Dalam sebuah film adaptasi seharusnya pembuat film menghadirkan sesuatu yang unik atau mengikuti sumber aslinya, namun film adaptasi ini justru berubah aneh. Melakukan adaptasi sebuah film bukanlah perkara yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Cerita adalah salah satu contohnya. Menghadirkan perubahan cerita dari sumber aslinya memang bukan hal yang aneh. Namun, terkadang, hal tersebut malah membuat film adaptasi tersebut jadi tidak karuan. Berikut adalah beberapa film adaptasi paling aneh dalam sejarah.

10Catwoman

Film adaptasi paling aneh yang pertama adalah Catwoman yang merupakan film garapan dari Warner Bros dan adaptasi dari cerita DC Comics. Era awal 2000an memang menjadi masa yang kurang begitu baik untuk berbagai film adaptasi buku komik. Menghadirkan sebuah film yang menghubungkan satu cerita ke cerita lainnya dalam satu universe yang sama merupakan sebuah konsep yang mewah dan baru saat itu.

Inilah yang kemudian membuat DC memutuskan untuk mengadaptasi cerita Catwoman sebagai sebuah film solo, di mana Halle Berry yang jadi bintang utamanya. Sayangnya, Catwoman justru gagal dipasaran. Hal ini karena filmnya hampir tidak ada sama sekali elemen cerita dari komiknya. Sehingga, film ini dianggap sebagai sebuah film tersendiri yang beda dari komiknya.

Mereka bahkan merubah asal-usul karakternya, mulai dari namanya yang dirubah menjadi Patience Phillips hingga adanya elemen supranatural dalam ceritanya. Tidak adanya referensi terhadap karakter lain, seperti Batman, juga jadi salah satu alasan lainnya. Belum lagi naskah yang dianggap kurang baik membuat film ini menjadi mimpi buruk bagi Halle Berry. Bahkan, Halle Berry mengaku kapok untuk berperan di film DC.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.