Arc Wano Country menjadi cerita yang banyak menghadirkan berbagai momen besar dan epik di sepanjang seri One Piece. Selain menjadi arc yang paling panjang, Wano juga menjadi arc yang banyak menghadirkan berbaga rahasia dan juga informasi penting. Salah satunya adalah berbagai momen awakening atau bangkitnya kekuatan buah iblis. Kita melihat momen awakening dari buah iblis Law dan Kid.

Hal tersebut terjadi dalam pertarungan mereka melawan Big Mom. Namun, selain kedua karakter tersebut, kita juga melihat momen awakening dari buah iblis milik Luffy. Bukan hanya itu, Oda juga menghadirkan fakta mengejutkan bahwa nama asli dari buah iblis Luffy adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Kedahsyatan awakening buah iblis ini bisa kita lihat dalam pertarungan melawan Kaido.

Berbagai hal dahsyat Luffy perlihatkan dengan kekuatan Gear 5 tersebut. Misalnya, kita melihat bagaimana Luffy berubah menjadi raksasa. Atau bahkan dia mampu merubah sekitarnya menjadi karet. Dalam momen tersebut, nampak Luffy masih belum mampu mengendalikan penuh kekuatannya. Tetapi, dalam arc terbaru ini nampaknya tidak butuh waktu lama bagi Luffy untuk membiasakan diri dengan kekuatan tersebut.

Luffy Sudah Kuasai Gear 5

Transformasi baru dari Luffy ini benar-benar sangat ikonik. Karena, pada akhirnya, Luffy memperlihatkan kekuatan rahasia dalam buah iblis tersebut yang dia sendiri mungkin tidak pernah ketahui. Hal ini jelas membuat semua orang terkejut dan terkesima. Bahkan, Kaido pun tidak menyangka jika ada kekuatan semacam itu. Dan yang paling utama tentunya adalah bagaimana dengan kekuatan ini Luffy akhirnya berhasil mengalahkan Kaido.

Seperti yang Geeks ketahui, bahwa masih ada banyak rahasia terkait buah iblis. Termasuk juga mengenai awakening dan bagaimana para penggunanya mampu untuk memaksimalkan kekuatan tersebut. Dalam chapter sebelumnya juga terungkap bahwa menggunakan kekuatan awakening akan sangat melelahkan dan menguras tenaga. Tetapi, sepertinya Luffy sudah mulai terbiasa dengan hal itu.

Pada awalnya, saat Luffy menggunakan awakening buah iblis Nika, butuh banyak tenaga dan energi untuk bisa menggunakannya. Inilah alasan dia hanya bisa menggunakannya untuk waktu yang singkat. Namun, di chapter 1062 kemarin Luffy terlihat sepertinya sudah mampu mengatasi masalah ini. Dalam chapter tersebut, di salah satu panel nampak Luffy sangat marah karena makanan yang dia lihat dan coba makan ternyata hanya hologram.

Dalam momen singkat – dan juga konyol – tersebut sekilas kita bisa melihat bagaimana kemarahan Luffy nampak sangat mirip dengan transformasi Gear 5. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari spekulasi bahwa ada kemungkinan jika Luffy sudah berhasil untuk membiasakan diri atau mampu untuk melampaui kelemahan dari Gear 5 Luffy yang sempat menjadi masalah baginya.

Petunjuk Luffy Akan Dapatkan Gear 6?

Apakah Gear 5 jadi form terakhir dari Luffy? Menurut beberapa fans, setelah Luffy akhirnya berhasil mengakses form Gear 5 miliknya tersebut, kemungkinan dia masih memiliki satu transformasi terakhir. Spekulasi tersebut terinspirasi dari dari gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6.

Dalam spekulasinya, Gear 6 atau versi terakhir dari teknik Gear ini akan menjadi versi yang jauh lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan, disebutkan bahwa ini akan menjadi versi yang paling kuat dan sempurna dari kekuatan buah iblis Luffy. Yang kemudian membedakan transformasi Luffy dengan yang lain adalah bagaimana dia tidak hanya bergantung kepada kekuatan buah iblis, melainkan juga Haki.

Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan puncak melawan Kaido. Bagaimana kemudian Luffy kemungkinan sudah terbiasa dengan Gear 5 tersebut seolah menjadi petunjuk yang Oda hadirkan bahwa kemungkinan Luffy akan kembali mendapatkan peningkatan kekuatan, yang mana adalah Gear 6. Lalu, bagaimana kemudian Luffy bisa mengaktifkan atau mengakses Gear 6?

Dalam artikel sebelumnya terdapat pembahasan bagaimana Luffy kemungkinan akan mendapatkan bantuan dari Vegapunk untuk hal tersebut. Seperti yang Geeks ketahui, vegapunk adalah sosok ilmuwan paling cerdas di dunia dan juga karakter penting di arc terbaruini. Dengan kejeniusannya, Vegapunk tentu tahu tentang buah iblis dan juga DNA manusia. Dia sudah banyak mempelajari hal tentang manusia dan rekayasa genetika, yang mana tentunya hal tersebut bisa membantu Lufy untuk mengakses Gear 6.

Perkiraan Bentuk Gear 6

Jika kemudian Gear 6 memang benar-benar akan Oda hadirkan sebagai kekuatan terakhir dan sempurna Luffy, lalu seperti apa perwujudannya? Kemungkinan besar tidak akan ada perubahan atau perbedaan besar antara Gear 6 dan Gear 5. Dalam poin di atas dijelaskan bahwa Gear 6 adalah bentuk sempurna dari Gear 5. Artinya, akan ada banyak hal yang sama dengan Gear 5. Hanya saja semuanya jauh lebih baik.

Misalnya, kekuatan elastisitas Luffy akan jauh lebih mengerikan. Dalam salah satu spekulasi lain dijelaskan bahwa level elastisitas di Gear 6 ini akan sanggup memengaruhi ruang dan waktu. Kemudian, ukuran tubuh raksasa Luffy juga akan jadi jauh lebih besar dari apa yang kita lihat di Gear 5. Ukuran Luffy bisa sama dengan ukuran Sanjuan Wolf atau bahkan melebihanya.

Dan yang paling utama tentunya akan ada kemampuan baru yang tidak kalah dahsyat. Dalam momen Gear 5, kita bisa melihat bagaimana Luffy mampu memegang dan melemparkan petir atau merubah sekitarnya menjadi elastis. Mungkin, di Gear 6 nanti kita akan melihat hal yang jauh lebih epik atau bahkan lebih mengerikan dari hal itu.

Jadi Cara Kalahkan Im?

Im adalah salah satu karakter yang sangat misterius di dunia One Piece. Tidak ada yang tahu seperti apa wujudnya, apalagi mengenai kekuatannya. Meskipun begitu, banyak yang meyakini bahwa dia bukanlah sosok biasa. Hal ini bisa kita lihat dalam chapter 1060 kemarin, di mana dia mampu mengendalikan sebuah senjata dahsyat yang menghancurkan pulau Lulusia dalam sekejap.

Bagaimana dia bisa menjadi penguasa dunia juga dapat jadi petunjuk kuat mengenai sosok Im. Terlepas dari apakah dia memiliki kekuatan buah iblis atau tidak, Im bisa kita asumsikan sebagai sosok yang sangat kuat. Banyak fans yang berasumsi bahwa dia akan menjadi lawan terakhir bagi Luffy. Jika memang demikian, artinya Luffy perlu mempersiapkan diri.

Gear 6 bisa jadi adalah cara sekaligus solusi terakhir ketika Luffy berhadapan dengan Im. Kita masih belum tahu sekuat apa Im. Namun, mungkin dia adalah salah satu karakter terkuat di serinya. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika kemudian Luffy akan menggunakan kekuatan terkuatnya untuk menghadapi Im. Selain Im, Luffy juga bisa saja menggunakan Gear 6 tersebut untuk menghadapi Blackbeard yang juga merupakan karakter kuat di serinya. Kita nantiukan saja ya Geeks bagaimana perkembangan kekuatan Luffy kedepannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.