Film animasi Marvel mendatang yang berjudul Spider-Man Across the Spider-Verse baru saja merilis trailer teranyarnya dan mengungkap sebuah kota yang dipenuhi para manusia laba-laba. Kota ini tampaknya adalah elemen baru yang sengaja ditambahkan di waralaba film Spider-Verse, bahkan mungkin Marvel Universe secara keseluruhan. Walaupun begitu, di Marvel Comics sendiri sebenarnya ada sebuah lokasi alternatif yang hampir mirip. Nama lokasi tersebut adalah Spider-Island, sebuah kota di planet Battleworld yang penduduknya tiba-tiba mendapatkan kekuatan Spider-Man secara misterius.

Kota Para Manusia Laba-laba di Battleworld

Sebelum membahas apa itu Spider-Island mari kita kenali terlebih dahulu apa itu Battleworld. Di Marvel Comics, Battleworld adalah nama sebuah planet yang muncul setelah multiverse Marvel diceritakan hancur karena peristiwa Incursions. Doctor Doom yang mencuri kekuatan bangsa alien kosmik Beyonders dan Molecule Man lantas mengumpulkan serpihan multiverse dan menempatkannya di Battleworld, termasuk lokasi alternatif dan para karakter variannya. Salah satunya adalah Spider-Island, sebuah kota alternatif yang sempat diceritakan juga di komik Marvel, The Amazing Spider-Man (2011).

Bedanya dengan kota Manhattan di universe utama yang berhasil diselamatkan oleh Spider-Man, kota alternatif ini justru diceritakan berhasil dikuasai oleh supervillain Spider-Queen. Tepatnya setelah dia berhasil mengalahkan Spider-Man dan menginfeksi sebagian besar penduduknya dengan spider-virus, sehingga mereka mendapatkan kekuatan layaknya manusia laba-laba. Seiring berjalannya waktu, karena Spider-Queen terlalu tiran dalam menjalankan kotanya, akhirnya lahir sebuah kelompok perlawanan yang terdiri dari Agent Venom, Vision, dan Spider-Woman.

Ketiga superhero tersebut lantas sengaja memancing para Avengers dan mengubah mereka menjadi makhluk lain agar terlepas dari kontrol Spider-Queen. Misalnya Captain America yang diubah menjadi werewolf menggunakan Man-Wolf gemstone, Iron Man yang diubah menjadi Iron Goblin menggunakan serum Green Goblin, dan sebagainya. Cara ini sekaligus menandai awal perlawanan besar-besaran terhadap Spider-Queen yang mengontrol Spider-Island dan para manusia laba-laba di dalamnya.

Penduduknya Mempunyai Kekuatan Spider-Man

Seperti yang sudah disinggung di atas, di kota yang penduduknya memiliki kekuatan Spider-Man ini ada banyak sekali varian dari karakter populer Marvel. Mulai dari Avengers, seperti Captain America, Captain Marvel, Iron Man, Iron Fist, Hulk, dan sebagainya, yang akhirnya bersekutu dengan kelompok perlawanan untuk menggulingkan kekuasaan Spider-Queen. Kemudian ada juga organisasi SHIELD dan AIM yang sebagian besar anggotanya mempunyai kekuatan manusia laba-laba karena telah terinfeksi spider-virus. Sampai karakter populer lain, seperti Black Panther, MODOK, Beast, dan Werewolf By Night.

Semua penduduk kota dan para karakter populer Marvel ini digambarkan menjadi lebih hebat setelah menjadi manusia laba-laba seperti Spider-Man. Walaupun begitu efek negatif spider-virus, telah mengubah mereka menjadi antek Spider-Queen. Sehingga untuk menyelamatkannya, kelompok perlawanan sengaja menginfeksi mereka dengan virus lain. Selain Captain America dan Iron Man, Agent Venom juga menggunakan serum Morbius untuk mengubah Captain Marvel menjadi vampir, kemudian serum Lizard untuk mengubah Hulk menjadi Lizard-Hulk, sampai akhirnya semua kembali berpihak pada kebaikan.

Spider-Man Mengubahnya Jadi Kota Demokrasi

Perjuangan dari kelompok perlawanan di Kota Spider-Island, baru berhasil setelah vision menemukan tubuh Spider-Man yang dibekukan dan disembunyikan oleh Spider-Queen. Pada titik inilah Agent Venom mulai memimpin kelompok perlawanan yang sekarang lebih kuat dengan adanya Avengers dan Spider-Man asli. Dalam prosesnya banyak sekali korban yang berjatuhan dari kelompok perlawanan, karena Spider-Queen dibantu oleh pasukan manusia laba-labanya. Kemenangan baru diraih setelah Agent Venom mengorbankan dirinya untuk melemahkan Spider-Queen, sehingga superhero lain bisa membunuhnya.

Beberapa hari kemudian, para superhero dan penduduk yang tersisa mulai membangun kembali Spider-Island yang kini telah terlepas dari tirani Spider-Queen. Pada saat yang bersamaan Spider-Man ditunjuk sebagai pemimpin baru kota Spider-Island di Marvel Universe. Di mana kebijakan pertama yang dia terapkan adalah membebaskan semua penduduknya untuk memilih sendiri bentuk dan kekuatan mereka. Entah itu sebagai manusia laba-laba atau mahkluk lain, seperti manusia burung, manusia kadal, vampir, werewolf, dan sebagainya. Sejak saat itulah Spider-Island mendapatkan kedamaiannya.

Itulah pembahasan tentang Kota Spider-Island di Marvel Universe, yang penduduk dan para superheronya mempunyai kekuatan Spider-Man. Meskipun Spider-Island hanya eksis di Battleworld, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui bagaimana situasi dan kondisi dari sebuah kota jika semua penduduknya adalah ‘Spider-Man’. Meskipun berbeda, tetapi mungkin akan ada sedikit elemen dari Spider-Island yang dimunculkan di film Spider-Man Across the Spider-Verse. Kita lihat saja nanti ya, Geeks, karena filmnya sendiri baru akan ditayangkan di bioskop pada tanggal 2 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.