Nama Dr. Vegapunk saat ini menjadi perhatian dan sorotan dari para fans One Piece. Setelah lebih dari dua dekade berjalan, akhirnya para fans bisa menyaksikan wujud dari sosok ilmuwan yang paling cerdas di dunia tersebut. Tetapi, kita kemudian menemukan fakta bahwa sosok yang muncul dalam ceritanya bukanlah Vegapunk asli, melainkan kloning atau tiruannya.

Seperti yang kita ketahui, Dr. Vegapunk merupakan kepala ilmuwan dari pihak angkatan laut. Beberapa hasil penemuannya adalah berhasil menemukan rahasia dan penggunaan dari batu laut. Kemudian, dia juga kurang lebihnya tahu mengenai cara kerja dari buah iblis. Belum lagi, dia berhasil meneliti tentang Lineage Factor beserta aplikasinya yang mana dia gunakan untuk menciptakan kloning tersebut.

Penjelasan Mengenai Keenam Kloning Vegapunk

Marc on Twitter: "oke, lanjut bahas 6 "satelit" ini yak PUNK 01 sifat : (logic) Logis nama : Shaka bisa dibilang ialah yg paling mendekati deskripsi orang2 ttg Vegapunk, kalem, tidak gegabah,

Berbagai penemuan epik dan luar biasa dari Vegapunk juga bisa kita lihat di sepanjang ceritanya, yang mana seperti yang semua katakan jika teknologi tersebut benar-benar sangat maju sampai 500 tahun kedepan. Kesibukan yang Vegapunk lakukan dengan berbagai penelitiannya menjadi alasan mengapa dia membuat enam kloning dari dirinya. Yang menarik, masing-masing mereka memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda.

  • Punk-01 “Shaka”, merupakan perwujudan dari “sisi baik” seorang Vegapunk. Dari chapter 1062 kemarin, kita melihat bagaimana Shaka menggunakan topeng futuristik di kepalanya, lengkap dengan antena dan earpice. Hal tersebut membuatnya bisa berkomunikasi dengan para kloning Vegapunk yang lain.
  • Punk-02 “Lilith”, menjadi perwujudan dari “sisi buruk” seorang Vegapunk. Lilith muncul sebagai seorang wanita muda dengan rambut pendek berwarna cerah. Karena menghadirkan sisi buruk seorang Vegapunk, di chapter 1062 kemarin kita melihat bagaimana Lilith begitu meremehkan dan juga curiga terhadap kru Topi Jerami. Selain itu, Lillith juga sering mencuri harta benda milik bajak laut atau mereka yang terdampar. Namun, Lillth mengatakan bahwa semua yang dia lakukan adalah demi melindungi Vegapunk.
  • Punk-03 “Edison”, menjadi perwujudan “sisi cerdas/pemikir” dari Vegapunk. Sayangnya, kloning ini masih belum muncul.
  • Punk-04 “Pythagoras”, merupakan perwujudan dari “sisi kebijaksanaan” dari Vegapunk. Kloning ini pun masih belum muncul di sepanjang ceritanya.
  • Punk-05 “Atlas”, menjadi gambaran dari “sisi kekerasan” seorang Vegapunk. Penampilan Atlas sendiri sangat besar. Bahkan, Luffy mengatakan ukurannya setara atau hampir setara dengan Kaido. Atlas memiliki wajah yang mirip seperti anak kecil. Tetapi, emosinya sangat meledak-ledak dan tidak terkendali. Hal ini bisa kita lihat bagaimana dia menghajar monster cahaya dengan menggunakan sarung tangan Photon. Bukti kekuatan dahsyatnya yang lain adalah bagaimana Atlas mampu menghajar Luffy sampai terhempas jauh. Daya tahannya juga luar biasa, terlihat saat pukulan Luffy sama sekali tidak mempan terhadapnya.
  • Punk-06 “York”, menjadi perwujudan dari “sisi serakah/rakus” dari Vegapunk. Sama sepert Punk-03 dan Punk 04, Punk-06 masih belum Oda hadirkan dalam cerita.

Ini Asal-Usulnya?

Link Baca One Piece Chapter 1061: Vegapunk Muncul, Topi Jerami Bubar! - Zona Banten

Keenam kloning atau “satelit” dari Dr. Vegapunk ini memiliki perwujudan atau karakteristik yang mewakili sang penciptanya. Mereka mewakili masing-masing sifat tersebut. Meskipun Oda Sensei masih belum memberikan penjelasan mengenai asal-usul dari nama tersebut, sebagian fans sendiri sudah memberikan spekulasinya mengenai hal ini.

  • Punk-01 “Shaka”, kemungkinan kloning ini terinspirasi dari salah satu karakter di seri Saint Seiya, Virgo Shaka. Karakternya sangat erat dengan rasi bintang Virgo. Dan menurut informasinya, “Shaka” sendiri merupakan nama asli dari Buddha dalam bahasa Jepang.
  • Punk-02 “Lilith”, kemungkinan terinpirasi dari fenomena bulan “gelap” atau gerhana bulan di bumi yang terjadi pada 1918. Namun, hal ini kemudian dibantahkan berdasarkan informasinya. Nama “Lillith” juga dianggap erat kaitannya dengan sosok dewi yang memiliki kekuatan dahsyat, pengetahuan tinggi, dan juga energi yang besar.
  • Punk-03 “Edison”, kemungkinan terinspirasi dari sosok penemu yang sangat populer. Atau bisa juga nama ini terinspirasi dari sebutan untuk kawah-kawah yang berada di permukaan bulan.
  • Punk-04 “Pythagoras”, juga kemungkinan terinspirasi dari sosok ahli matematika yang sangat cerdas yang berasal dari Yunani. Pythagoras juga merupakan seorang ahli astronomi yang populer. Di sisi lain, ini juga merupakan sebuatn lain untuk berbagai kawah yang ada di bulan.
  • Punk-05 “Atlas”, bisa jadi terinspirasi dari sosok mitologi yang berasal dari Yunani Kuno. Dalam ceritanya, Atlas merupakan seorang raksasa dengan kekuatan yang luar biasa. Dia memiliki tugas untuk menanggung atau menahan bumi atau surga di pundaknya untuk selamanya. Satelit, kawah di bulan, dan juga beberapa hal lainnya kemudian dibri nama Atlas.
  • Punk-06 “York”, kemungkinan terinspirasi dari salah satu rasi bintang Arcturus di era atau zaman Mesopotamia, yaitu “Shudun” atau Yoke/York.

Semua hal di atas masih merupakan spekulasi belaka, yang artinya masih ada kemungkinan jika ada perbedaan besar yang kemudian Oda hadirkan. Namun, di sisi lain, Oda sendiri terkenal akan berbagai referensi yang kemudian dia masukan di ceritanya. Sehingga, bukan hal mustahil jika beberapa atau bahkan semua spekulasi tersebut terbukti. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.