Beberapa waktu lalu, Sony baru saja merilis film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse yang mendapatkan sambutan meriah dari para penggemar. Menariknya, tidak lama setelah perilisan trailer tersebut, Sony juga ternyata merilis sebuah video afterparty yang mengungkap gambar konsep dari anak Peter B. Parker dan Mary Jane Watson yang bernama Mayday Parker. Pengungkapan tersebut sebenarnya bukan pertama kalinya Marvel memperkenalkan anak Peter yang eksis di multiverse. Seperti yang akan kita bahas kali ini, di mana ada sejumlah anak Spider-Man yang ternyata cukup populer di semestanya!

Mayday Parker

Anak Spider-Man yang pertama adalah May Parker atau yang lebih sering dipanggil Mayday Parker. Muncul pertama kali di komik What If? #105 (1989), Mayday digambarkan sebagai anak Peter dan MJ dari Earth-982 alias MC2, yang meneruskan warisan ayahnya sebagai Spider-Girl. Selain mempunyai serial komik solo yang berjudul Spectacular Spider-Girl, Mayday juga dikenal sebagai anggota Avengers dan salah satu superhero wanita terkuat di semestanya. Saat ayahnya diceritakan tewas di kisah Spider-Verse (2015), Mayday memutuskan untuk mengganti nama superheronya menjadi Spider-Woman.

Benjamin Parker

Selanjutnya, anak Spider-Man yang juga eksis di MC2 adalah adik Mayday yang bernama Benjamin ‘Benjy’ Parker. Meskipun masih bayi, Benjy justru telah mendapatkan kekuatan manusia laba-labanya sejak dia lahir. Yang lebih hebatnya lagi, Benjy bahkan tidak perlu menggunakan teknologi web-shooter seperti kakak dan ayahnya, karena dia bisa mengeluarkan jaring organik dari pergelangan tangannya. Karena masih kecil, Benjy sebenarnya tidak terlalu mengerti posisinya sebagai anak superhero. Walaupun begitu, dalam salah satu kisahnya dia malah pernah bergabung dengan symbiote Carnage.

May Parker

May Parker yang satu ini melaukan debutnya di komik Earth X (1999), sebuah komik fenomenal yang pertama kali menggambarkan sebuah semesta alternatif dengan sangat drastis. Sama seperti inkarnasi sebelumnya, May juga digambarkan sebagai anak Spider-Man dan MJ yang mewarisi kekuatan ayahnya sebagai manusia laba-laba. Bedanya, dia juga mendapatkan kekuatan symbiote ketika Eddie Brock berusaha membuatnya menjadi monster. Alih-alih menjadi musuh bagi ayahnya, May justru berhasil mengendalikan kekuatan symbiote tersebut dan akhirnya menjadi superhero bernama Venom.

Annie May Parker

Berbeda dengan May Parker sebelumnya, Annie May Parker alias AMP adalah anak Spider-Man dan MJ yang eksis di Earth-18119. Dia sebenarnya mempunyai seorang kakak perempuan bernama Mayday Parker yang meninggal sebelum AMP dewasa. Debut di komik Amazing Spider-Man: Revew Your Vows (2016), dengan kekuatan yang diwariskan dari Peter, AMP muncul sebagai seorang manusia laba-laba bernama Spiderling yang berjuang bersama kedua orang tuanya di Battleworld. Bedanya dengan Peter, AMP mempunyai kemampuan prekognisi yang membuatnya bisa mengetahu masa depan lebih awal.

Richie Parker

Berbeda dari anak Spider-Man sebelumnya yang menjadi superhero, Richie justru hanya digambarkan sebagai anak biasa yang lahir dari pernikahan Peter dan Gwen Stacy di kisah House of M (2015). Nama asli Richie sendiri diambil oleh Peter dari nama ayah kandungnya Richard Parker. Sayangnya, karena keseluruhan cerita House of M adalah realitas khayalan, ternyata semua itu tidak lebih dari sekadar angan-angan Peter. Ketika mengetahui bahwa semuanya palsu, Peter yang kembali hidup sendiri diceritakan merasa sangat kehilangan sosok Richie dan Gwen yang cukup nyata bagi dirinya.

Claire & Benjy Parker

Claire dan Benjy Parker adalah anak Spider-Man lainnya yang baru diperkenalkan oleh Marvel pada tahun 2019 lalu melalui komik Spider-Man: Life Story. Mereka adalah anak kembar MJ yang lahir dengan warisan kekuatan manusia laba-laba dari ayahnya. Sejak kecil, mereka sudah menggunakan kekuatan supernya untuk menjaga kedamaian Earth-19529 bersama ayahnya. Sayangnya, Benjy diceritakan terluka oleh Morlun sehingga tidak bisa kembali beraksi dengan saudari dan ayahnya. Sedangkan Claire yang beranjak dewasa akhirnya mendapatkan kesempatan untuk terus beraksi sebagai Spider-Woman.

Itulah para anak Spider-Man yang eksis di multiverse Marvel. Meskipun Peter di semesta utama masih belum mempunyai anak, setidaknya anak-anaknya yang eksis di multiverse ini telah membuktikan bahwa ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’. Di mana umumnya mereka menggunakan kekuatan manusia laba-laba dari ayahnya untuk menolong sesama dan melakukan aksi heroik lainnya. Meskipun Mayday yang akan muncul di film Across the Spider-Verse (2 Juni 2023) nanti masih bayi, mungkin saja dia juga akan digambarkan mempunyai kekuatan super yang menggemaskan. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.