Inikah buah iblis Im Sama di One Piece? Siapa sebenarnya Im Sama dalam cerita One Piece? Apakah dia ibu dari Luffy? Apakah dia benar-benar penguasa dunia? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul di benak para fans mengenai sosok misterius Im. Bukan tanpa sebab memang banyak teori bermunculan, karena seperti karakter misterius lainnya, Eiichiro Oda belum memberi tahu siapa sebenarnya sosok Im.

Bahkan, kadar misterius Im jauh lebih besar daripada sosok Dragon dan Shanks. Tidak ada sama sekali informasi yang kita ketahui tentang sosok Im, selain beberapa fakta yang sudah kita ketahui. Pertama adalah dia merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia. Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia adalah gabungan dari 20 kerajaan yang dulu sempat menyerang Kerajaan Kuno.

Imu-Sama The Supreme Authority : Made Five Elders Kneel | One Piece Ep 889 Eng Sub - YouTube

Setelah berhasil menghancurkannya, 19 kerajaan kemudian menetap di sebuah wilayah yang kemudian kita kenal dengan Mary Geoise. Mereka juga kemudian membentuk sebuah organisasi yang terkenal dengan nama Pemerintah Dunia. Fakta yang kedua adalah Im memiliki posisi yang lebih tinggi dari Gorosei alias lima tetua bintang. Banyak yang menyangka bahwa Gorosei adalah pemimpin dari Pemerintah Dunia.

Tapi, nyatanya, Gorosei merupakan kaki tangan atau bawahan dari Im. Selain sosoknya yang misterius, para fans juga penasaran dengan kekuatannya. Mengapa kemudian dia bisa menjadi pemimpin dan juga sosok yang berkuasa? Sejauh ini, kita tidak pernah/belum pernah melihat bagaimana Im Sama bertarung menghadapi musuh. Oda hanya memperlihatkan Im dalam bentuk siluet, selalu diam dan tidak mengeluarkan sepatah kata pun.

Im Memiliki Kekuatan Buah Iblis?

Sepertinya teka-teki mengenai kekuatan Im perlahan mulai terbongkar dengan apa yang muncul di chapter 1060. Berdasarkan bocoran chapternya, sepertinya Oda mulai memperkenalkan kekuatan dahsyat dari Im. Dalam bocorannya, terungkap bagaimana Im kemungkinan mampu untuk menghancurkan sebuah wilayah  dengan kekuatannya yang sangat dahsyat.

Menurut bocoran tersebut diketahui bahwa Im memegang sebuah peta, di mana di peta tersebut Im sudah menandai sebuah wilayah yang ingin dia hancurkan. Dan tidak berapa lama muncul awan hitam dan juga petir yang menyambar. Kemudian, muncul benda misterius yang jatuh dari langit dan langsung menghancurkan wilayah yang memang sudah menjadi targetnya.

Dari penjelasan tersebut, Im sepertinya memiliki kekuatan buah iblis yang sama seperti Issho alias Fujitora, yaitu Zushi Zushi no Mi. Buah iblisnya mampu mengendalikan gravitasi sekitar atau sebuah wilayah yang dia inginkan. Issho juga bisa menurunkan meteor dengan kekuatan buah iblisnya tersebut. Hal ini bisa kita lihat dalam sebuah momen di arc Dressrosa.

5 Hal yang Diketahui Soal Im, Penguasa Rahasia Dunia One Piece

Yang mungkin membedakan kekuatan buah iblis Im dan Fujitora adalah level kekuatannya. Level kekuatan buah iblis Im jauh lebih kuat dan dahsyat dari milik Fujitora. Mungkin, inilah buah iblis paling kuat dan paling mengerikan di dunia One Piece selain buah iblis Nika. Jika memang demikian, wajar jika kemudian Im menjadi pemimpin dan bahkan para Gorosei pun berlutut di hadapannya.

Menarik tentunya untuk mengetahui sejauh mana level kekuatan buah iblis Im tersebut. Karena, apa yang muncul di chapter 1060 ini bisa dipastikan merupakan satu dari sekian banyak kemampuan dahsyat buah iblis tersebut. Kita juga masih belum tahu apakah kekuatan tersebut merupakan bagian dari awakening buah iblisnya. Yang pasti, kekuatan lainnya pun tidak kalah dahsyat.

Bukan Buah Iblis?

Spekulasi lainnya mengenai kekuatan tersebut bisa jadi apa yang muncul di chapter 1060 bukanlah kekuatan buah iblis. Ada satu alasan besar mengapa kemungkinan kekuatan dahsyat dari Im tersebut bukanlah kekuatan buah iblis. Seperti yang Geeks ketahui, tidak ada satu pun kaum naga langit yang memiliki kekuatan buah iblis. Padahal, mereka memiliki akses terhadap hal tersebut.

Mulai Terkuak! Ini 5 Fakta soal Im, Sang Penguasa Rahasia Dunia One Piece

Mereka justru memberikan buah iblis secara cuma-cuma kepada orang lain, seperti budak atau angkatan laut. Dalam artikel sebelumnya sempat ada pembahasan bahwa mungkin para kaum naga langit sudah memahami apa yang kemudian menjadi efek dan resiko dari buah iblis. Sehingga, mereka tidak akan pernah mau memakan buah iblis. Karena itulah, bisa jadi kekuatan Im bukan dari buah iblis.

Lalu, dari mana kekuatan tersebut? Bisa jadi itu adalah kekuatan alami dari Im. Seperti halnya Haki, mungkin itu adalah kekuatan yang memang Im miliki sedari lama yang mana menjadi alasan utama mengapa dia begitu dihormati dan ditakuti. Untuk saat ini, semuanya masih sekedar spekulasi dan prediksi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.