Keberadaan kelompok Topi Jerami di pulau Egg Head memberikan sesuatu yang baru bagi para penggemar One Piece. Seperti yang kita ketahui, Egg Head menjdi pulau selanjutnya pasca alur cerita panjang di Wano Country. Pulau ini benar-benar berbanding terbalik dari Wano, di mana jika Wano sangat tradisional maka Egg Head benar-benar sangat maju dan modern.

Hal ini bisa kita lihat dalam alur ceritanya, di mana ada banyak robot-robot dahsyat yang muncul. Misalnya, robot hiu raksasa yang hampir menerkam kelompok Topi Jerami. Atau robot raksasa lain yang menyelamatkan mereka dari hiu tersebut. Semua kecanggihan dan hal luar biasa di pulau tersebut merupakan hasil karya dari sosok Dr. Vegapunk, sang ilmuwan jenius.

Egg Head merupakan “rumah” bagi Vegapunk, karena di sana dia melakukan berbagai penelitian. Ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Egg Head menjadi pulau milik Pemerintah Dunia. Para fans pun penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam petualangan di arc baru ini. Namun, terdapat spekulasi menarik mengenai hal tersebut.

Para Kloning Vegapunk

Dalam chapter 1062, terungkap bahwa sosok Vegapunk ternyata memiliki banyak kloning. Ada enam kloning yang Vegapunk ciptakan, di mana menurut informasinya, keenam kloning tersebut mewakili sifat dan karakter dari manusia – atau Vegapunk. Mereka adalah Shaka, Atlas, Phytagoras, Edison, Lillith, dan Yoke/York. Berdasarkan penjelasan dari CP-0, keenam satelit itu sengaja Vegapunk ciptakan.

Hal tersebut karena Vegapunk merupakan sosok yang sangat sibuk. Dia membutuhkan lebih dari satu tubuh untuk mengerjakan berbagai hal. Penciptaan kloning atau satelit ini menjadi bukti kecerdasan dari sosok Vegapunk. Di sisi lain, juga ini menjadi bukti bahwa pemikirannya memang sangat jauh kedepan. Vegapunk juga pernah meneliti tentang rekayasa genetik, yang mana tidak heran jika dia mampu menciptakan kloning.

Dan berbicara mengenai kloning atau satelit Vegapunk tersebut, terdapat sebuah spekulasi yang menarik di kalangan fans. Keenam kloning tersebut kemungkinan adalah robot atau mecha atau cyborg. Artinya, mereka tidak 100% manusia. Dalam spekulasinya, ada kemungkinan jika para kloning tersebut bisa saling menyatu untuk kemudian menjadi sebuah robot raksasa.

Konsepnya mirip seperti Megazord dalam cerita Power Rangers atau teknik Docking dalam seri One Piece. Docking sendiri pernah kita lihat dalam pertempuran melawan Oz di arc Thriller Bark. Pada saat itu, hampir semua kru Topi Jerami terlibat dalam teknik Docking ini. Meskipun tidak 100% mampu mengalahkan Oz, tetapi teknik Docking tersebut mampu untuk membuat monster Luffy itu terluka dan melemah.

Saat mereka berenam menyatu, tubuh robot mereka akan sangat besar dan memiliki fungsi yang beragam. Meskipun Vegapunk belum menjelaskan mengenai hal ini, tetapi bisa saja dia sudah mempersiapkan hal tersebut untuk keadaan darurat atau bahaya. Misalnya, ketika pulau Egg Head mendapatkan serangan. Atau ketika nyawa Vegapunk terancam.

Sunny Jadi Mecha?

Ketika kemudian keenam kloning Vegapunk tersebut benar-benar berubah menjadi robot raksasa, bagaimana kemudian cara mengalahkannya? Tidak lain adalah dengan menggunakan robot lainnya. Namun, bukankan Luffy dan kru Topi jerami tidak memiliki robot? Inilah momen bagi Franky untuk kemudian bersinar, di mana dia mungkin akan membangun mecha di “tubuh” Sunny.

Spekulasi lain yang banyak beredar di kalangan fans menyebutkan bahwa arc Egg Head ini akan menjadi arc bagi Franky. Seperti yang kita tahu, beberapa arc Oda jadikan momen untuk menjadikan sebuah karakter “bintang utamanya.” Jika dalam arc Whole Cake Island sosok Sanji yang menjadi sorotan utama dan arc Wano menjadikan sosok Zoro sorotan utama, maka dalam arc Egg Head ini menjadi giliran Franky.

Dengan menggunakan berbagai teknologi dan peralatan canggih di pulau tersebut, Franky akan menjadikan Sunny sebuah kapal yang berbeda. Sunny akan mampu berubah menjadi robot/mecha. Dan ini akan menjadi jalan bagi kelompok Topi Jerami untuk kemudian menghadapi gabungan dari kloning Vegapunk tersebut. Franky membangun Mecha Sunny kemungkinan adalah salah satu momen epik di arc ini.

Meskipun pertarungan mecha belum pernah terjadi sebelumnya, namun mengingat keberadaan mereka yang ada di pulau masa depan rasanya pertempuran mecha bukan sesuatu yang mustahil. Apalagi, sejak awal cerita di arc ini kita sudah disuguhkan banyak hal-hal epik yang berkaitan dengan teknologi kreasi dari Vegapunk. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.