeak adalah bagian dari kelompok Decepticon pertama yang terlibat langsung dalam pertempuran melawan Autobot di Cybertron. Pada kemunculan pertamanya tersebut, Laserbeak dikenal sebagai robot burung kondor yang bisa berubah menjadi kaset. Saat muncul kembali di kisah Beast Wars, Laserbeak akhirnya mempunyai bentuk robot seperti Predacon lainnya. Sedangkan perubahannya menjadi burung kondor disebut sebagai bentuk alternatifnya. Di Beast Wars sendiri tugas Laserbeak yang awalnya mata-mata diganti menjadi ninja.

Starscream

Siapa yang tidak mengenal Starscream? Tangan kanan Megatron yang sering berusaha mengambil alih kepemimpinan Decepticon ini terkenal sebagai robot licik yang bisa berubah menjadi jet tempur. Menariknya, setelah sempat absen di kisah Beast Wars pertama, Starscream akhirnya muncul kembali di Beast Wars II. Awalnya dia muncul sebagai salah satu Decepticon yang masih hidup di planet Gaia. Tidak lama setelah itu dia kemudian diceritakan mendapatkan kekuatan Beast yang memungkinkannya berubah menjadi hiu putih. Sejak saat itulah Starscream mengganti namanya menjadi Hellscream.

Megatron

Terakhir, Decepticon yang digambarkan mempunyai usia sangat panjang dan masih eksis pada era Beast adalah Megatron. Sebagai pemimpin Decepticon yang terkenal brutal, ternyata tekadnya untuk menguasai alam semesta membuatnya tetap hidup sampai era Beast Wars dan menjadi pemimpin Predacon. Bentuk alternatifnya adalah t-rex yang sangat ditakuti oleh para Predacon bahkan Maximal. Saking jahatnya dan kuatnya Megatron, dia bahkan mendapatkan bentuk perubahan lain saat menjelang pertempuran Beast Machines. Di mana Megatron diperlihatkan mampu berubah menjadi naga.

Itulah 7 Decepticon yang mendapatkan kesempatan untuk muncul kembali sebagai Predacon pada era Beast Wars. Jika benar Predacon akan muncul juga di film Rise of the Beasts, sepertinya akan sangat menarik seandainya mereka adalah mantan Decepticon para robot di atas. Dengan begitu kita akan bisa melihat kembalinya sosok lama seperti Megatron dan Starscream, yang selama ini sering digambarkan sebagai antagonis di berbagai film live action Transformers. Kita lihat saja nanti seperti apa kejutannya, saat film Transformers: Rise of the Beasts tayang pada 9 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.