Selain sosok Kang the Conqueror ternyata ada banyak juga villain time travelling di dunia buku komik. Dan para villain tersebut sudah cukup lama memiliki kekuatannya. Kepopuleran Kang baru-baru ini semakin meningkat pasca Marvel Studios memperkenalkan salah satu variant karakternya di seri Loki. Bahkan, variant Kang lain pun akan muncul di Ant-Man 3 pada 2023 mendatang.

Meskipun nama Kang adalah yang paling populer sebagai villain yang melakukan time travelling, namun di dunia komik ada juga berbagai nama lainnya yang sering melakukan hal tersebut. Mereka juga tidak kalah hebat dan mampu memberikan perubahan besar dalam ceritanya. Lalu, siapa saja villain yang melakukan time travelling seperti Kang? Berikut adalah daftarnya.

Bishop

Sebenarnya, sosok Bishop pada awalnya muncul sebagai seorang pahlawan dalam cerita di komik X-Men. Sayangnya, seperti halnya banyak karakter yang sering melakukan time travelling, hal tersebut justru mengubah moral dalam dirinya. Di masa depan, Bishop merupakan seorang petugas kepolisian yang bahkan akan bergabung dengan tim X-Men. Bishop kemudian pergi ke masa lalu, dan menyatu dengan para mutan.

Dia kemudian belajar bahwa melindungi para mutan dan kelompok mereka bukanlah sebuah pilihan yang tepat. Bishop pertama kali muncul sebagai villain dalam peristiwa Civil war. Dia mendukung upaya pengendalian kekuatan pahlawan super, dan mulai memburu mantan rekan-rekannya. Bishop juga sering menjadi villain bagi X-Force, selain menjadi musuh bagi X-Men.

Maestro

Seperti yang Geeks ketahui, dalam cerita komik Marvel ada banyak jenis dari Hulk. Salah satunya adalah Maestro. Meskipun sebagian besar dari berbaga varian Hulk tersebut sangat mengerikan, namun hanya sedikit yang memiliki sifat jahat. Salah satunya adalah Maestro. Dia adalah versi Incredible Hul dari masa depan versi post-apocalyptic. Maestro banyak sekali menyerap radiasi Gamma.

Pasca pertarungannya menghadapi Spider-Man 2099, Maestro akhirnya mendapatkan kekuatan untuk bisa melakukan perjalanan waktu. Dia kemudian menggunakan kekuatan itu untuk menghancurkan Hulk lainnya di masa lalu. Maestro berusaha untuk mengubah Hulk tersebut menjadi sosoknya diluar “jadwal” yang sudah ditentukan. Bruce kemudian menggunakan bom Gamma untuk menghabisi nyawanya, yang mana sebenarnya ini membingungkan. Karena, benda yang sama juga menjadi sumber kekuatan para Hulk.

Nimrod

Nimrod merupakan perwujudan dari masa depan yang buruk dalam alur cerita X-Men Days of Future Past. Nimrod sendiri merupakan sebuah evolusi epik dari Sentinel pemburu para mutan, yang sering kali membuat para X-Men kewalahan. Nimrod memburu musuh atau buruannya dengan cara pergi ke masa lalu. Dia mencoba untuk mencegah para karakter yang berusaha menghentikan masa depan buruk tersebut.

Satu hal yang mengerikan dari Nimrod adalah kemampuan adaptasinya. Di masa atau timeline mana pun dia berada, Nimrod selalu mampu untuk membaur dengan sekitarnya. Hal ini karena kemampuan shapeshifting dan database lengkap tentang semuanya. Dengan membaur, dia bisa lebih mudah memburu musuhnya.

Doctor Doom

Nama Doctor Doom mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Geeks semua, mengingat dia adalah salah satu villain buku komik paling populer. Sosoknya memang terkadang bisa menjadi seorang pahlawan. Namun, Victor von Doom lebih terkenal sebagai seorang villain. Semua hal dia pernah lakukan demi menguasai dunia, termasuk melakukan time travelling atau perjalanan waktu.

Doom jadi villain yang pernah melakukan time travelling baik karena alasan penguasaan dunia atau hanya sekedar iseng belaka. Untuk melakukannya, dia menciptakan sebuah alat canggih bernama Time Platform yang membuat Doom mampu pergi ke sebuah masa. Dia kemudian menyambungkan teknologi tersebut dengan armornya, yang membuat Doom mampu melakukan time travelling kapan poun demi menguasai masa lalu. Bahkan, Doom juga pernah pernah berhadapan dengan Kang.

Chronos

Dengan menjuluki dirinya sendiri sebagai “Dewa Waktu,” mungkin banyak orang berpikir bahwa kekuatan pengendalian waktu Chronos sangat luar biasa. Meskipun, saat ini memang hal tersebut terbukti, tetapi pada awalnya Chronos bahkan tidak memiliki kemampuan tersebut. Villain yang bisa melakukan time travelling dari DC Comics ini butuh waktu untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Suatu hari, dia menjalin kesepakatan dengan sang pemimpin iblis neraka, Neron. Chronos akhirnya mampu memiliki kekuatan untuk bisa memanipulasi waktu. Sayangnya, tanpa dia sadari bahwa itu sebenarnya adalah kutukan. Buktinya adalah dia sudah tidak bisa lagi merasakan atau mengetahui mana masa depan, masa sekarang, dan masa lalu. Chronos pertama, David Clinton, tewas akibat “efek samping ini. Tetapi, titel Chronos sendiri sudah banyak digunakan karakter lainnya. Bersambung ke Halaman 2.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.