Siapa sangka dari sekian banyak karakter di Marvel Cinematic Universe, justru yang paling sibuk dari semuanya adalah Wong, penyihir Kamar Taj yang sekarang telah jadi Sorcerer Supreme MCU. Ada banyak sekali hal misterius yang telah Wong lakukan di sepanjang Fase 4 MCU, termasuk muncul di sebagian besar tayangan awal Multiverse Saga. Hal ini secara tidak langsung memunculkan pertanyaan mengapa dia tampak sangat sibuk? Jangan-jangan Wong sudah lebih dahulu menyadari keberadaan sekaligus ancaman big bad villain Multiverse Saga, Kang the Conqueror. Mari kita bahas teori menarik ini, Geeks!

Eksistensi Wong Sebagai Sorcerer Supreme

Di MCU sendiri, Wong yang diperankan oleh Benedict Wong adalah karakter yang memulai debutnya sebagai penjaga perpustakaan Kamar Taj di film Doctor Strange (2016). Setelah Stephen Strange menjadi Sorcerer Supreme, dia terlihat selalu menemaninya dan sesekali memberikan masukan kepada sahabatnya tersebut. Sampai akhirnya Strange menjadi korban Thanos Snap di Avengers Infinity Wars dan baru kembali di Endgame setelah menghilang selama kurang lebih 5 tahun. Ternyata selama jeda Snap-Blip tersebut, Wong telah menjadi Sorcerer Supreme baru, menggantikan Strange bahkan sampai sekarang.

Mungkin bagi sebagian orang, meskipun Wong menjabat sebagai Sorcerer Supreme, dia masih terlihat biasa saja dan tidak ada yang spesial pada dirinya. Faktanya, Marvel Comics sendiri pernah menyebutkan bahwa seorang Sorceress Supreme sebenarnya mempunyai akses pada kekuatan dahsyat Vishanti, Octessence, Principalities, dan entitas sakti lainnya. Yang pada akhirnya memungkinkan Sorcerer Supreme untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih banyak dari masa lalu, masa sekarang, bahkan mungkin masa depan. Di mana semua itu bermanfaat untuk melindungi Bumi dari segala macam ancamannya.

Jika status Sorcerer Supreme di MCU sama dahsyatnya seperti di Marvel Comics, bukan tidak mungkin sebenarnya Sorcerer Supreme Wong telah mengetahui bahkan mungkin mengalami sesuatu yang tidak dialami oleh orang lain. Terlepas dari bagaimanapun caranya, entah lewat mimpi, dunia astral, bahkan Quantum Realm, kemungkinan besar Wong memang telah menyadari ‘sesuatu’, sehingga sekarang dia terlihat lebih sibuk dari yang lain. Dengan kata lain kepekaannya sebagai Sorcerer Supreme MCU mungkin telah membuat Wong lebih peka terhadap kemunculan Kang the Conqueror (Jonathan Majors).

Diam-diam Membentuk Pasukan Super di MCU

Seperti yang kita tahu, selain Kang/He Who Remains, Wong adalah karakter yang paling sering tampil di Fase 4 MCU. Bukan hanya sebagai cameo saja, tetapi juga sebagai orang yang setidaknya telah mengikat sebagian besar kisah awal Multiverse Saga. Misalnya kemunculannya di credit scene Shang-chi and the Legend of the Ten Rings, yang secara tidak langsung telah menghubungkan karakter baru seperti Shang-Chi dengan para Avengers lama, Bruce Banner dan Captain Marvel. Wong bahkan curiga bahwa Ten Rings adalah artefak yang berpotensi mengancam Bumi.

Kemudian Wong juga sempat terlihat sangat sibuk dalam melakukan tugas Sorcerer Supreme sekaligus melatih para penyihir Kamar Taj di Spider-Man: No Way Home dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Diam-diam dia juga sempat bertemu dengan Abomination di film Shang-Chi yang akhirnya dibahas kembali di serial She-Hulk. Mungkin tanpa kita sadari, Wong sebenarnya tengah menyiapkan pasukan super untuk menghadapi ancaman besar dari Kang the Conqueror. Tanpa terkecuali superhero lama dan baru, begitu juga para penyihir dan mantan supervillain yang bisa dia kumpulkan.

Apa Sebenarnya Ketakutan Terbesar Wong?

Jika benar Wong tengah menyiapkan pasukan super di MCU, sekarang yang jadi pertanyaan apa yang sebenarnya Wong takutkan dari Kang. Seperti yang sudah disinggung di atas tentang informasi yang bisa diakses oleh Sorcerer Supreme, bisa saja Wong mungkin telah merasakan bahkan mungkin mengalami persitiwa masa depan yang berhubungan dengan film mendatang Avengers: The Kang Dynasty (2 Mei 2025). Entah lewat mimpi atau cara lain yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh orang lain, mungkin Wong pernah menghadapi kang pada suatu titik timeline di MCU.

Setelah Wong mengetahui bahwa Kang sangat sulit untuk dikalahkan, karena dia juga mempunyai akses terhadap pengetahuan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan, Wong akhirnya berinisiatif untuk diam-diam menggunakan seluruh waktu dan kekuatannya untuk mempersiapkan pasukan super. Hal itu dia lakukan demi memperbesar peluang kemenangan Bumi dalam melawan Kang pada masa depan. Di sisi lain dia juga tidak bisa memberi tahu orang lain agar rencana besarnya ini tidak sampai ke telinga Kang. Sampai waktunya nanti tiba, orang lain akhirnya akan sadar betapa berjasanya Wong selama ini.

Itulah pembahasan teori dan semua kemungkinan tentang Wong yang diam-diam membentuk pasukan super karena telah menghadapi Kang sebelumnya. Dengan teori ini setidaknya kita bisa mengetahui alasan yang sebenarnya mengapa selain Kang dan para variannya, Wong adalah karakter MCU lain yang sangat sering muncul di Fase 4 MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah mungkin Sorcerer Supreme Wong mempunyai peran sebesar itu di Multiverse Saga? Kita nantikan saja kebenarannya pada masa depan MCU yang pastinya akan penuh dengan kejutan dan jauh lebih meriah dari sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.