Epoch

Jika Chronos mengaku bahwa dirinya adalah “Dewa Waktu (God of Time)” maka, Epoch mengaku bahwa dirinya adalah “Penguasa Waktu (Lord of Time).” Epoch berasal dari masa depannya, tepatnya pada tahun 3786. Epoch sendiri merupakan salah satu musuh bebuyutan dari Justice Society of America. Namanya, memang mungkin kurang begitu populer namun bukan berarti dia bisa diremehkan. Salah satu hal yang membuat Epoch patut untuk diwaspadai adalah pemikiran jangka panjangnya.

Dia rela bersabar dan memilih untuk secara perlahan menguasai masa demi masa. Epoch lebih sering melakukan eksperimen dengan kekuatannya, di mana dia bergerak secara acak dari masa ke masa. Dia memiliki banyak akses terhadap senjata, dan memiliki aliansi dari ribuan tahun yang akan datang. Bahkan, dia menciptakan sendiri sejarahnya di mana dia menentukan di mana lokasi tubuh aslinya membeku. Dan kemudian seiring berjalannya waktu dia kemudian akan berubah menjadi “Epoch.”

Time Trapper

Villain yang bisa melakukan time travelling lainnya adalah Time Trapper, salah satu villain klasik dari DC Comics. Dia adalah salah satu musuh dari tim Legion of Superheroes, yang mana mereka beraksi di abad 30 dan 31. Yang unik an menarik adalah Time Trapper berasal dari “ujung” waktu. Dia juga menjadi villain yang menciptakan “Iron Curtain of Time.”

Dengan adanya teknologi atau kekuatan tersebut, penjelajah waktu mana pun dan siapa pun tidak akan bisa kembali ke masa asli mereka. Hal itu membuat identitasnya tetap menjadi misteri, bahkan sampai saat ini. Mengapa? Karena, tidak ada yang mampu untuk mencari tahu identitas aslinya. Selain itu, identitas aslinya pun sering kali berubah-ubah akibat efek aliran waktu.

Reverse-Flash

Jika Marvel Comics memiliki Kang sebagai villain yang terkenal sering melakukan time travelling, maka DC Comics memiliki Reverse-Flash. Eobard Thawne adalah karakter yang berasal dari masa depan, di mana dia adalah penggemar berat dari sosok The Flash. Bahkan, dia rela melakukan “reka ulang” bagaimana The Flash mendapatkan kekuatannya. Hal itu semata-mata dia lakukan demi bisa kembali ke masa lalu dan bertemu dengan idolanya.

Namun, Thawne harus menerima fakta pahit saat mengetahui jika Barry Allen memiliki takdir untuk menghabisi nyawanya suatu hari nanti. Sejak saat itu, dia pun memutuskan untuk menjadi musuh bebuyutan bagi Flash dan bagi universe DC secara keseluruhan. Dengan menggunakan Speed Force untuk kembali ke masa lalu, Reverse-Flash benar-benar menyiksa hidup Barry. Misalnya, membuat Barry trauma saat kecil atau menghabisi nyawa ibunya. Justice League pernah berurusan dengan Thawne, namun Flash yang kemudian berhasil menghentikannya.

Armaggon

Selain dari DC dan Marvel, villain yang mampu melakukan time travelling juga ada yang berasal dari komik lainnya. Salah satunya adalah Armaggon. Ini merupakan salah satu villain besar yang berasal dari cerita komik Teenage Mutant Ninja Turtles. Dalam ceritanya sendiri Armaggon digambarkan sebagai seorang karakter villain yang berasal dari masa depan.

Sayangnya, pasca debut kemunculannya aspek time travellingnya sendiri sudah mulai jarang muncul dari sang karakter. Hal ini banyak disayangkan oleh para fans, karena itu merupakan salah satu elemen cerita yang menarik. Armaggon juga coba menjadi pembawa pesan positif tentang lingkungan, mengingat pada masa depan dunia benar-benar dalam kondisi tenggelam.

The Organization

Mungkin banyak Geeks yang tidak tahu jika karakter yang berasal dari Walt Disney, seperti Donald Duck, memiliki sejarah panjang dan cukup aneh terutama di wilayah Eropa. Komik-komik produksi Eropa sering menghadirkan cerita petualangan tidak biasa, seperti Paperinik atau Duck Avengers. Dalam seri komiknya, Donald Bebek digambarkan sebagai seorang pahlawan yang berasal dari masa depan.

Dalam petualangannya tersebut, dia sering bertarung menghadapi berbagai villain salah satunya adalah The Organization. Organisasi villain yang terobses dengan time travelling ini berusaha untuk menguasai waktu agar bisa mendominasi dunia. Mereka memiliki cyborg sebagai senjata mereka seperti Odin Eidolon, the Gryphon, dan The Raider. Namun, upaya mereka selalu berhasil dihentikan oleh sang pahlawan utama.

Time travelling selalu menjadi tema yang menarik dalam cerita dunia komik, apalagi jika kemudian kemampuannya sering dikaitkan dengan para villain. Villain yang mampu melakukan time travelling selalu memberikan kesulitan tersendiri bagi para pahlawan. Namun, pada akhirnya, mereka selalu berhasil untuk dikalahkan oleh para pahlawan tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.