Daredevil adalah salah satu karakter Marvel yang sangat mengandalkan semua pancaindranya, kecuali indra pengelihatannya. Kemarin, superhero bernama asli Matt Murdock (Charlie Cox) ini baru saja tampil di serial She-Hulk: Attorney At Law untuk unjuk kehebatannya. Karakter yang terkenal sebagai Man Without Fear ini mengaku kepada She-Hulk (Tatiana Maslany) bahwa indra pendengarannya sangat tajam. Daredevil bahkan bisa mengetahui berapa banyak orang dalam sebuah gedung, padahal dia tidak bisa melihat.

Salah satu kekuatan andalan Daredevil tersebut telah membuat She-Hulk bertanya-tanya, mungkin begitu juga dengan para penggemar yang menonton serialnya kemarin. Tanpa pengelihatannya, setajam apa sebenarnya pancaindra Daredevil? Khususnya pendengaran, penciuman, dan perasa dari sang ‘Golden Devil’, yang konon jauh lebih superior dari superhero mana pun di Marvel Universe. Penasaran ‘kan? Tanpa basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas di bawah ini, Geeks!

Pendengaran Sonar

Yang pertama kita mulai dari pendengarannya, karena memang untuk indra pengelihatan, Daredevil adalah seorang tunanetra. Sehingga dalam menjalani aktivitas sehari-hari, dia justru memanfaatkan pendengarannya untuk ‘melihat’. Di komik debutnya yang berjudul Daredevil #1 (1964), diceritakan bahwa asal usul kekuatan Daredevil bermula karena dia sudah tidak bisa melihat sejak kecil. Tepatnya setelah menyelamatkan seorang pria tunanetra dari sebuah truk, di mana zat radioaktif yang dibawa truk tersebut malah mengenai matanya. Sejak saat itulah pendegarannya menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Pendegaran super Daredevil memungkinkannya untuk mendengar getaran suara dari rentang 1 sampai 7 desibel. Sedangkan ambang terendah pendegaran manusia biasa hanya bisa mendegar getaran suara di kisaran 20 desibel. Hal inilah yang akhirnya membuat dia bahkan bisa mendengar detak jantung orang di sekitarnya. Melalui pelatihan fokus tingkat tinggi, Daredevil bisa memilih suara yang ingin dia dengar lebih keras. Yang lebih hebatnya lagi, pendengarannya juga berkembang menjadi seperti sonar. Dengan suara, dia bisa memproyeksikan keadaan di sekitarnya menjadi gambar 3D di kepalanya.

Hal inilah yang kemudian membuat Daredevil tampak tidak seperti orang tunanetra pada umumnya. Padahal secara fungsi, justru matanya sudah 100% tidak bisa melihat. Sebagai gantinya, telinga Daredevil mengambil alih peran mata, sampai akhirnya dia mempunyai pendengaran setajam sekarang. Inilah alasan mengapa Daredevil di serial She-Hulk kemarin bisa mengetahui jumlah orang dalam suatu gedung hanya dengan memanfaatkan pendengarannya saja.

Sentuhan Super Sensitif

Dari pendegaran sekarang kita beralih ke indra perasa yang Daredevil miliki. Selain mengubah fungsi telingannya, kehilangan pengelihatan telah meningkatkan sensor rangsangan di setiap jaringan kulitnya. Dengan kulitnya ini, Daredevil bisa merasakan sesuatu yang seharusnya tidak bisa manusia normal rasakan. Misalnya membaca sebuah buku hanya dengan menyentuhkan jarinya di setiap tulisan. Karena sentuhannya sangat sensitif, dia bisa merasakan tinta bahkan debu yang ada di sebuah buku.

Dalam kesempatan lain, indra perasanya juga telah membuktikan bahwa Daredevil bukanlah superhero biasa. Seandainya pendegarannya tidak tajam sekalipun, indra perasa Daredevil mampu merasakan perubahan suhu dan atmosfer di sekitarnya. Dia bisa merasakan kehadiran seseorang yang berdiri 1,5 meter darinya hanya melalui suhu tubuh. Dia juga bisa mengetahui jika ada seseorang yang mendekat dari perubahan atmosfer di sekitarnya. Dengan indra perasanya ini, cukup jelas bahwa Daredevil akan sangat sulit untuk didekati secara diam-diam.

Penciuman Manusia Super

Terakhir, indra penciuman Daredevil juga tidak kalah dahsyat dari pendengaran dan perasanya. Hanya dengan penciumannya, Daredevil bisa membedakan fisiologi seseorang, meskipun orang tersebut tengah bersama kembarannya. Untuk tingkat yang lebih ekstrem, Daredevil juga bisa mengetahui aktivitas seseorang selama lima menit ke belakang hanya dari semua bau yang ada di tubuhnya. Kemampuan penciuman manusia super ini juga sempat terlihat di serial She-Hulk kemarin. Di mana dia bisa mencium bau bahan bakar jet dari kostum Leapfrog, yang akhirnya membantu dia untuk menang di persidangan.

Jarak terjauh dari penciuman Daredevil sendiri adalah sekiar 15 meter. Jarak pencciuman tersebut tentunya tidak dimiliki oleh manusia biasa. Dengan kemampuan ini dia bisa memfokuskan penciumannya pada seseorang dan akan selalu mengetahui keberadaan targetnya jika jaraknya kurang dari 15 meter. Untuk indra pengecapnya mungkin Marvel tidak pernah menjelaskannya secara gamblang. Namun, dengan penciumannya ini, Daredevil pernah terbukti bisa mencium apa yang telah seseorang makan, lalu pengecapnya akan menggambarkan rasa dari makanan tersebut.

Itulah penjelasan seberapa tajam sisa pancaindra Daredevil, selain pengelihatannya. Ternyata meskipun dia tunanetra, tetapi pendengaran, perasa, dan penciumannya justru telah mebuatnya menjadi manusia super. Dengan sisa pancainderanya tersebut dia bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa manusia biasa lakukan. Termasuk mengetahui  keberadaan orang lain, meskipun orang tersebut bersembunyi atau bahkan mempunyai kemampuan untuk menghilang. Berdasarkan ini semua, cukup jelas bahwa kekuatan Daredevil tidak bisa kita anggap remeh.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.