Calvin Ellis

Muncul pertama kali di komik Final Crisis (2009), Calvin Ellis adalah seorang Kryptonian terakhir di Earth-23 yang kemudian memilih alter ego Superman saat menjadi pelindung Bumi. Bisa dibilang Calvin adalah Black Superman yang paling populer di kalangan penggemar, salah satu alasannya karena desain karakternya mirip seperti Barrack Obama yang pada saat itu menjabat sebagai Presiden AS. Yang lebih menariknya lagi, selain menjadi superhero, Calvin memang menjabat sebagai presiden di semestanya. Prestasi lainnya juga terbukti dari sepak terjangnya sebagai pendiri sekaligus pemimpin tim superhero multiverse, Justice Incarnate.

Kenan Kong

Jika Amerika mempunyai Clark Kent, maka Tiongkok juga mempunyai manusia supernya sendiri yang bernama Kenan Kong. Kisah Kenan menjadi Superman Tiongkok bermula saat Ministry of Self-Reliance memilihnya untuk menjadi satu-satunya orang yang mendapatkan energi Qi Superman. Sejak saat itulah dia menjadi sosok superhero baru yang kekuatannya tidak kalah hebat dari Superman asli. Meskipun awalnya sempat tenggelam dalam kesombongan, tetapi pada akhirnya dia berhasil mengendalikan emosinya dan menjadi superhero yang sesungguhnya bersama tim Justice League of China. Dalam beberapa kesempatan, Kenan juga pernah bertemu dan bekerja sama dengan Clark Kent.

Jon Kent

Dari semua karakter yang menggunakan alter ego Superman di daftar ini, mungkin hanya Jon Kent yang mempunyai kedekatan khusus dengan Clark Kent. Hal tersebut bisa terjadi karena pada dasarnya Jon memang anak kandung Clark dan Lois. DNA Kryptonian yang mengalir dalam darahnya membuat Jon menjadi salah satu manusia terkuat di Bumi. Belum lama ini Clark bahkan menunjuk Jon sebagai Superman baru di muka Bumi, sementara dia harus melakukan misi penting ke luar galaksi. Meskipun awalnya sulit, tetapi akhirnya Jon berhasil membuktikan pada dunia dan dirinya sendiri bahwa dia layak untuk menjadi Superman seperti ayahnya.

Lex Luthor

Seperti yang kita tahu, Lex Luthor adalah musuh bebuyutan Superman yang telah bertarung dengannya sejak tahun 40-an. Seiring dengan berjalannya waktu, sebagai manusia tercerdas di Bumi, Lex akhirnya menemukan cara paling efektif untuk mengalahkan Superman, yaitu dengan menjadi Superman. Armor canggih ciptaannya telah membuat Lex mampu mengimbangi kekuatan seorang kryptonian. Pada suatu titik dia bahkan pernah dipandang sebagai pahlawan oleh masyarakat Bumi, di mana dia akhirnya bisa bergabung dengan Justice League, meskipun awalnya sempat mendapatkan penolakan dari Superman dan Batman.

Kal Kent

Terakhir, karakter lain yang pernah menggunakan alter ego Superman adalah Kal Kent yang eksis pada masa depan yang sangat jauh. Pertama kali muncul di komik JLA pada tahun 90-an, Kal Kent diceritakan berasal dari abad ke-853. Secara kekuatan, Kal Kent tidak kalah hebat dari Clark Kent, karena pada kenyataannya dia memang salah satu keturunan jauh yang mewarisi kekuatan Superman. Bedanya, Kal Kent adalah versi pembaruan Superman yang bisa bertahan meskipun tidak mendapatkan sinar matahari dan juga lebih tahan terhadap radiasi Kryptonite.

Itulah 10 karakter tangguh selain Clark Kent, yang pernah menggunakan alter ego Superman. Meskipun saat ini mungkin sebagian dari mereka sudah tidak lagi menggunakan nama Superman, tetapi statusnya sebagai ‘Super-Men’ alias Manusia Super tidak akan lepas dari mereka. Terlebih lagi mereka juga memang terbukti dapat mengimbangi hampir seluruh kekuatan Superman asli. Sehingga suka atau tidak, ternyata selain Clark Kent, di luar sana ada banyak sekali sosok yang layak untuk menjadi Superman. Dari semua karakter ini mana yang menurut kalian paling layak untuk nama besar tersebut, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.