Seberapa kuat tendangan Sanji? Tendangan merupakan sebuah teknik yang sering muncul dalam pertarungan, termasuk dalam seri One Piece. Meskipun dalam sebuah pertarungan kita lebih sering melihat para karakter menggunakan pukulan atau bahkan senjata, namun tidak sedikit juga ada karakter yang mengandalkan tendangan mereka. Tendangan juga memiliki beberapa variasi menarik dan memiliki daya serang luar biasa.

Ada beberapa karakter yang terkenal memiliki teknik tendangan sangat dahsyat. Bahkan, dampak dari tendangan tersebut sangat merusak atau bahkan mematikan. Salah satunya adalah Sanji. Rasanya semua Geeks sudah tahu bagaimana dahsyatnya kekuatan tendangan Sanji. Dia adalah murid terbaik yang Zeff miliki. Saat ini, Sanji telah menjadi sosok yang lebih kuat setelah timeskip karena telah membangkitkan Haki yang dia miliki.

Jika Zeff memiliki julukan si Kaki Merah, maka Sanji memiliki julukan si Kaki Hitam yang bisa membuat semua lawannya ketakutan. Bukti nyata dari kehebatan tendangan Sanji adalah dia bisa mengeluarkan api dari kakinya. Teknik tersebut kemudian kita kenal dengan sebutan Diable JambeBerkat kekuatan kaki dan Haki yang dia miliki, membuat Sanji bisa menghadang serangan tombak yang berasal dari ayahnya.

BACA JUGA: One Piece: Oda Kenalkan Anggota Roger Pirates!

Selama arc Wano, Sanji bisa merobohkan Page One yang merupakan pengguna Buah Iblis tipe Zoan Kuno dan merupakan salah satu bagian dari Flying Six yang kuat. Bahkan, saat ini kekuatan tendangannya bertambah kuat pasca dia berhasil “awakening” seperti yang kita lihat saat dia berhadapan dengan Queen. Eiichiro Oda sendiri sempat memberikan gambaran mengenai kedahsyatan dari tendangannya.

Kekuatan Tendangan Sanji Menurut Oda

Dalam salah satu pertanyaan di kolom SBS Vol. 8, seorang fan sempat bertanya kepada Oda mengenai seberapa kuat sebenarnya tendangan Sanji. Sang mangaka pun kemudian memberikan jawabannya terkait hal tersebut. Dia pun menjelaskan bahwa satu tendangan kaki Sanji mampu menghancurkan 21 buah tongkat baseball. Namun, Oda tidak menjelaskan kekuatan tersebut merupakan tendangan biasa atau teknik Diable Jambe.

Sebenarnya, Oda sendiri tidak yakin dengan angka tersebut. Menurutnya, kekuatan tendangan Sanji hampir tidak bisa terukur. Dia mengibaratkan jika tendangan Sanji coba untuk diukur menggunakan sebuah alat dalam sebuah permainan arcade, maka bukan hanya alatnya yang hancur. Tembok yang ada di belakangnya pun akan ikut hancur. Artinya, memang kekuatan tendangannya sangatlah luar biasa.

BACA JUGA: One Piece: 4 Kerajaan Aliansi Luffy!

Perkembangan Sanji

Dengan teknik tendangan yang sangat dahsyat, sudah banyak musuh yang berhasil Sanji kalahkan dalam ceritanya. Dia sendiri memiliki banyak teknik tendangan, salah satunya adalah Diable Jambe. Diable Jambe merupakan sebuah teknik di mana Sanji bisa mengeluarkan api dari tendangannya. Semakin panas kakinya, maka semakin cepat juga tendangannya dan semakin kuat tenaganya.

Pasca time-skip, Sanji pun nampak memiliki teknik tendangan baru yang lebih dahsyat. Teknik tendangan tersebut kemudian kita kenal sebagai Hell Memories. Namun, yang menarik adalah dalam pertarungan melawan Queen, selain menggunakan teknik Hell Memories, Sanji juga nampak menggunakan teknik tendangan baru yaitu Ifrit Jambe yang kemungkinan merupakan pengembangan dari Diable Jambe.

Berdasarkan dari apa yang muncul dalam ceritanya, Ifrit Jambe merupakan teknik tendangan tertinggi dari Sanji saat ini. Bahkan, bukan hanya mampu membuat Queen terlempar jauh, teknik ini juga mampu membakar salah satu All-Star tersebut. Pasalnya, api yang muncul di teknik Ifrit Jambe bukan berwarna merah melainkan biru. Dan dalam dunia nyata, api biru merupakan api yang paling panas di mana suhunya bisa mencapai 7.000 derajat celcius.

BACA JUGA: One Punch Man: Garou Jadi Pahlawan Selanjutnya?

Dengan gabungan rekayasa genetik keluarga Vinsmoke yang dipadukan dengan Armament Haki, rasanya memang wajar jika Sanji akhirnya bisa mendapatkan pencapaian sedahsyat ini. Jadi, kesimpulannya, dengan kekuatan Ifrit Jambe yang luar biasa ini membuat Sanji menjadi sosok yang sangat mengerikan saat ini. Disa bisa saja bertarung dengan siapa pun dan berpeluang menang. Dan teknik tendangan Sanji sendiri saat ini merupakan salah satu yang terkuat dan terhebat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.