Ada sederet aktor yang kemudian didepak oleh pihak DC Studios dan Warner Bros karena berbagai alasan. Misalnya ada yang bermasalah dengan perbedaan sisi kreatif atau juga ada hal lainnya. Meskipun hal ini biasa terjadi, namun sering kali momen ini jadi perhatian dari para fans apalagi jika aktor tersebut dirasa tepat untuk memerankan karakternya.

Jagat sinematik DC merupakan salah satu jagat sinematik yang ada di industri hiburan modern saat ini. Coba untuk saingi jagat sinematik Marvel, DC membangun jagat sinematiknya sendiri pada 2013 lalu dengan dimulainya film Man of Steel. Sayangnya, jagat sinematik DC justru lebih sering tertimpa masalah dan kontroversi ketimbang mendapatkan pujian atau ulasan positif. Salah satunya adalah bagaimana mereka sering mendepak bintang mereka. Berikut adalah deretan aktor yang pernah didepak oleh WB dan DC Film.

Ben Affleck

Ben Affleck adalah salah satu aktor yang didepak oleh pihak DC dan WB Discovery di awal kemunculan jagat sinematik mereka. Ben Affleck adalah aktor yang memerakankan karakter Bruce Wayne alias Batman. Ben pertama kali memerankan karakter tersebut di film BvS: Dawn of Justice dan juga Justice League. Namun, setelah itu, Ben harus rela kehilangan kesempatan untuk menjadi Bruce Wayne.

Para fans sendiri sudah sejak lama menghadirkan spekulasi bahwa Ben ingin berhenti memerankan karakter ini. Hal ini muncul setelah film Batman v Superman kurang begitu mendapatkan tanggapan positif. Ben masih “trauma” bagaimana dia gagal memerankan karakter Daredevil, dan berharap Batman bisa memberikan kesuksesan baginya. Dalam salah satu arikel The Wrap, diketahui bahwa permasalahan kecanduan alkohol Ben dan biaya rehabilitasinya dianggap menjadi alasan mengapa dia kemudian didepak dari pekerjaannya sebagai pemeran Bruce Wayne.

Jason Momoa

Jason Momoa sebenarnya adalah salah satu nama yang cukup sukses di jagat sinematik ini. Dia sukses memerankan karakter Arthur Curry alias Aquaman. Dengan fisik yang sangat baik dan mendukung perannya, Jason dianggap sebagai aktor yang cocok untuk memerankan karakter tersebut. Penampilannya di film Justice League dan Aquaman pun banyak menerima pujian dari berbagai pihak.

Sayangnya, kabar mengejutkan muncul dalam beberapa waktu terakhir. Pihak WB Discovery dan DC memutuskan untuk mendepak Jason dari karakter lamanya setelah James Gunn berencana membuat jagat sinematik baru. Film Aquaman and the Lost Kingdom yang rilis pada 22 Desember mendatang akan jadi film terakhir Jason sebagai Arthur Curry. Meskipun dia didepak dari perannya, James Gunn sendiri sudah mempersiapkan karakter barunya yaitu Lobo.

Ray Fisher

Cyborg adalah salah satu karakter baru yang muncul di jagat layar lebar DC, setelah mereka lebih sering menghadirkan karakter A-List. Ray Fisher terpilih untuk memerankan Victor Stone alias Cyborg di Snyderverse, yang mana kemunculan perdananya terjadi di film Justice League. Zack Snyder sendiri sempat berencana untuk menghadirkan film solo Cyborg yang dijadwalkan rilis 2020 kemarin.

Sayangnya, rencana tersebut akhirnya batal. Sempat muncul rumor jika Ray ingin mundur pasca Justice Leage. Hal ini dikarenakan kekecewaannya terhadap pihak rumah produksi yang banyak memotong adegannya. Kemudian, dia juga kecewa karena pihak WB Discovery tidak kunjung merealisasikan janji untuk dibuatkan film solonya. Meskipun Ray sendiri sebenarnya masih berminat dengan karakternya, namun kontrak kerja samanya selesai pada 2019 kemarin dan tidak diperpanjang.

Jesse Eisenberg

Penampilan Eisenberg sebagai Lex Luthor di film Batman v Superman banyak disanjung para penonton serta pihak lainnya. Seperti halnya beberapa aktor di atas, Eisenberg dianggap berhasil menghidupkan sosok Lex Luthor di film tersebut. Sayangnya, pasca film BvS dia tidak lagi memerankan karakternya. Sempat muncul rumor bahwa Eisenberg akan diganti oleh karakter lain.

Namun, dia kemudian kembali sebagai cameo di film Justice League yang jadi petunjuk kembalinya Lex di Justice League 2. Namun, semua itu sekarang hanya tinggal rencana. Eisenberg sendiri sempat diwawancara di salah satu podcast dan mengatakan bahwa dia tidak lagi berminat untuk memerankan karakter itu. Tetapi, dia sangat menikmati waktunya berperan sebagai Lex Luthor.

Laurence Fishburne

Laurence Fishburne adalah aktor yang memerankan karakter Perry White, kepala editor dari surat kabar The Daily Planet tempat kerja Clark Kent dan Lois Lane. Dia menjadi aktor kulit hitam pertama yang memerankan karakter tersebut. Setelah muncul di film Man of Steel, Laurence kembali berperan sebagai Perry White di film Batman v Superman. Meskipun dia hanya sebagai karakter pendukung, para fans banyak yang memuji penampilannya.

Sayangnya, Fishburne tidak lagi berperan sebagai Perry di film Justice League. Menurutnya, dia sudah selesai dengan perannya tersebut. Dalam wawancara dengan Den of Geek, Fishburne sempat mengatakan bahwa dia tidak tahu apakah pihak rumah produksi akan membutuhkannya lagi untuk film yang akan datang. Meskipun begitu, Fishburne sukses memerankan karakter Bill Foster alias Goliath di MCU.

Jared Leto

Dari semua aktor di atas, mungkin Jared Leto adalah aktor yang paling kurang beruntung nasibnya. Selain dia mendapatkan hujatan dan kritik negatif atas penampilannya sebagai Joker di film Suicide Squad, dia juga kemudian harus didepak oleh pihak WB Discovery. Seperti yang Geeks ketahui, film Suicide Squad dianggap sebagai salah satu film terburuk di Snyderverse.

Salah satu poin yang banyak dikritik oleh para fans adalah penampilan dari Joker yang diperankan oleh Leto. Dia dianggap gagal untuk menghidupkan sosok Joker, apalagi Joker versi Jared Leto sering juga dinilai aneh berdasarkan perilaku dan juga tingkah lakunya. Jared sempat kembali ke peran lamanya ini di film Justice League versi Zack Snyder. Namun, setelah itu, Jared benar-benar selesai sebagai Joker.

Henry Cavill

Henry Cavill adalah aktor paling baru yang didepak (lagi) oleh pihak WB Discovery dan DC Film. Hal ini diketahui melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, di mana dia menyebutkan bahwa setelah pertemuannya dengan petinggi baru WB Discovery, James Gunn dan Peter Safran, dia tidak akan lagi memerankan karakter Clark Kent atau Superman kedepannya.

Ini sebenarnya bukan kali pertama mereka mendepak Cavill, setelah sebelumnya Cavill didepak pasca kegagalan film Batman v Superman dan juga Justice League. Padahal, mayoritas pecinta film dan fans sepakat jika Henry adalah aktor yang tepat untuk memerankan karakter tersebut. Hollywood Reporter sebelumnya mengabarkan jika Cavill memiliki kontrak untuk bermain di empat film.

Dia sudah menjalankan kontraknya selama tiga film, namu negosiasi tersebut akhirnya dibatalkan. Cavill sempat resmi kembali pada Oktober kemarin setelah Dwayne Johnson memperjuangkan kemunculannya selama bertahun-tahun. Dia juga bahkan muncul sebagai cameo di film Black Adam. Namun, sayangnya, hal itu tidak berjalan lama setelah pihak WB dan DC kembali mendepaknya.

WB Discovery dan DC Film adalah rumah produksi yang sering mendapatkan sorotan dari banyak pihak.Hal ini dikarenakan berbagai macam masalah, kontroversi, dan juga hal lainnya yang membuat mereka akhirnya sering mendapatkan kesulitan dalam proses produksi. Efek dari hal tersebut adalah banyak aktor mereka yang akhirnya didepak dari perannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.