Dunia mitologi Middle-earth menyimpan berbagai macam monster mengerikan yang bisa mengancam kehidupan manusia, peri, dan juga kurcaci. Beberapa diantaranya merupakan pengikut dari Sauron, Pangeran Kegelapan, yang bersembunyi di wilayahnya di Mordor. Selain para Orc yang jahat, ada juga makhluk raksasa bernama Trolls, petarung-petarung kejam seperti Azog, Uruk-hai, hingga para naga yang bernama Glaurung, dan juga Smaug.

Terlepas dari nama-nama itu, ada satu sosok monster menakutkan yang sangat popular dikalangan para penggemar. Sosok tersebut tidak lain adalah Balrog, yang seluruh badannya diselimuti oleh api panas yang membara. Dalam serial The Rings of Power, monster ini dikonfirmasi bakal kembali muncul menebar terror di Middle-earth. Lantas, bagaimanakah cara Balrog bisa muncul pada Zaman Kedua Middle-earth? Berikut di bawah ini ulasan ringkasnya, Geeks!

BACA JUGA: Ini Avengers Terkuat Menurut Marvel

Siapa Balrog Sesungguhnya? 

Balrog adalah salah satu roh Maiar yang dirusak, dan juga dimanipulasi oleh Raja Kegelapan pertama, Melkor alias Morgoth, untuk menjadi pengikutnya. Setelah War of Wrath berakhir, dan Morgoth berserta pasukannya berhasil diusir dari Arda (Bumi) oleh aliansi Peri, Manusia, dan Valar, Balrog bersembunyi jauh di bawah kedalaman kerajaan Kurcaci di Khazad-dum. Seketika itu juga, Zaman Pertama berakhir, dan sosok Balrog tidur lelap dalam kesunyiaan di Middle-earth.

Dalam serial The Rings of Power, Balrog telah dikonfirmasi akan kembali muncul. Namun, hingga sampai sekarang masih belum jelas kapan, dan di episode berapa makhluk mengerikan ini akan ditampilkan. The Rings of Power sendiri mengambil latar waktu pada Zaman Kedua di Middle-earth, dan sosok Balrog yang akan muncul nantinya kemungkinan bakal dikenal dengan sebutan “Durin’s Bane,” yang pernah dihadapi oleh Gandalf the Grey di film The Fellowship of the Ring.

Pada episode kedua The Rings of Power, yang baru saja tayang minggu lalu, High King kaum Elf, Gil-Galad, memilih Elrond untuk bekerjasama dengan Celebrimbor, ahli pandai besi dari Elf. Keduanya lalu diminta untuk membangun bengkel terbesar di Middle-earth yang mampu membuat sejumlah item dengan kekuatan besar. Pekerjaan tersebut tentunya membutuhkan tenaga yang sangat besar, dan Elrond memutuskan untuk meminta bantuan para kurcaci di kerajaan pegunungan Khazad-dum atau dikenal sebagai Moria.

Pertemuan Elrond dengan sahabat kurcacinya, Pangeran Durin IV, tidak berjalan baik pada awalnya. Setelah melewati momen-momen yang cukup menegangkan diantara keduanya, Putri Disa, istri dari Durin IV, meminta Elrond untuk makan malam, dan menginap di kediamannya. Pada momen itu jugalah kita pun bisa melihat bagaimana kemegahan, kekuatan, dan keindahan di dalam Moria, yang selalu tidak pernah terlihat oleh dunia luar. Dibalik kemegahannya itu, Balrog saat ini masih tertidur jauh di bawah Tambang Moria, dan kehadirannya bisa sangat mungkin datang lebih cepat dari yang diperkirakan.

BACA JUGA: Bintang Iron Man Kembali di MCU

Kapan Balrog Muncul di Moria?

Balrog telah eksis pada Zaman Pertama saat penciptaan Middle-earth di Arda. Ketika War of Wrath telah usai, ia terlelap sementara dalam kegelapan di Khazad-dum. Pada episode kedua tersebut, Putri Disa bernyanyi untuk menceritakan kemegahan gunung Moria, dan para kurcaci bisa mempelajari detail penting tentang tempat mereka tinggal seperti tempat menambang, dan juga membangun terowongan baru.

Oleh karena itu, bisa saja aktivitas menambang, dan pekerjaan para kurcaci yang menjelajahi tempat-tempat terdalam di Moria akhirnya mengusik ketenangan Balrog. Akibatnya, Balrog, atau “Durin’s Bane” terbangun pada Zaman Kedua Middle-earth dalam serial ini. Balrog pun bisa menjadi pelayan baru Morgoth bersama dengan Sauron. Kemunculan Balrog tentunya menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh para penggemar, dan juga pembaca buku-buku karya mendiang J.R.R. Tolkien. Balrog, dan juga Sauron tentunya bakal membawa banyak kengerian, dan pastinya kehancuran di episode yang akan datang dalam The Rings of Power.

Nah, Geeks, penampilan perdana Balrog dalam serial The Rings of Power memang masih menjadi misteri, dan belum diketahui bakal muncul di episode keberapa. Namun, dengan kemunculannya sekilas pada trailer serial ini beberapa waktu lalu, para penggemar nampak sangat antusias melihat bagaimana wujud mengerikannya di Zaman Kedua Middle-earth. Jadi, jangan lupa saksikan serial The Rings of Power untuk mengetahui kelanjutan cerita petualangan para Elf, Manusia, dan Kurcaci melawan kejahatan Sauron.