Meskipun sudah lebih dari tujuh bulan berlalu sejak penayangan perdana film Doctor Strange 2 alias Multiverse of Madness, ternyata sampai hari masih ada saja kejutan baru yang terungkap ke publik.

Kali ini datang dari seorang ilustrator storyboard yang memperlihatkan sejumlah gambar cerita yang tidak jadi ditampilkan di filmnya. Di mana salah satu gambarnya ternyata menyertakan dua karakter vital dari Illuminati Earth-838 yang sayangnya dihapus dari versi final Doctor Strange 2.

Cerita filmnya sendiri berfokus pada Doctor Strange dan karakter baru America Chavez yang harus kabur ke berbagai semesta alternatif, karena dikejar oleh Scarlet Witch.Salah satu semesta yang mereka datangi adalah Earth-838 yang dijaga oleh tim superhero Illuminati. Di mana anggotanya terdiri dari Professor X, Mister Fantastic, Black Bolt, Captain Carter, Captain Marvel, dan Baron Mordo.

Selain mereka, tadinya akan ada lebih banyak lagi karakter menarik yang bergabung dengan Illuminati. Dua di antaranya adalah Iron Monger dan Balder the Brave, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:

Gambar storyboard Doctor Strange 2 yang memperlihatkan anggota Illuminati ini baru saja datang dari ilustratornya langsung, yaitu Soren Bendt. Pada gambar cerita yang tidak jadi dipakai di film sekuel Doctor Strange ini terlihat sosok Balder the Brave dan Iron Monger yang berdiri dengan gagah di antara Captain Carter dan Captain Marvel.

Tidak jelas mengapa pada akhirnya Balder dan Iron Monger tidak jadi muncul di filmnya, padahal banyak penggemar yang merasa konsep ini akan sangat menarik jika diwujudkan.

Sebagai pengingat, Iron Monger adalah villain pertama yang harus dihadapi oleh Iron Man di film pertamanya yang rilis pada tahun 2008 silam. Di film pertamanya diceritakan bahwa sosok di balik armor raksasa tersebut adalah Obadiah Stane (Jeff Bridges) yang ingin menguasai Stark Industries.

Pada akhirnya kekalahan Iron Monger oleh Iron Man sekaligus menandai kematian Obadiah di semesta utama MCU. Jika dia muncul kembali di Doctor Strange 2, mungkin tadinya Iron Monger akan hadir sebagai varian Obadiah atau bahkan mungkin sosok menarik lainnya, misalnya Steve Rogers seperti di serial What If…?

Sedangkan Balder the Brave dikenal sebagai salah satu saudara Thor di komiknya. Dia adalah Dewa Cahaya dari Asgardian yang terkenal mempunyai kekuatan fisik seperti Thor, serta mampu mengeluarkan tembakan cahaya yang sangat dahsyat dari pedang kosmik andalannya, Svraden.

Seandainya dia jadi muncul di Doctor Strange 2 sebagai anggota Illuminati, hal tersebut akan menandai debutnya dalam bentuk live action di MCU.

Sayang sekali storyboard yang memperlihatkan dua sosok vital Illuminati ini tidak jadi dipakai di film Doctor Strange 2. Padahal ide untuk memunculkan karakter Balder dan juga varian Iron Monger ini terbilang cukup menarik.

Walaupun pada akhirnya para Illuminati ditakdirkan untuk mati oleh Scarlet Witch, tetapi setidaknya kita bisa tahu seperti apa penampilan terbaru Iron Monger dan adik Thor yang tidak pernah diceritakan di MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.