Ironheart adalah salah satu superhero remaja Marvel yang sekarang namanya menjadi pembahasan hangat di kalangan penggemar. Alasannya karena sebentar lagi karakter yang bernama asli Riri Williams (Dominique Thorne) ini akan melakukan debut MCU-nya di film Black Panther: Wakanda Forever. Sebenanya terlepas dari penampilan live action-nya yang sudah sangat penggemar antisipasi, Ironheart sendiri terbilang karakter yang masih baru di Marvel Comics.

Riri alias Ironheart melakukan debutnya pada tahun 2016 sebagai anak genius yang akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari idolanya, Tony Stark alias Iron Man. Sebagai karakter yang digadang-gadang sebagai penerus Iron Man, Riri sering terlihat beraksi sambil mengenakan armor ciptaannya sendiri. Sejak kemunculan pertamanya sampai sekarang, setidaknya sudah ada tiga armor canggih yang telah dia ciptakan. Armor apa saja? Simak di bawah ini!

Ironheart Model I

Pertama kali muncul di komik Invincible Iron Man Vol. 3 #7 (2016), Riri adalah seorang mahasiswi genius yang berkuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Selain belajar, Riri juga sering menghabiskan waktunya untuk mengerjakan proyek rahasia di kampusnya. Yaitu membalik proses penciptaan armor lama Iron Man MK 41, agar dia bisa mengetahui cara menciptakan armornya sendiri. Dengan peralatan dan onderdil yang dia dapatkan dari sekitar kampusnya, Riri akhirnya berhasil menciptakan armor pertamanya, yaitu Ironheart Model I.

Saat pertama kali digunakan Ironheart Model I terbilang masih ringkih dan hanya mempunyai kemampuan untuk terbang. Bahkan ketika Riri pertama kali menggunakannya, armor ini langsung berhenti berfungsi setelah tertabrak truk. Namuns eiring dengan berjalannya waktu, Riri kemudian menyematkan A.I. dan sejumlah teknologi lainnya yang membuat Ironheart Model I lebih canggih dan lebih kuat. Termasuk penembak repulsor, pengendali jarak jauh, penambah kekuatan fisik, medan energi untuk keperluan menyerang dan bertahan, serta medan magnet untuk menarik logam di sekitarnya.

Ironheart Model II

Armor Ironheart Model II pertama kali muncul sebagai cameo di komik Champions Vol. 2 #1 (2016), di mana orang lain masih asing dengan karakternya. Barulah di komik Invincible Iron Man Vol. 4 #3 (2017), Marvel menjelaskan bagaimana Riri menciptakan armor Ironheart yang lebih canggih ini. Ironheart Model II sendiri adalah armor yang Riri ciptakan berdasarkan arahan dari A.I. Tony Stark, saat Tony yang asli mengalami koma setelah peristiwa Civil War II (2017). Itulah mengapa armor yang satu ini terlihat sangat mirip seperti armor Iron Man, termasuk warna dasarnya.

Armor yang lebih canggih dan lebih kuat ini memungkinkan Ironheart untuk bertarung melawan musuh super kuat seperti Rhino. Selain bisa terbang dan menembakan proyektil dari repulsornya, armor ini juga bisa mengeluarkan energi listrik. Ironheart Model II juga terbilang lebih aman daripada armor sebelumnya. Karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan teknologi yang membuat penggunanya lebih aman meskipun dia terjatuh dari ketinggian dalam keadaan pingsan. Yang lebih menariknya lagi, A.I. di dalamnya membuat armor ini bisa bergerak sendiri meskipun Riri tidak mengenakannya.

Ironheart 3.0

Setelah armor Ironheart Model II hancur oleh sang Mad Titan Thanos, Riri akhirnya menciptakan armor baru di komik Champions Vol. 2 #22 (2018). Dengan Ironheart 3.0 ini untuk pertama kalinya Riri mempunyai armor dengan ciri khasnya sendiri. Mulai dari warna merah muda dan hitam yang bisa berubah menjadi tembus pandang. Serta berbagai teknologi dan senjata canggih yang berasal dari idenya sendiri. Jika kita bandingkan dengan armor-armor sebelumnya, armor Ironheart 3.0 terbilang lebih aerodinamis, lebih ringan, lebih cepat, lebih tahan terhadap serangan, dan lebih kuat.

Yang lebih menariknya lagi, Riri bisa menyimpan armornya ini di sebuah gelang yang dia kenakan di lengan kirinya. Jika membutuhkannya Riri tinggal mengeluarkannya hanya dalam hitungan detik. Selain bisa menembakan repulsor dari kedua telapak tangannya, dia juga bisa menembakan sejumlah mini rudal dari lengannya. Untuk kebutuhan serangan yang tidak terlalu mematikan, Ironheart 3.0 juga mempunyai penembak flashbang dan pemancar ultrasonik. Kecerdasan A.I. Ironheart 3.0 juga dapat mencerna informasi yang sangat rumit dari sebuah pertempuran untuk kemudian diteruskan kepada Riri.

Itulah tiga armor canggih Ironheart yang telah menjadi saksi bisu dari perkembangan Riri Williams di Marvel Comics. Armor-armor ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Riri memang layak menjadi penerus Tony Stark alias Iron Man. Bukan hanya karena sama-sama mengenakan armor canggih seperti Iron Man, tetapi lebih karena Riri mempunyai kecerdasan dan ambisi yang membuatnya tidak pernah puas hanya dengan satu armor saja. Jika karakternya ini Marvel terapkan juga di MCU, bukan tidak mungkin ke depannya dia akan mempunyai banyak armor canggih dengan keunikannya tersendiri.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.