Beberapa karakter superhero dalam cerita komik mendapatkan kekuatan super setelah mereka bangkit dari kematian. Dalam cerita komik, biasanya superhero memiliki cerita yang unik dan menarik tentang bagaimana mereka menjadi supehero dan mendapatkan kekuatan super. Misalnya bagaimana The Flash mendapatkan kekuatan setelah tersambar petir atau Captain America setelah mendapatkan serum Tentara Super. Namun, beberapa karakter superhero ini menjadi superhero dan mendapatkan kekuatan super setelah bangkit dari kematian. Siapa saja?

Spawn

superhero bangkit kematian

Superhero yang bangkit dari kematian yang pertama adalah Spawn. Ini adalah salah satu karakter yang bisa dibilang sangat populer sebagai superhero yang bangkit dari kematian. Spawn adalah karakter superhero karta Todd McFarlane yang pertama kali muncul pada tahun 1992 dalam komik berjudul sama yang diterbitkan oleh Image Comics. Alur cerita Spawn sendiri berfokus pada sosok Al Simmons.

Al merupakan seorang tentara Amerika yang dahulunya sempat bekerja sebagai pembunuh bayaran. Namun, suatu hari, Al Simmons dikhianati dan dihabisi nyawanya oleh teman-temannya sendiri. Kematiannya tersebut justru menjadi awal dari kebangkitannya, di mana Al bertemu dengan sosok iblis bernama Malebolgia. Sang iblis kemudian menawarkan kesempatan kedua kepada Simmons untuk kembali ke dunia sebagai Spawn.

Singkat cerita, Al kemudian setuju untuk kembali ke dunia dan menjadi sosok Spawn atau Hellspawn. Sebenarnya, misi pertama Al sendiri sebagai Spawn adalah membalas dendam para karakter yang sudah mengkhianati dan menghabisi nyawanya. Baru kemudian dia berubah menjadi sosok superhero yang kita kenal. Beberapa kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Spawn adalah regenerasi, kekuatan fisik yang dahsyat, manipulasi energi, dan kemampuan untuk menghasilkan senjata dan alat dari tubuhnya sendiri.

Moon Knight

Marc Spector merupakan superhero dari Marvel Comics yang lahir di Chicago, Illinois, dan merupakan identitas yang ada di balik sosok Moon Knight. Marc kemudian berlatih sebagai petinju kelas berat dan akhirnya bergabung dengan pasukan marinir Amerika. Di sana dia dilatih dengan keras dan Marc pun masuk dalam satuan khusus. Dengan segala kemampuan dan kelebihan yang dia miliki, Marc kemudian direkrut untuk bekerja di badan rahasia milik Amerika, CIA.

Pasca menjalankan sebuah misi yang sempat membuatnya terluka parah, Marc kemudian menjadi tentara bayara bagi Raoul Bushman. Namun, dia justru dihajar sampai tewas karena dianggap berkhianat setelah menolong seorang anak kecil ketika dia menjalan misi untuk menjaga proses pembongkaran makam Firaun di Mesir. Marc dibiarkan tewas di tengah gurun oleh Bushman.

Marc pun ditolong oleh warga Mesir yang memuja dewa Khonsu dan dibawa ke wilayah makam. Tidak lama setelah kematiannya Marc Spector kemudian bangkit kembali. Dia mengatakan jika Khonsu memberikannya kesempatan kedua dengan menjadi Knight of Vengeance atau ksatria yang mewakili bulan untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bersalah. Marc kemudian melepaskan jubah panjang yang berasal dari patung Khonsu dan menggunakannya sebelum akhirnya dia bertarung dengan Bushman. Dalam pertarungan kali ini, Marc yang menjadi pemenangnya dan Moon Knight pun lahir.

The Crow

superhero bangkit kematian

The Crow merupakan karakter yang merupakan hasil karya James O’Barr dan pertama kali diperkenalkan pad 1989. Yang menarik adalah karakter superhero ini muncul setelah kekasih dari sang kreator meninggal dunia. Dia pun terinspirasi untuk menghadirkan karakter superhero ini. Eric Draven merupakan seorang musisi di mana dia memiliki kelompok musik atau band.

Suatu hari, Eric tengah bersama sang kekasih di mana dia tiba-tiba diserang secara brutal oleh sekelompok penjahat jalanan. Sang kekasih bahkan harus mengalami penyiksaan secara seksual sebelum kemudian dihabisi nyawanya. Setelah Eric tewas, seekor gagak hitam misterius kemudian muncul dan dengan kekuatan magisnya dia kemudian membangkitkan Eric dari kematian.

Pasca membangkitkan Eric dari kematian dia pun kemudian memiliki kekuatan super yang luar biasa. Dan dengan kekuatan super itu dia kemudian membalas kematiannya dan sang kekasih serta menjadi sosok vigilante dengan nama The Crow. Yang menarik dari The Crow adalah sosok superhero ini memiliki seekor gagak yang juga bisa jadi rekannya dalam menumpas berbagai kejahatan.

Darkman

Secara teknis, Darkman sebenarnya sudah tewas meskipun tentunya sang kreator menghadirkan cerita di mana dia berhasil selamat dengan kondisi yang mengenaskan. Sosok Dr. Peyton Westlake merupakan seorang ilmuwaan yang bekerja untuk menciptakan kulit buatan demi membantu para korban luka bakar dan juga kanker kulit. Westlake sendiri kemudian harus berurusan dengan seorang penjahat besar yaitu Robert G. Durant.

Permasalahannya dengan Westlake membuat Durant menyuruh anak buahnya untuk menghabisi Westlake dan meledakan lab miliknya. Dalam peristiwa tersebut, secara teknis Westlake sebenarnya sudah tewas. Namun, tubuhnya kemudian ditemukan dan mendapatkan perawatan intens. Seluruh tubuhnya mengalami luka bakar dan seluruh sensor di badannya tidak lagi berfungsi.

Setelah cukup pulih, Westlake membangun kembali labnya dan menyempurnakan hasil kreasinya. Dia pun kemudian memanfaatkan pengetahuannya untuk membalas dendam terhadap Durant dan anak buahnya. Dan pada akhirnya, Durant pun tewas di tangan Westlake yang mana membuatnya bertransformasi menjadi Darkman. Kekuatan yang dia miliki adalah peningkatan kemampuan akibat hormon adrenalin yang mengalir deras dan juga daya tahan yang luar biasa.

The Spectre

superhero bangkit kematian

Superhero yang bangkit dari kematian selanjutnya adalah The Spectre. Identitas atau titel The Spectre sendiri dalam cerita DC Comics sudah pernah digunakan oleh beberapa karakter dalam sejarah kemunculannya. Namun, karakter yang populer menggunakan identitas Spectre adalah Jim Corrigan. Dia merupakan seorang detektif yang tewas setelah diserang dan dihabisi oleh kriminal.

Namun, dia berhasil kembali hidup setelah jiwa dari The Spectre menggunakan tubuh Jim sebagai wadahnya. Sebagai The Spectre, dia menghukum siapa saja yang berbuat kejahatan dengan kekuatan sihirnya. Namun, yang perlu dicatat adalah kemampuan sihir The Spectre tidaklah sembarangan. Dengan kekuatan tersebut, The Spectre sudah menjadi nigh-omnipotent, yang artinya dia memiliki kekuatan dahsyat untuk bisa melakukan apa pun yang dia inginkan.

Karena itulah, The Spectre adalah sosok pahlawan yang lebih sering bertarung di dimensi atau realita lainnya. Selain Jim Corrigan, beberapa karakter yang pernah menggunakan atau menjadi wadah bagi The Spectre adalah Hal Jordan ketika dia mencoba untuk menebus kesalahannya pasca dikendalikan oleh Parallax. Kemudian, karakter lainnya adalah seorang detektif dari Gotham bernama Crispus Allen.

Swamp Thing

superhero bangkit kematian

Karakter superhero yang bangkit dari kematian terakhir adalah Swamp Thing. Yang menarik adalah ada dua versi cerita dari kemunculan Swamp Thing. Versi pertama muncul di tahun 1970an, di mana dalam komiknya diceritakan bahwa pada era 1900an seorang ilmuwan bernama Alex Olson tewas di lab miliknya setelah rekannya menaruh bom. Dalam peristiwa itu, Alex pun tewas seketika.

Namun, ternyata Alex kembali dari kematiannya di mana dia menjadi sosok Swamp Thing. Dia sempat berhasil menghentikan upaya temannya untuk menghabisi mantan tunangannya. Di tahun 1972, DC Comics menghadirkan perubahan cerita dari Swamp Thing di mana karakter utamanya adalah Alec Holland. Dalam ceritanya, di tahun 1970an sosok Alec Holland adalah seorang ilmuwan yang melakukan banyak penelitian terhadap tanaman.

Alec berhasil menghadirkan formula tentang tanaman yang mana membuat dia jadi target dari pembunuhan Nathan Ellery. Dia pun tewas akibat ledakan di labnya, namun tubuhnya kemudian direbut oleh kekuatan alam yang membuatnya kemudian berubah menjadi monster tanaman yang terkenal dengan sebutan Swamp Thing. Kekuatan super yang dia miliki adalah Alec mampu mengendalikan semua tanaman dan makhluk hidup dengan kekuatan alam yang dia miliki.

Dalam cerita komik ada berbagai hal yang bisa terjadi seperti para karakter di atas. Mereka seharusnya tewas pasca apa yang terjadi, namun para karakter itu kemudian mendapatkan kesempatan kedua untuk menjadi superhero. Dan semenjak saat itu, kehidupan mereka mengalami perubahan drastis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.