Ketika berbicara tentang Avengers, kita pasti akan langsung ingat dengan sejumlah superhero populer di Marvel. Sebut saja Iron Man, Black Widow, Hawkeye, Captain America, Hulk, dan Thor, yang bertindak sebagai pendiri Avengers di MCU. Berkaitan dengan para superhero dari semesta live-action Marvel ini, tidak jarang juga penggemar memperdebatkan siapa yang paling kuat di antara mereka. Jawaban yang paling sering muncul biasanya menyebutkan nama Avengers tangguh seperti Thor atau Hulk.

Marvel Studios sendiri sebenarnya telah mengonfirmasi siapa yang terkuat di MCU. Melalui film Thor: Ragnarok, terungkap bahwa ‘strongest Avengers’ adalah sang God of Thunder, Thor. Namun, yang sekarang jadi pertanyaan, apakah hal tersebut berlaku juga di Marvel Comics? Mengingat di Marvel Universe sendiri ada lebih banyak karakter daripada di MCU. Jadi pilihannya bisa lebih beragam dan perdebatannya akan jauh lebih panjang lagi. Untungnya, Marvel sendiri telah mengantisipasi masalah ini jauh-jauh hari, dengan mengungkapkan siapa Avengers terkuat di komik Avengers #36 (1966).

Avengers Terkuat di Marvel Universe

Di salah satu panel komik Avengers #36 karya Roy Thomas dan Don Heck, terungkap bahwa Avengers terkuat adalah Hank Pym yang pada saat itu terkenal sebagai Goliath. Pengungkapan ini bermula saat villain alien bernama Ixar menangkap Scarlet Witch dan Quicksilver. Hal ini lantas membuat para Avengers menyerang pesawat luar angkasa Ixar untuk menyelamatkan teman-temannya yang diculik. Sementara yang lain dihalangi oleh pasukan android, Ixar ternyata tidak siap dengan kehadiran Avengers terkuat, Goliath.

Dalam panel komik yang bisa kita lihat di atas, tertulis dengan sangat jelas bahwa Goliath adalah “the strongest Avengers of all.” Di Marvel Comics, Hank Pym memang terkenal mempunyai kemampuan yang unik. Berkat Pym Particle-nya dia bisa mengecil sampai tidak terlihat atau menjadi raksasa dengan kekuatan yang sangat besar juga.

Saat Marvel menjulukinya sebagai anggota terkuat di Avengers, Hulk dan Thor juga sebenarnya sudah ada di Marvel Universe. Ini artinya, sejak awal Hank Pym alias Goliath memang sudah lebih kuat dari sang God of Thunder dan Green Goliath. Di MCU sendiri, kekuatan Goliath sebenarnya telah diwariskan oleh Hank Pym kepada Scoot Lang yang sekarang terkenal sebagai Ant-Man. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti Ant-Man versi MCU ini juga akan melampaui kekuatan Thor. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.