Para komandan Yonko di seri One Piece merupakan salah satu pihak yang memiliki kedahsyatan dalam hal kekuatan. Hal ini bisa kita ketahui dari status mereka. Sebagai bawahan dari empat bajak laut terkuat di lautan, tentunya level kekuatan para komandan Yonko berada di atas kekuatan bajak laut biasa. Dan ini juga yang membedakan mereka dengan para bawahan di kelompok bajak laut lain.

Empat penguasa samudra alias Yonko merupakan para bajak laut terkuat yang ada di lautan One Piece. Mereka menguasai wilayah New World, dan memiliki beberapa wilayah kekuasaan. Hampir tidak ada yang berani menantang para Yonko untuk bertarung. Sebagai sosok bajak laut terkuat, rasanya tidak mengherankan jika mereka memiliki bawahan atau kru yang sangat kuat. Berikut adalah para komandan terkuat di sepanjang seri One Piece.

King

King alias The Wildfire merupakan salah satu dari tiga anak buah kepercayaan Kaido. Dalam hal kekuatan, King merupakan yang terkuat dari sosok Jack dan juga Queen. Sama seperti kedua rekannya, King juga merupakan pemakan buah iblis Zoan kuno Ryu Ryu no Mi. Hanya saja modelnya yang berbeda, di mana King memakan buah iblis model Pteranodon. Salah satu bukti kedahsyatan dari King adalah bagaimana dia bisa mendorong kapal Big Mom dengan mudah dari air terjun Wano.

Yang menarik juga adalah King ternyata merupakan bagian dari ras Lunarian, ras yang hampir punah. Mereka dianggap sebagai ras para dewa, karena kemampuannya untuk bisa beradaptasi di berbagai situasi dan kondisi. Kekuatan King benar-benar dahsyat seperti yang kita lihat dalam pertarungan melawan Zoro. Berkat pengendalian api dan juga DNA Lunarian yang dia miliki, King mampu memberikan kesulitan terhadap Zoro.

Charlotte Katakuri

Katakuri merupakan salah satu dari tiga orang kepercayaan dari Yonko Charlotte Linlin alias Big Mom yaitu Sweet Commander. Sama seperti King, di mana dia jadi yang terkuat di kelompok Beast, Katakuri juga merupakan petarung yang paling kuat diantara anak buah Big Mom lainnya. Dengan kekuatannya yang sangat dahsyat tersebut dia bahkan tidak pernah kalah dalam sebuah pertarungan. Hal inilah yang membuat nilai buruan Katakuri bahkan bisa mencapai angka 1.057 milliar Belly.

Katakuri sendiri merupakan salah satu lawan paling tangguh dan juga lawan yang pernah membuat Luffy kerepotan, selain juga Kaido. Bagaimana tidak, level kekuatan Katakuri hampir setara dengan Luffy. Dia juga menguasai tiga jenis Haki dan yang paling penting dia bisa melihat masa depan. Hal inilah yang sempat membuat Luffy kerepotan sebelum akhirnya dia juga mampu melakukan hal yang sama dan berhasil mengalahkannya. Belum lagi dia juga memiliki buah iblis Mochi Mochi yang membuatnya sulit dikalahkan.

Marco

Nama Marco atau yang terkenal dengan nama Marco the Phoenix mungkin sudah tidak asing di telinga Geeks. Dia adalah mantan orang kepercayaan dari Whitebeard dan juga merupakan salah satu bajak laut yang banyak orang segani. Marco diketahui memiliki kekuatan dari buah iblis Mythical Zoan dengan model Phoenix. Buah iblis tersebut sangat langka bahkan dari jenis Logia sekali pun.

marco-the-phoenix-one-piece-f3ad82ec1c2fc171ffc6e842784d6247

Dalam pertempuran di Marineford, Marco sempat membuktikan kekuatannya dengan bertarung melawan ketiga Admiral. Gorosei sendiri bahkan menganggap Marco merupakan salah satu dari beberapa orang yang bisa mengalahkan Blackbeard, meskipun faktanya dia harus kalah dalam Payback War. Namun, dia kembali membuktikan kekuatannya dalam pertempuran besar di Wano kemarin di mana Marco berhasil menahan Big Mom dan juga menghajar King dan Queen bersamaan.

Vista

Selain Marco, Vista juga merupakan salah satu komandan di kelompok bajak laut Whitebeard. Vista terkenal sebagai seorang pengguna pedang yang sangat baik. Buktinya adalah dia mampu menahan serangan dari Dracule Mihawk, yang notabene merupakan sosok ahli pedang terbaik di dunia. Kedahsyatan Vista lainnya adalah dia mampu menghindari serangan kapak raksasa dan juga mampu untuk membelah bola meriam di udara.

main-qimg-852e2c1ab573bd1a2054b42bb8812c72

Vista diketahui sangat ahli dalam menggunakan teknik dua buah pedang atau Nittoryu. Salah satu bukti lainnya dari kedahsyatan sosok Vista adalah bagaimana Mihawk pun mengakui kemampuan dari Vista. Sayangnya, pasca Payback War kita belum lagi melihat bagaimana peran dari Vista di seri One Piece. Mungkin, Vista akan kembali muncul di akhir serinya bersama dengan aliansi Luffy.

Shiryu

Ame no Shiryu atau Shiryu si hujan merupakan mantan penjaga di penjara Impel Down. Dia merupakan mantan bawahan dari Magellan, pemimpin dari Impel Down. Meskipun Magellan adalah orang yang berkuasa, akibat seringnya mengalami diare akibat racun membuat Shiryu yang memegang kendali Impel Down. Shiryu dianggap memiliki kekuatan manusia super dengan kecepatan dan juga daya tahannya yang luar biasa.

Shiryu-Blackbeard-Pirates

Berbeda dengan Magellan yang menganggap para tahanan merupakan manusia, Shiryu menganggap mereka justru sebagai “hewan” yang tidak berharga. Sudah tidak terhitung berapa banyak tahanan yang harus tewas di tangannya, hanya karena dianggap sebagai makhluk yang tidak berharga. Shiryu memiliki kemampuan Suke Suke no Mi, yaitu dia mampu berkamuflase dan “menghilang” setelah sebelumnya menghabisi Absalom. Dan berkat kekuatannya ini, Shiryu menjadi salah satu komandan terkuat kelompok bajak laut Blackbeard.

Lafitte

Lafitte merupakan salah satu kru bajak laut Blackbeard yang sudah ada sejak krunya terbentuk. Sebagai komandan dari divisi 5 kelompok Blackbeard, para fans meyakini bahwa Lafitte memiliki kekuatan yang dahsyat, yang berada di atas rata-rata. Armament Haki dan juga Observation Haki sepertinya menjadi sesuatu yang sudah ada dalam dirinya. Para fans juga meyakini bahwa Lafitte merupakan pengguna buah iblis.

36581-16588503407386-1920

Hal ini dilihat dari kemampuannya untuk menghipnotis orang lain dengan mudah. Belum lagi, dia memiliki sepasang sayap di punggungnya yang membuat dia bisa terbang. Sebenarnya, masih belum diketahui apakah kemampuan Lafitte untuk menghipnotis orang dengan mudah adalah bagian dari kemampuan buah iblis atau memang kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang sudah lama dia kuasai. Para fans sendiri penasaran dengan kekuatan dari Lafitte.

Benn Beckman

Benn Beckman adalah salah satu nama yang banyak dikenal di lautan One Piece. Dia adalah rekan dan juga kru dari bajak laut Shanks si rambut merah. Karena Shanks sendiri masih menjadi sosok yang misterius, begitu juga dengan para kru lainnya. Namun, meskipun kekuatannya belum banyak kita ketahui, Benn Beckman merupakan salah satu karakter yang dianggap paling kuat di series One Piece.

ben-beckmanHal ini karena selain menjadi salah satu karakter kuat, Benn juga merupakan salah satu karakter yang cerdas. Sama seperti para kru kepercayaan Yonko lainnya, para fans pun menduga bahwa Benn Beckman juga pastinya merupakan seorang pengguna Haki. Dan bukti kekuatannya pun sampai-sampai dikenali orang banyak orang. Salah satunya adalah saat di Marineford Kizaru langsung mengenali Benn Beckman.

Lucky Roux

Luck Roo atau Lucky Roux merupakan salah satu anak buah Shanks lainnya yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari sang kapten, Shanks. Satu hal yang unik dari Lucky Roux adalah meskipun badannya besar dan gempal, dia mampu bergerak sangat cepat bahkan sebelum orang lain sadar. Masih belum diketahui bagaimana dia mendapatkan kemampuan tersebut.

lucky-roo

Banyak fans menduga jika Lucky Roux merupakan pemiliki salah satu kemampuan Haki sehingga bisa bergerak dengan cepat. Namun, memang ada juga sebagian fans yang beranggapan jika Lucky Roux merupakan pemakan buah iblis. Sampai saat ini, selain Benn, Lucky Roux adalah sosok yang sering muncul dalam cerita dari kelompok Rambut Merah. Para fans pun penasaran dengan level kekuatan dari salah satu komandan Yonko Shank ini.

Sanji

Sanji si kaki hitam merupakan salah satu kru Topi Jerami yang juga menjadi salah satu “pemeran utama” dalam pertempuran di Onigashima. Dalam pertarungan melawan Queen, Sanji tiba-tiba saja mengaktifkan peningkatan genetik yang juga saudara-saudaranya rasakan atau alami. Efeknya, kini Sanji memiliki kekuatan fisik yang dahsyat dan kemampuan penyembuhannya semakin cepat. Di sisi lain, Sanji terkenal karena kecepatan geraknya yang dahsyat.

one-piece-v102-ch1031-p015-edit

Namun, dalam momen pertarungan terakhirnya melawan Queen, kecepatan Sanji bahkan meningkat sampai-sampai Queen mengira bahwa Sanji menghilang. Sanji pun kemudian memperkenalkan teknik tendangan barunya yang disebut Ifrit Jambe, versi pengembangan dari Diable Jambe. Dengan Luffy yang sekarang resmi menjadi Yonko rasanya cukup masuk akal jika Sanji pun dianggap sebagai salah satu komandan Yonko dalam daftar ini.

Roronoa Zoro

Setelah Sanji, sosok kuat dari kru Topi Jerami lainnya yang juga masuk dalam daftar ini adalah Roronoa Zoro. Sang ahli pedang dari kru Topi Jerami ini juga memiliki momennya tersendiri dalam pertempuran di Onigashima. Beberapa momen epik Zoro di pertarungan itu adalah bagaimana dia menahan serangan kombinasi Kaido dan Big mom, serta bagaimana dia bisa menang menghadapi King.

zoro-onigashima

Zoro benar-benar banyak mengalami peningkatan kekuatan dalam arc ini, di mana selain dia berhasil meningkatkan kemampuan Armament Hakinya, dia juga ternyata mengaktifkan Conqueror Haki yang ada dalam dirinya. Hal ini bisa kita lihat saat Zoro berhasil melukai Kaido dengan teknik Asura atau mengalahkan King. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika kemudian Zoro dianggap sebagai salah satu komandan Yonko terkuat.

Para karakter di atas merupakan perwakilan kekuatan dari kelompok bajak laut mereka masing-masing. Dengan kekuatan dan kemampuan mereka yang dahsyat, wajar rasanya jika para bajak laut tersebut kemudian menjadi komandan Yonko. Level kekuatan mereka tidak terlalu jauh dengan sang kapten, yang mana mereka pun bisa diandalkan untuk menghadapi berbagai ancaman yang muncul. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.