Dalam seri One Piece di setiap kelompok bajak laut pasti ada beberapa peran yang akan terisi oleh para karakter. Misalnya kapten, penembak jitu, dan juga navigator. Mereka semua memiliki kepentingan masing-masing. Navigator sendiri menjadi salah satu yang terpenting, karena tanpa kehadirannya maka sebuah kelompok bajak laut tidak akan tahu ke mana mereka pergi.

Seorang navigator biasanya akan menentukan rute atau arah mana yang akan mereka ambil. Semuanya tergantung kepada berbagai faktor yang ada. Misalnya arus lautan, situasi lautan, dan hal lainnya. Dan biasanya hanya mereka yang mampu membaca arah log pose atau kompas khusus yang ada di seri One Piece. Berikut adalah para navigator epik di seri One Piece.

Lafitte

Lafitte merupakan navigator dari kelompok bajak laut Blackbeard yang masih sangat misterius. Meskipun dia merupakan seorang navigator, dia memiliki kekuatan yang unik dan menarik. Lafitte memiliki kemampuan untuk menghipnotis orang lain dengan mudah. Hal tersebut membuatnya menjadi senjata efektif untuk misi penyusupan selain memanfaatkan buah iblis milik Shiryu.

Lafitte bahkan pernah menyusup masuk ke Mary Geoise dengan mudah, melewati berbagai keamanan dan penjagaan ketat Pemerintah Dunia. Sebenarnya, masih belum diketahui apakah kemampuan Lafitte untuk menghipnotis orang dengan mudah adalah bagian dari kemampuan buah iblis atau memang kemampuan dasarnya. Lafitte juga memiliki kemampuan untuk terbang dengan mengeluarkan sayap dari belakang tubuhnya.

BACA JUGA: James Bond Baru Akan Lebih Muda?

Koby

Koby adalah sosok angkatan laut muda yang berhasil tumbuh dari anak cengeng menjadi sosok yang tangguh. Dia merupakan rekan dari Luffy dan juga menjadi salah satu orang pertama yang Luffy temui di awal petualangannya menjadi bajak laut. Koby sempat menjadi navigator di kapal Luffy setelah berhasil diselamatkan dari tangan bajak laut Alvida.

Saat ini, memang dia tidak menjadi navigator di sebuah kelompok bajak laut. Namun, bagaimana kemudian sejak kecil Koby sudah mampu mengendalikan dan membawa sebuah kapal, artinya dia memiliki kemampuan yang luar biasa. Namun, Koby sendiri memiliki kemampuan Observation Haki yang membuatnya mampu merasakan ancaman atau bahaya baik di sekitar kapalnya atau di lautan yan jauh.

Bepo

Bepo merupakan navigator dari kelompok bajak laut Hati. Berbeda dengan para navigator yang ada di daftar ini, dia bukanlah manusia melainkan seekor beruang kutub yang merupakan bagian dari suku Mink. Sejauh ini, baru Bepo suku Mink yang menjadi navigator di sebuah kelompok bajak laut. Sayangnya, Oda jarang menghadirkan sosok Bepo dalam cerita. Dia lebih sering menjadi sosok figuran, di mana Bepo selalu bersama Law membawa pedang miliknya. Selebihnya, Bepo lebih banyak diam di kapal atau menunggu perintah dari Law.

BACA JUGA: One Piece: 5 Pulau Penting di Saga Terakhir!

Building Snake

Sebenarnya, sosok Building Snake sudah sejak lama muncul dalam cerita di serinya. Namun, Oda masih belum memberi tahu siapa namanya sampai kemudian di kolom SBS volume 101 kemarin sang mangaka menjelaskan nama-nama dari kru bajak laut Shanks. Kita pun tidak tahu apa perannya di kelompok Shanks sampai kemudian Oda merilis booklet ‘One Piece 4 Billion’ yang berisi informasi tentang Shanks dan kelompok bajak laut Rambut Merah. Menurut informasinya, Building Snake memiliki peran sebagai seorang navigator di kelompok tersebut. Para fans sendiri masih penasaran dengan kekuatan Building Snake.

Nami

Rasanya semua Geeks sudah sangat mengetahui siapa sosok Nami. Dia adalah navigator dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Kemampuan navigasi Nami sudah sejak lama Oda perlihatkan, seperti ketika dia menjadi navigator bagi kelompok bajak laut Arlong sebelum kemudian Luffy muncul dan menyelamatkannya. Kemampuan Navigasi Nami pun terus Oda perlihatkan seiring berjalannya waktu.

Mulai dari pulau langit, Water Seven, bahkan sampai Wano pun semuanya bisa terwujud berkat Nami. Meskipun begitu, Nami sendiri sering merasa frustasi oleh sikap Luffy yang tidak pernah mau mengikuti arahannya untuk mengambil jalur yang aman. Nami pun memiliki kemampuan yang berkaitan dengan cuaca, dan dia selalu mengandalkan Clima-Tact miliknya.

BACA JUGA: Bocor, Penampilan Kloning Spider-Man di Spider-Verse 2!

Keberadaan navigator di One Piece tentunya sangat penting untuk membuat petualangan sebuah kelompok bajak laut bisa berjalan dengan lancar. Merekalah yang bisa mengetahui ke mana arah selanjutnya atau di mana jalur yang aman untuk melintas. Menarik tentunya untuk melihat peran dari para navigator ini di chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.