Bagi pengguna buah iblis dalam seri One Piece melakukan awakening atau membangkitkan kekuatan buah iblisnya menjadi sebuah pencapaian besar. Meskipun begitu, pada kenyataanya kemampuan awakening tersebut selain juga sangat dahsyat namun bisa sangat berbahaya. Bahkan, beberapa awakening sangat mematikan karena bisa mengancam keselamatan banyak orang. Lalu, apa saja berbagai awakening mematikan?

Awakening Magu Magu No Mi

Rasanya kita tentu sudah sangat mengenal bagaimana potensi dahsyat dari buah iblis milik Sakazuki ini. Buah iblis Magu Magu memberikan kemampuan bagi Sakazuki untuk memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut. Kemampuan magma dari Akainu mampu mengungguli kemampuan api milik Ace. Kita sudah melihat bagaimana awakening buah iblis ini sangat mematikan di Punk Hazard.

Dia berhasil mengubah sebagian wilayah di pulau tersebut menjadi tertutupi oleh magma. Hal ini tentunya membuat pulau tersebut menjadi tidak bisa dihuni oleh manusia. Tentunya, bisa terbayangkan jika kemudian Sakazuki melakukan hal yang sama terhadap berbagai pulau yang ada di dunia One Piece. Dia bisa saja menghancurkan seluruh dunia dengan tekniknya tersebut, yang mana bahkan Oda sendiri mengonfirmasi hal tersebut dalam kolom SBS.

Awakening Hie Hie No Mi

Selain Magu Magu, Geeks juga pasti sudah mengetahui bagaimana potensi mengerikan dari Hie Hie no Mi. Aokiji alias Kuzan adalah pemilik kekuatan dari buah iblis ini. Hie Hie no Mi mampu untuk membuat, mengendalikan, dan merubah Aokiji menjadi es. Dalam sebuah pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini dengan membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja. Misalnya, ketika dia membekukan Jaguar D. Saul.

Dan dalam pertarungan melawan Sakazuki di Punk Hazard, jika dia berhasil membuat sebagian pulau tersebut menjadi lautan magma, maka Aokiji juga berhasil mengubah sebagian lainnya menjadi wilayah yang tertutupi oleh es. Meskipun tidak sedahsyat kekuatan Magu Magu, namun kemampuan Aokiji untuk merubah semuanya menjadi es tentunya sangat berbahaya dan mematikan. Bisa saja, dia mengubah seluruh dunia kembali ke zaman es atau membekukan seluruh pulau yang ada.

Awakening Ito Ito No Mi

Ito Ito no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia yang menjadi milik dari Donquixote Doflamingo. Buah iblis ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk mengendalikan apa pun dengan menciptakan sebuah tali pengatur yang tipis yang berasal dari awan. Senar atau tali yang muncul ini sangatlah kuat, bahkan mampu memotong meteor tanpa kesulitan.

Dengan kekuatan buah iblis ini, Doflamingo mampu mengendalikan sekitarnya, seperti menggunakan teknik sangkar burung (birdcage) untuk mengurung seluruh wilayah Dressrosa. Dan yang mengerikan adalah jaring atau senar tersebut perlahan bisa menghancurkan seluruh bangunan yang ada. Jika bukan karena Luffy dan Law berhasil mengalahkan Dofy, mungkin Dressrosa sudah hancur. Ini menjadi bukti bahwa awakening Ito Ito no Mi sangat mengerikan.

Awakening Ope Ope No Mi

Sudah bukan rahasia jika ini adalah salah satu buah iblis berjenis Paramecia terkuat di serinya. Buah iblis Ope Ope merupakan buah iblis yang menjadi milik kapten Heart Pirates, Trafalgar Law. Buah iblis tersebut membuat Law mampu “memanipulasi” tubuh manusia atau benda apa pun sesuka hatinya. Bahkan, yang paling epik adalah Law mampu menukar kepribadian seseorang dengan kekuatan dari buah iblis ini.

Law sendiri baru saja berhasil menggunakan awakening dari buah iblis ini. Salah satu teknik terbarunya sendiri memiliki nama “Kroom” yang mana Law akan melapisi pedangnya dan mampu menembus tubuh target tanpa menyentuhnya. Serangan ini mampu merusak organ dalam dari musuhnya, seperti yang dia lakukan terhadap Big Mom. Bagaimana teknik ini mampu menembus tubuh kuat sosok kuat seperti Big Mom, yang terkenal karena tubuhnya yang tidak bisa terluka, menjadi bukti bahwa Ope Ope no Mi benar-benar sangat mematikan.

Awakening Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu

Kaido merupakan villain utama dari arc Wano Country, seperti halnya Big Mom. Dia menjadi lawan bagi Luffy dalam pertarungan puncak di arc tersebut. Kaido sendiri memiliki kekuatan buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu, yang membuatnya mampu untuk berubah menjadi seekor naga raksasa. Big Mom memberikan buah iblis tersebut kepada Kaido setelah kekalahan kelompok Rocks di God Valley.

Bukti kedahsyatan dari buah iblis ini adalah bagaimana dia berhasil bertahan selama 20 tahun tanpa ada yang berhasil mengalahkannya. Serta, bagaimana dia menjadi sosok makhluk paling kuat di dunia. Awakening buah iblis ini membuatnya juga menjadi penguasa di Wano. Bahkan, Pemerintah Dunia sendiri tidak berani untuk berurusan dengan sosok Kaido karena kekuatan ini. Yang mengerikan juga adalah dia memiliki mimpi untuk menciptakan kekacauan dan kehancuran di dunia, yang mana bisa saja dia lakukan dengan kekuatan awakening buah iblisnya.

Awakening Hito Hito No Mi, Model: Nika

Kejutan besar muncul di arc Wano, di mana ternyata nama dari buah iblis Luffy tersebut bukanlah nama aslinya. Gomu Gomu no Mi alias Hito Hito no Mi, Model: Nika, merupakan buah iblis berjenis Mythical Zoan yang menjadi milik Luffy. Buah iblis ini mampu merubah penggunanya menjadi seseorang yang elastis, seperti yang sering Luffy perlihatkan di sepanjang serinya.

Saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatan penuhnya, kekuatan karet Luffy benar-benar sangat luar biasa seperti bisa kita lihat dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin. Dan Gorosei sendiri menyebutkan bahwa ini adalah buah iblis yang memiliki kekuatan paling mengerikan di dunia. Mereka pun sudah mengincar buah iblis tersebuh sejak 800 tahun lalu. Bagaimana kekuatan buah iblis ini mengandalkan imajinasi dan kebebasan seseorang, serta bagaimana Luffy mampu mengalahkan Kaido berkat buah iblis ini, rasanya sudah menjadi bukti kuat seberapa mengerikan dan mematikan buah iblis Nika.

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa kekuatan awakening buah iblis milik seseorang memang sangatlah dahsyat. Bahkan, dengan peningkatan kekuatan tersebut membuat penggunanya akan semakin tidak terkalahkan. Tetapi, di sisi lain, ada potensi ancaman besar yang sangat mematikan dari awakening tersebut. Tentunya kekuatan besar tersebut perlu dikendalikan dengan baik agar tidak memakan korban jiwa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.